Sejarah Singkat OS HP Java dan Symbian

Nokia N Gage, salah satu HP yang memiliki OS Java dan Symbian

Sistem Operasi, atau yang sering disingkat OS adalah bagian terpenting pada ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Tanpa adanya sistem opeeasi, secara teknis, ponsel tidak akan pernah bisa bekerja dengan sempurna. Sistem operasi berfungsi untuk menghubungkan atau mengontrol setiap elemen-elemen yang ada di ponsel itu sendiri, sehingga ponsel bisa berfungsi dengan semestinya.

Di era modern seperti sekarang, sistem operasi ponsel sudah mengalami kemajuan yang signifikan. Salah satu sistem operasi yang cukup populer saat ini ialah sistem operasi Android dan iOS. Padahal, jika kita flashback, masih banyak sistem operasi ponsel yang tidak kalah canggih dan pernah mengalami kejayaan di masanya.

Nah, untuk itu, jika Anda penasaran, kali ini fiturmedia bakalan membahas dua macam sistem operasi pada ponsel seluler yang pernah menguasai pasar, yakni JAVA dan SYMBIAN.

JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.

Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Java

SYMBIAN

Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk peralatan bergerak (mobile).

Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008,[6] Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%).

Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian ^3 dengan PR 02 yang disebut Symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s.

Ponsel Symbian s60 v5 dan Symbian ^3 rata rata menggunakan layar sentuh kecuali Nokia e6-00 dan Nokia e7.ponsel Symbian ^3 yang pertama meluncur aadalah Nokia n8 dengan kamera 12 megapiksel. Symbian ^3 mendapat pembaruan pertama yang disebut Symbian anna yang Digunakan di ponsel Nokia x7-00 dan e6-00. Sedangkan pembaruan terbaru disebut Symbian belle.

Semua ponsel Symbian ^3 dapat diperbaharui ke Symbian belle. Sekarang keseluruhan saham di Symbian limited telah dimiliki oleh Nokia dan posisi sistem operasi Symbian sebagai penguasa pasar sistem operasi bergerak telah direbut oleh sistem operasi buatan Google yaitu sistem operasi android yang meluncur pada akhir tahun 2009 dengan ponsel pertamanya htc dreaam g1.vendor ponsel seperti Samsung, LG, Sony Ericsson sekarang tidak laagi menggunakan sistem oprasi Symbian dan menyatakan berhenti mendukung sistem operasi ini.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Symbian

Itulah penjelasan singkat tentang dua OS yang pernah jaya pada masanya.

0 Response to "Sejarah Singkat OS HP Java dan Symbian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel