Senin, 17 Juli 2017

Nostalgia dengan Nokia 6600



Nokia 6600 atau sering di panggil 66 ini menjadi salah satu handphone yang di minati pada jamannya. Pada saat itu, Nokia 66 ini juga sudah di bekali fitur-fitur yang mumpuni. Selain memiliki kelibihan di fitur, 66 ini juga memiliki desain yang  unik. Dan menjadikan Nokia 66 ini salah satu handphone yang laris manis di pasaran.
Nokia 6600 via flicrkr.com by flotron

Untuk itu, mari kita mengenal lebih dalam tentang Nokia 66 yang pernah di gandrungi pada jamannya.

Nokia 6600 ini pertama kali di rilis pada tahun 2003 silam. Dengan mengusung layar TFT 65ribu warna dan berukuran layar 176 x 208 pixels, 2,inches. Di tanamkan juga sebuah kamera VGA dengan 2x zoom. Meskipun kameranya VGA, sudah lumayan bagus pada saat itu. Memungkinkan kita untuk mengambil momen penting.

Nokia 66 ini sudah menggunakan OS Symbian S60 v2 dan di padukan dengan Java  MIDP  2.0 yang menjadikan 66 ini lumayan berkelas pada jamannya. Selain itu, 66 ini menggunakan sebuah CPU 104 MHz ARM 9 dengan memori internal 6MB.

Fitur-fitur yang ada di 66 ini diantaranya adalah:
-Messaging SMS, MMS dan Email
-Audio Player
-Predictive text input
-Video Player
-Mp3 Player
-Audio Record
-Slot MMC
-Bluetooth
-Infrared
-GPRS
-DLL

Dengan fitur-fitur seperti itu, menjadikan 66 sebagai salah satu handphone yang berkelas tinggi pada jamannya, tapi fitur-fitur itu mungkin tidak apa-apanya di bandingkan dengan handphone jaman sekarang atau sering di sebut dengan smartphone.  Salah satu aplikasi yang populer di 66 ini adalah ultra mp3. Dengan ultra mp3 ini memungkinkan kita untuk bisa mendengarkan musik berformat mp3. Selain ultra mp3, ada salah satu aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk mendengarkan musik yaitu TTPOD. TTPOD ini juga keren, karena di aplikasi ini kita bisa mendengarkan musik sambil melihat liriknya. Syaratnya kita harus terhubung ke internet saat membuka aplikasi TTPOD ini.

Selain memutar musik, handphone 66 ini juga bisa memutar video berformat 3GP melalui aplikasi reallone. Sebenarnya ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa di unduh untuk memutar berbagai macam format video, tapi reallone yang populer dan sering di gunakan.

Tapi salah satu kendala yang sering terjadi di 66 ini adalah sering terkena virus yang membuat handphone 66 ini menjadi gampang hank. Biasanya virus itu datang dari luar saat kita menerima file dari handphone lain yang sudah terkena virus terlebih dahulu. Untuk meminimalisir terkena virus, biasanya di handphone 66 ini di instal sebuah aplikasi pembasmi atau pencegah virus seperti smadav. Tapi kejadian ini bukan terjadi di handphone 66 saja, tapi terjadi di seluruh di handphone platform Symbian, karena Symbian sifatnya open source.

Meskipun begitu, handphone 66 dan handphone Symbian lainnya tetap banyak peminatnya hingga sampai saat ini. Penggemar Symbian juga membuat komunitas-komunitas untuk saling berbagi permasalahan yang terjadi di Symbian. Dan saya juga pernah menemukan di grub facebook yang mengatasnamakan N-Gage Indonesia. Di grub itu sering membahas tentang N-Gage atau sekedar sharring tentang N-Gage yang mereka miliki. Itu membuktikan bahwa masih banyak peminat Symbian.

Itulah sedikit ulasan tentang Nokia 6600 yang pernah menjadi salah satu handphone paling laris di jamannya yang saya kutip dari wikipedia.com dan rebanas.com. Mungkin sekarang ini banyak handphone yang harganya selangit, tapi beberapa tahun yang akan datang handphone itu akan memiliki nasib yang sama dengan 66.

0 komentar

Posting Komentar