Wednesday, August 9, 2017

Pengertian smartphone modular, smartphone modular

Smartphone modular adalah smartphone yang menggunakan berbagai macam komponen hardware yang bisa di upgrade atau di gonta-ganti secara manual. Misalnya pengguna bisa memasang kamera tambahan di belakangnya untuk meningkatkan kualitas kamera.

Smartphone modular memungkinkan pengguna bisa
bongkar-pasang hardware tambahan
foto via flickr.com

Selain kamera, smartphone dengan konsep modular juga bisa menerapkan sebuah speaker untuk mendapatkan suara yang lebih bagus. Intinya, smartphone dengan konsep modular adalah smartphone yang bisa di bongkar-pasang untuk menambahkan hardware tertentu.

Untuk saat ini, smartphone dengan konsep modular memang belum banyak di pakai masyarakat luas di Indonesia, tapi beberapa sumber menyebutkan bahwa smartphone dengan konsep modular akan menjadi tren di masa yang akan datang, karena perusahaan ternama seperti google telah mengembangkan konsep modular ini yaitu Google Project Ara.

Selain Google Project Ara, ada vendor smartphone yang sudah mengusung konsep modular, yaitu Lenovo dengan meluncurkan Moto Z dan Moto Z Play.
Motorola Z Play salah satu smartphone dengan konsep modular
foto via wikipedia.org
Saat ini memang belum banyak produsen smartphone yang menerapkan dengan konsep modular, tapi seperti yang sudah di sebutkan di atas, smartphone dengan konsep modular bisa jadi akan menjadi tren di waktu yang akan datang.

Menarik untuk kita tunggu.

Refrensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Modular_smartphone?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5915904891

0 komentar

Post a Comment