Saturday, April 7, 2018

Setelah Di Resmikan, DNS Internet 1.1.1.1 Diklaim Paling Cepat Di Dunia

Ilustrasi via wikimedia

DNS merupakan kependekan dari Domian Name System adalh layanan yang menerjemahkan nama domain situs web seperti www.fiturmedia.com menjadi alamat IP sehingguna internet bisa membuka situs tujuan lebih cepat.

Tepatnya pada senin (1/4/2018), Cloudfare meluncurkan layanan DNS resolver  di alamat https://1.1.1.1 yang diklaim paling kencang di Dunia.

DNS resolver yang di sediakan Cloudflare akan menampung lalu lintasn DNS yang digunakan pedngguna. Perbedaan DNS Cloudflare dengan DNS yang lain, DNS Cloudflare lebih menekankan aspek keamanan data dan privasi pengguna dengan berbjanji akan menghapus semua log DNS dalam waktu 24 jam.

Biasanya, ISP ( Internet Service Provider) yang kita gunakan sudah menyediakan DNS sendiri, akan Google DNS.

Kelebihan dari DNS baru dari Cloudflare ini adalah terjaminnya privasi dan tidak akan menyimpan atau mempelajari perilaku penggunannya. Berbeda dengan DNS yang di sediakan ISP yang bisa di manfaatkan  untuk mengintip perilaku pengguna internet. Itu arttnya, menggunakan DNS dari Cloudflare akan terjamin privasinya.

Selain itu, DNS ini juga memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Mengutip laman Kompas Tekno via The Verge, (3/4/2018), …Cloudflare mengeklaim 1.1.1.1 sebagai DNS tercepat di dunia dengan response  time 14 milidetik berdasarkan data dari dnsperf. Angka itu lebih cepat dari OpenDNS (20 milidetik) dan Google DNS (34 milidetik).

Selain itu, DNS Cloudflare juga turut menawarkan dukungan DNS-over-TLS dan DNS-over-HTTPS untuk urusan privasi dan keamanan.

Sumber: tekno.kompas.com

0 komentar

Post a Comment