Kamis, 01 Juni 2017

Auto Fokus Pada Smart Phone

Auto Fokus Pada Smart Phone
(foto: flickr.com)

Kamera beresolusi tinggi pada smart phone kini sedang di gandrungi bagi para pecinta fotografi. Sepertinya kamera pada smart phone bukan hanya sekedar  aksesori untuk bergaya, tapi kamera pada smart phone sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Apalagi bagi orang yang hobi selfi maupun traveling, benda pintar ini tidak bisa jauh darinya. Salah satu kemampuan yang di miliki smart phone masa kini adalah auto fokus. Dengan auto fokus akan membuat hasil bidikan lebih menarik.

Lalu apa sebenarnya auto fokus itu? Berikut ini sedikit penjelasannya tentang kamera auto fokus yang saya kutip dari berbagai sumber.

Cara kerja kamera smart phone maupun kamera profesional seperti DSLR sebenarnya hampir sama dengan bola mata pada manusia. Saat kita melihat ke sebuah objek dalam jarak dekat maka objek di belakangnya akan terlihat kabur. Tapi saat kita melihat objek yang jauh maka mata kita akan terfokus kesana dan objek terdekat akan terlihat kabur.

Umumnya, mode aoutofokus adalah mode dimana kamera akan otomatis menyetel sesuai kondisi lingkungan sekitar. Gambar yang di bidik akan biasa saja, tapi menyesuaikan fokus secara otomatis.

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan autofokus untuk smart phone, salah satunya:

Memanfaatkan fitur bawaan kamera

Kita bisa mendapatkan fitur auto fokus yang sudah di tanamkan pada smart phone itu sendiri. Salah satunya fotografi makro. Dengan fitur ini kita bisa memperhatikan jarak, sudut pengambilan dan backlight.

Dengan fitur fotografi makro, pengambilan gambar objek yang kecil atau dekat dapat terlihat jelas. Dengan adanya fitur autofokis ini, objek yang di bidik akan terlihat jelas sedangkan objek lain akan terlihat blur. Agar objek tidak terlihat gelap, perlu di perhatikan posisi objek dan dari mana sumber cahaya, agar tidak terjadi backlight, akan lebih baik jika objek harus berhadapan dengan cahaya.

Menambahkan Aksesoris
Selain menggunakan fitur yang sudah dada di fitur kamera, kita bisa menghasilkan bidikan kamera yang bagus dari aksesoris pihak ketiga. Sebenarnya aksesoris ini ada beberapa macam. Seperti LED Flash, Lensa tambahan.

LED Flash berfungsi untuk menambahkan pencahayaan pada kamera smart phone saat pengambilan gambar yang berada di lingkungan yang gelap. LED Flash memiliki beragam LED, ada yang satu LED, 2 LED, bahkan tersedia juga LED khusus yang memiliki 4 sampai 16 LED. LED Flash itu bisa di sematkan dalam port audio. Dengan aksesoris LED Flash ini membuat hasil bidikan autofokus lebih baik.

Lensa Tambahan
Dengan lensa tambahan tentunya akan membantu kamera untuk mendapatkan autofokus. Sebenarnya ada berbagai macam bentu lensa tambahan. Di antaranya lensa tele, lensa wide, dan lensa makro.

Lensa Tele membantu kamera kita untuk mengambil objek yang jaraknya lumayan jauh tanpa harus mengandalkan digital zoom.

Lensa Wide membantu kamera kita untuk menghasilkan bidikan yang luas. Lensa Wide ini bisa memotret area yang luas.

Lensa Makro membantu kamera kita mengambil objek yang kecil, dan hasilnya akan terlihat jelas. Contohnya kita membidik binatang kecil atau objek yang lainnya.

Dengan Aplikasi Tambahan
Selain bentuk hardware seperti LED Flash dan Lensa Tambahan, kita bisa memanfaatkan aplikasi untuk mendapatkan bidikan yang bagus. Buat OS Android ada banyak aplikasi yang bisa di manfaatkan. Seperti HD Camera Ultra High Speed Camera dan masih banyak yang lainnya.

Di kutip dari berbagai sumber.

0 komentar

Posting Komentar