5 Fakta Menarik Yang Pernah Terjadi Di Dunia IT



Era digital seperti sekarang memang membantu kita dalam beraktifitas dengan mudah. Misalnya, kita bisa membeli barang hanya dengan smart phone di genggaman tangan, atau mencari sesuatu informasi lewat internet, bersosial media untuk menukan teman dan masih banyak lagi.

Google via pixabay.com
 Tapi tau kah Anda, ternyata pada masa yang lampau ada fakta-fakta menarik yang pernah terjadi dalam dunia IT. Untuk itu, fiturmedia akan mengajak Anda flashback ke masa lalu untuk melihat fakta-fakta menarik yang pernah terjadi di dunia IT.

Simak ulasan berikut ini:

1. "Google" sebelum Google

Pada tahun 1990-an, ketika perang antar mesin pencari masih seimbang antara Yahoo, Altavisa, dan Lycos, ada satu yang muncul ke permukaan. Yaitu Open Text Web Index namanya. Bisa di katakan mirip Google saat ini. Open Text di kenal karena kecepatan respon, akurasi, dan komprehensif.

Pada tahun 1995, arsitektur Open Text bahkan di beli Yahoo untuk di terapkan dalam mesin pencariannya. Tapi setelah dua tahun berikutnya, pemilik Open Text memutuskan berpindah haluan ke sektor content management system untuk enterprise. Padahal pada tahun 1998, Google baru di luncurkan.

Jika saja Open Text dan Yahoo masih bermain di teknologi mesin pencari, mungkin saat ini merekalah yang akan memimpin pasar. Sayang sekali, mereka tak menyadari besarnya industri mesin pencari pada masa seerti sekarang ini.

2. Yahoo melewatkan Facebook

Taukah Anda, bila si pembuat jejaring sosial paling populer saat ini (Facebook) Mark Zuckerberg hampir menjual hak kepemilikan Facebook kepada Yahoo? Tepatnya pada tahun 2006, Yahoo melihat potensi Facebook cukup besar untuk di jadikan lawan MySpace.

Yahoo sempat menawarkan uang sebesar US$ 1 miliar kepada Mark. Tapi saat akuisisi nyaris terjadi, tiba-tiba Yahoo mengalami penurunan saham sampai 22 persen. Yahoo pun akhirnya bereaksi dengan bernegosiasi menurunkan tawaran harga kepada Mark menjadi US$ 800 juta saja. Mark pun menolak tawaran Yahoo dan akhirnya Mark memutuskan untuk membesarkan Facebook sendirian.

Dan Anda sekarang bisa melihat, bagaimana Facebook berkembang cukup pesat. Dan selalu memperbarui fitur-fitur baru di dalamnya.

3. Microsoft Menyelamatkan Apple

Pada tahun 1997 adalah tahun kebangkitan Apple. Saat kondisi krisis keuangan akibat Mac-nya kalah bersaing dengan Power Computing dan Radius, mereka hampir terancam berhenti untuk memproduksi. Untungnya, datanglah bantuan dari Perusahaan sekelas Microsoft.

Microsoft bersedia membeli saham Apple sebesar US$ 150 juta, relatif cukup untuk memperpanjang nafas Apple.

Steve Jobs, sebagai negosiator dalam perundingan dengan pihak Microsoft, akhirnya di tunjuk sebagai CEO Apple. Melalui tangan dingin Steve Jobs, Apple mampu sejajar dengan Microsoft sang penolong dalam kompetisi bisnis di bidang IT.

4. Real Network Menolak iPod

Pasti Anda tau kan pemutar file multimedia dengan bentuk mungil yang nyaman di kantong? Itulah iPod, meskipun keberadaanya mungkin jarang di temui karena sudah kalah bersaing dengan smartphone yang juga menyematkan pemutar musik, namun iPod pernah menjadi barang mewah pada jamannya, mungkin sampai sekarang.

Taukah Anda, bahwa iPod pernah di tolak konsepnya oleh Philips dan Real Networks. Pada tahun 2000 silam, Tony Fadell menawarkan konsep pemutar MP3 mungil, bergaya, dan menyediakan content-dilevery system yang memudahkan pengisian musik, bernama Pod.

Hanya Apple-lah yang mau menerima proposal Fadell dan memproduksi peranti yang kita kenal sebagai iPod serta content-delivery system bernama iTunes.

Dan iTunes menjadi salah satu pasar musik yang populer di dunia.

5. IBM Mengatrol Microsoft

Pada tahun 1980, IBM sedang mengerjakan proyek PC pertama dan mencari perusahaan perangkat lunak yang bisa menyediakan disc operating system (DOS). Awalnya mereka meminta bantuan pada Gary Kildall dari Digital Research, pembuat sistem operasi CP/M.

Namun negosiasinya tidak berjalan mulus sehingga akhirnya IBM beralih kepada duo Bill Gates dan Paul Allen yang memiliki program Microsoft DOS.

Akhirnya kontrak-pun terjalin dan IBM menui sukses besar, sekaligus mengangkat nama Microsoft. Mungkin saja jika Kildall mau menerima tawaran IBM, perusahaanya-lah yang bakal meraksasa seperti Microsoft saat ini.

Itulah 5 fakta menarik yang terjadi di bidang IT.

Summber Refrensi:

http://www.serupedia.com/2012/10/6-peristiwa-terbesar-dalam-dunia-it.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel