Inilah kecanggihan Teknologi 5G Yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi vi flickr.com
 Untuk sekarang ini, teknologi 4.5G masih menjadi yang populer di gunakan di Indonesia. Tapi tahukah Anda, bahwa di negara-negara maju sedang mempersiapkan teknologi jaringan 5G.

Rencananya jaringan 5G akan di gunakan secara global mulai tahun 2020 di sejumlah negara maju.
Dari segi kecepatan akses, Teknologi 5G pastinya lebih baik dari generasi sebelumnya. Mengutip lama serupedia via wire, jaringan 5G akan meningkatkan kecepatan download hingga 10 gigabyte per detik. Itu artinya, Anda bisa bisa mendownload file sebesar 5GB, hanya membutuhkan waktu sekitar setengah detik. Keren !!!!


Di kutip dari serupedia via 5g.co.uk, teknologi 5G mampu mentransmisikan data hingga 20Kbps. Sementara Nokia berpendapat bahwa layanan 5G mampu menyiarkan streaming video beresolusi 8K.
Hebatnya lagi, 5G Information Center telah mencapai kecepatan lebih tinggi di pengujian, yakni sekitar 1 terabyte per detik (1 Tbps). Kecepatan itu kira-kira 65 ribu kali lebih cepat.

Teknologi 5G juga di gadang-gadang akan membawa ke era smart car tanpa driver dan rumah pintar. Perusahaan besar seperti Apple, Wortel, BSNI, dan Nokia telah mulai bekerja dengan teknologi 5G dan kemungkinan akan membawa kejutan besar.

Dengan kehadiran jaringan 5G, always connected PC akan dapat memberikan akses internet super cepat, konektivitas berlatensi rendah untuk layanan cloud berikutnya, serta konferensi video berkualitas tinggi, permainan interaktif, dan peningkatan dalam produktivitas karena fleksibilitas untuk bekerja di mana saja.

Ilustrasi via pixabay.com

Yang lebih menarik, Teknologi 5G akan menghadirkan enhanced mobile broadband (eMBB) yang erat kaitannya dengan data plan. Hal ini memungkinkan provider mampu menyediakan penjualan paket data berkapasitas besar. Contohnya, jika provider sekarang hanya mampu menyediakan paket data maksimal 10 GB, dengan adanya teknologi 5G, provider mampu menyediakan kapasitas paket data hingga sebesar 50 sampai 100 GB per bulannya.

Sebenarnya internet berkecepatan 1 Gbps bukanlah hal yang baru, tetapi cukup langka karena infrastrukturnya mahal. Misalnya, pemasangan kabel fiber optik untuk menghubungkan ke alamat tujuan. Sedangkan kecepatan internet nirkabel 5G tak akan semahal internet rumah, sebab tak membutuhkan pemasangan infrastruktur yang mahal pula.

Berdasarkan hasil studi "The 5G Economy" yang di gagas oleh Qualcomm dan di laksanakan oleh berbagai perusahaan riset, rantai nilai ( Value chain) 5G di seluruh dunia akan menghasilkan pendapatan hingga US$ 3, 5 Triliun dan membuka 22 juta lapangan kerja pada tahun 2035 yang akan datang. Selain itu, 5G  juga digadang-gadang akan memungkinkan terciptanya distribusi barang dan jasa berskala global yang bernilai hingga US$ 12, 3 Triliun di tahun yang sama.

Sumber: serupedia


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel