Selasa, 13 Februari 2018

7 Ponsel Ini Sekarang Menjadi Barang Antik Yang Bernilai Tinggi

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Seperti halnya ponsel, kini ponsel memiliki berbagai macam fitur-fitur unggalan.

Jika ponsel jaman dulu hanya menekankan fitur itu-itu aja, seperti sms dan panggilan, berbeda dengan ponsel jaman sekarang, ponsel jaman sekarang sudah di bekali berbagai macam fitur dan hiburan dan hal-hal lain yang membantu aktifitas lebih mudah (smart phone).

Mungkin Anda tidak akan percaya, bahwa ponsel yang memiliki kesan fitur biasa-biasa saja ini sekarang memiliki harga selangit.

Nah, seperti judul postingan ini, kali ini fiturmediacom akan membahas beberapa ponsel jaman dulu yang sekarang memiliki harga selangit.

Mungkin Anda penasaran? Berikut ini ulasannya:

Samsung SPH-N270

Picture via phonearena.com
 Buat Anda yang pernah menonton film The Matrix Reloaded yang di rilis pada 2003 ini, mungkin sepintas pernah melihat ponsel yang di bawa salah satu pemain filmnya. Ya, itu adalah ponsel Samsung SPH-N270.

Meskipun ponsel ini terlihat sederhana bahkan biasa-biasa saja, tapi pada masanya, ponsel ini sangat keren. Karena ponsel ini memiliki desain yang futuristik.

Dan yang menarik, setelah ponsel ini tampil di film The Matrix, ponsel ini mengalami penjualan yang meningkat.

Untuk mendapatkan ponsel sangar ini, Anda harus membayar USD750 atau setara Rp.10 juta.

iPhone 2G
Ilustrasi iPhone 2G via flickr.com
  Tepatnya pada tahun 2007, Apple merilis ponsel pertamanya, yaitu iPhone 2G. Pada saat itu, iPhone menjadi gadget yang revolusioner.

Saat pertama kali di rilis, iPhone 2G di banderol seharga USD600, harga yang cukup mahal pada masa itu. Meskipun harganya mahal, konsumen tetap meminati iPhone yang revolusioner ini. Bahkan ada yang mengatakan, iPhone 2G sebagai gadget terhebat sepanjang masa.

Untuk masa saat ini, iPhone 2G bisa bernilai ribuan dolar, karena beberapa ponsel lawas keluaran Apple itu masih menawarkan performa yang baik.

Motorola DynaTAC
 
Motorola DynaTAC Prototipe via wikimedia

Motorola bisa di bilang sebagai salah satu dedengkot perusahaan telekomunikasi. Motorola sudah berdiri cukup lama di bandingkan perusahaan-perusahaan yang lainnya. Maka tak heran jika Motorola sudah merilis berbagai macam produk ponsel.

Salah satunya adalah Motorola DynaTAC. Ponsel ini benar-benar menjadi legenda untuk perusahaan Motorola sendiri. Dan yang menarik dari ponsel Motorola DynaTAC, adalah ponsel ini menjadi salah satu ponsel pertama yang berhasil melakukan panggilan.

Untuk di lihat dari jaman sekarang, ponsel ini mungkin bentuknya akan terlihat sangar, karena ponsel ini berukuran cukup besar. Ponsel ini pertama di kembangkan sejak 1947, namun berkat Martin Cooper yang di juluki "Bapak Handphone", ponsel jadul ini di kembangkan pada tahun 1973 agar bisa di fungsikan untuk melakukan panggilan.

Tapi ponsel ini baru di pasarkan setelah beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1984 dan mengantarkan manusia pada era baru telekomunikasi. Untuk mendapatkan ponsel langka ini , Anda harus membsyar USD500 atau sekitar Rp6,8 juta.

Nokia 8110
Picture via wikimedia
Kalau membicarakan soal ponsel Nokia, ponsel ini tak perlu di ragukan lagi. Nokia bisa di bilang sudah malang-melintang di jagat per-ponselan. Produknya sudah terjual jutaan di penjuru Dunia. Nokia juga di kenal dengan produknya yang inovatif, karena sering merilis ponsel-ponsel yang memiliki desain yang unik-unik.

Salah satunya Nokia 8110, ponsel inj juga pernah tampil di film The Matrix pada tahun 1999. Di dalam adegan film itu, ponsel ini mampu mengangkat panggilan masuk hanya dengan membuka penutup tombolnya.

Ponsel unik ini pertama kali di rilis pada tahun 1996. Ponsel ini juga di juluki sebagai ponsel pisang karena desainnya melengkung menyerupai pisang.

Untuk mendapatkan barang langka ini, Anda harus merogoh saku dan mengambil uang sekitar USD500 atau setara Rp6, 8 juta.

Nokia 8800 Arte Carbon
Ilustrasi via wikimedia
Desainnya yang styiles dengan material premium, seperti stainless steel, serat karbon, dan titanium. Menjadikan ponsel ini masih di cari para kolektor ponsel antik. Di Indonesia, beberapa media menyebutkan bahwa ponsel Nokia 8800 Arte Carbon yang masih dalam kondisi baik bisa di jual hingga belasan juta rupuah. Sedangkan di ebay, ponsel ini bisa di hargai sekitar $4500.

Motorola Aura R1
Picture via wikipedia
Selain Motorola DynaTAC, Motorola juga masih punya ponsel antik yang bernilai tinggi. Salah satunya adalah Motorola Aura R1. Ponsel ini memilikj desain yang unik di bandingkan dengan ponsel antik kebanyakan. Sebab desainnya menggunakan material kelas satu, yakni stainless steel dan safir.

Karena untuk membuka tombol angka ponsel ini harus di ayun, dan memiliki layar yang bundar, ponsel ini juga di sebut mirip dengan jam tangan mewah.

Ponsel keluaran tahun 2008 ini sekarang di jual kisaran USD1000 atau sekitar 13, 5 juta rupiah. Bisa di katakan harganya menyerupai iPhone X keluaran terbaru. Bahkan harganya bisa lebih tinggi lagi untuk Motorola R1 edisi terbatas yang di hiasi dengan berlian.
 
TAMBAHAN

Nokia 808 Pureview
Nokia 808 pureview via wikimedia
Berbeda dengan ponsel-ponsel sebelumnya yang di rilis beberapa tahun silam, Nokia 808 PureView bisa di bilang agak baru. Ponsel ini di rilis pada tahun 2012 dan menjadi produk terakhir dari Nokia yang ber-OS Symbian.

Dan yang keren dari ponsel ini adalah di nobatkannya sebagai ponsel dengan kualitas kamera terbaik pada masanya. Ponsel ini memiliki resolusi 41 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss dan flash xenon.

Untuk memiliki ponsel ini, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp.2,7 sampai Rp 4 juta untuk ponsel yang masih berfungsi dengan baik. Meskipun mahal, sepertinya itu tidak menjadi halangan bagi para kolektor ponsel antik, apalagi para pecinta Symbian.

Sumber Refrensi:

techno.okezone.com
jogjatronik.com
kompas.com

0 komentar

Posting Komentar