Tips dan Trick Windowsphone

Anda baru pertama menggunakan Windowsphone atau sedang berancana untuk membeli Windowsphone? Jika iya, nah, kali ini saya akan sedikit memberikan sedikit tips dan trick menggunakan Windowsphone agar lebih banyak fitur yang bisa di manfaatkan.

Windowsphone Nokia Lumia via pexels.ccom

Ya sudah, mari langsung saja ke pembahasannya, tapi di sini saya  akan membahasnya tidak semuanya, hanya beberapa saja yang menurut saya perlu di lakukan:

Live Tile

Salah satu keunggulan yang di miliki OS windowsphone adalah adanya fitur live tile atau dengan kata lain 'sematkan ke mulai'. Dengan menggunakan fitur Live Tile ini, Anda bisa mengatur beberapa aplikasi untuk di sematkan ke layar utama Anda, agar lebih cepat saat meng-akses aplikasi tertentu, misal kamera, email, dan yang lainnya.

Cara mengatur fitur ini cukup mudah, Anda tinggal menekan agak lama aplikasi yang ingin Anda sematkan, akan muncul popup pilihan, pilihlah sematkan ke mulai. Secara otomatis aplikasi yang Anda sematkan sudah berada di layar utma.

Aplikasi yang di sematkan ke mulai

Selain itu, Anda bisa mengatur ukuran tampilan aplikasi yang di sematkan ke layar utama. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menekan aplikasi yang di pilih agak lama, setelah itu Anda bisa memilih ukurannya dengan menekan tanda panah. Untuk menghapus aplikasi yang di sematkan dari layar utama, caranya sama dengan saat mengatur ukuran tampilan aplikasi yang di sematkan.

Mulai+Tema

Di sini, Anda bisa mengatur warna latar belakang atau tema seperti yang Anda inginkan. Selain tema dan latar belakang, untuk versi windowsphone 8.1, Anda juga bisa melakukan beberapa hal, salah satunya mengganti latar belakang layar dengan gambar Anda sendiri.

latar belakang berwarna putih
Selain mengganti latar belakang dengan gambar sendiri, di sini, Anda juga bisa mengaktifkan tampilan ubin lebih banyak. Maksudnya Anda bisa mengatur Live Tile/menampilankan lebih banyak aplikasi di layar utama.

Pemberitahuan+Tindakan

Bagi Anda pengguna windowsphone 8.0, Anda tidak akan menemukan fitur ini. Fitur ini akan muncul saat Anda melakukan upgrade ke versi windowsphone 8.1.

Fitur ini berfungsi untuk memunculkan notifikasi atau sebuah pemberitahuan semisal email masuk. Pemberitahuan itu bisa kita lihat dengan menggeser dari atas layar ke bawah layar.

Selain notifikasi, fitur ini juga berfungsi untuk menambahkan mode cepat ke suatu fitur/aplikasi tertentu. Anda bisa mengganti setiap mode cepat itu dengan sesuai yang Anda inginkan. Dan di fitur ini Anda juga bisa memilih mana saja pemberitahuan yang akan di aktifkan melalui fitur ini.

Surel+Akun

Di fitur ini, Anda bisa mengatur berbagai macam akun email yang Anda miliki. Selain akun email, Anda juga bisa mengatur beberapa akun sosial media yang Anda instal. Biasanya saat Anda membeli windowsphone baru atau baru saja di restart ulang, Anda di wajibkan membuat akun microsoft sebelum sepenuhnya di gunakan.

Setelah Anda memiliki akun microsoft, Anda bisa menambahkan akun email yang bisa di gunakan untuk berbagai macam aktifitas Anda. Caranya cukup mudah, pertama Anda pilih pengaturan, setelah itu Anda pilih 'tambahkan akun', lalu pilih outlook.com. Anda akan di arahkan ke server outlook.com guna memberi otorisasi windowsphone untuk mengakses akun Anda.

Setelah proses selesai, Anda bisa menggunakan email itu untuk berbagai macam aktifitas seperti mengirim dan menerima email. Selain menambahkan akun outlook sebagai email, Anda juga bisa menambah akun google sebagai email. Semua itu terserah Anda, mana yang akan di pilih.

Pojok Anak

Selain live tile, salah satu fitur yang di miliki windowsphone adalah 'Pojok Anak'. Dengan fitur ini, Anda bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang ada dan hanya menampilkan beberapa aplikasi tertentu. Misal Anda hanya akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang pantas untuk anak-anak Anda, seperti game, video dan yang lainnya.

Saat fitur pojok anak di aktifkan dan di luncurkan, secara otomatis di layar smartphone Anda hanya akan menampilkan aplikasi atau menu yang sebelumnya sudah di pilih. Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Langsung saja ke pengaturan, setelah itu pilih 'pojok anak'. Anda hanya perlu memilih aplikasi/menu apa saja yang akan di aktifkan di fitur pojok anak. Setelah itu aktifkan dan luncurkan.

Saat fitur ini di aktifkan, Anda tidak bisa keluar atau ke menu lain meskipun Anda menombol Home. Untuk kembali atau keluar dari fitur 'pojok anak', caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal menekan tombol switch (Tombol yang di gunakan untuk mematikan dan menghidupkan screen) yang ada di samping smartphone.

Seluler+SIM

Buat Anda yang tempat tinggalnya jauh dari BTS, atau jauh di plosok, mungkin akan kesulitan mendapatkan sinyal yang stabil, apalagi mendapatkan sinyal H+, akan lebih baik jika Anda memilih mode 2G saja, karena seperti yang pernah saya baca, smartphone ini akan memilih jaringan yang sesuai. Mungkin benar saja, saya lebih lancar internetan dengan mode 2G saat berada di kampung yang notabennya jauh dari BTS.

Itulah beberapa tips dan trick pengalaman saya menggunakan windowsphone Nokia Lumia 520. Untuk tips dan trick yang lainnya, Anda bisa ber-eksperimen sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel