Pengertian Domain Name

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email  server di jaringa internet.

picture via pixaby.com





Nama domain berfungsi untuk memudahkan pengguna di internet ketika ingin mengakses ke server. Dari pada susah payah mengingat angka-angka yang rumit, yaitu IP adres, dengan adanya Domain name ini menjadikan para pengguna di internet lebih mudah mengingat dan menuliskan di browser.

Setiap nama domain di belakangnya memiliki ekstensi TLD (Top Level Domain) atau CCTLD (Country Code Top Level Domain)

Contoh ekstensi TLD: .net, .com, .edu, .gov, .info, .org, .pro dll.

Contoh ekstensi ccTLD: .id, ac, .je dll. Untuk ccTLD (Country Code Top Level Domain) yaitu berdasarkan negara. Contohnya Indonesia memiliki .id. Untuk lebih jelas Anda bisa membaca postingan ini: Pengertian domian TLD dan ccTLD

Contoh domain name: google.com, yahoo.com, facebook.com, wikipedia.org, fiturmedia.com dll.

Nama domain tidak bisa sama satu sama lain. Maksudnya jika fiturmedia.com sudah di daftarkan orang lain, Anda tidak bisa mendaftkan domain dengan nama fiturmedia.com, kecuali domain itu sudah tidak di perpanjang lagi.

Untuk mendapatkan nama domain, kita harus mendaftarkannya ke layanan penyedia domain name. Harganya relatif, tergantung penyedia layanan domain name itu sendiri.

Setelah kita memilikk nama domain, nama domain itu bisa di gunakan untuk berbagai macam keperluan. Misal untuk membuat blog, website, toko online dll.

Itulah penjelasan singkat tentang Domain name.

Refrensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3090436081

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel