Merasa Introvert ? Tidak Perlu Berkecil Hati, 3 Founder Teknologi Ini Adalah Seorang Introvert

Mark Zuckerberg, founder Facebook via wikimedia
Konotasi yang berkembang di masyarakat mengnggap orang introvert itu adalah orang yang aneh, cupu, dan tidak pandai bersosialisasi.Selain itu, sebagian menganggap orang yang memiliki kepribadian introvert tidak akan pernah sukses, karena sulit untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas.

Pendapat itu tidak semestinya benar, karena sebagian orang introvert sebenarnya memiliki bakat tersembunyi. Hanya saja, sebagian dari orang introvert itu tidak menyadari kelebihan ada dalam dirinya. Bahkan di luar sana sudah banyak bukti  bahwa orang introvert juga bisa menjadi orang yang sukses. Sukses mendirikan sebuah perusahaan, sukses menjadi penulis, sukses menjadi pemimpin,  dan masih banyak lagi bukti yang lainnya.

Seperti halnya 3 founder yang akan di bahas kali ini. Mereka di ketahui sebagai seorang introvert, meskipun demikian, merek bisa menjadi orang sukses dalam bidang teknologi. Daripada penasaran, berikut ini 3 orang founder dalam bidang teknologi yang mengakui dirinya sebagai seorang introvert:

ANDRE DARWIS (KASKUS)

Andre Darwis founder Kaskus. Picture via Kaskus.id
Kita mulai dari Indonesia. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu komunitas atau forum online terbesar di Indonesia, yaitu Kaskus. Kaskus sendiri didirikan oleh seseorang yang bernama Andrew Darwis.

Saat Andre Darwis di undang ke acara HITAM PUTIH yang di siarkan oleh salah satu stasiun TV swasta beberapa waktu  yang lalu, Andre mengaku dirinya adalah seorang introvert. Ide mendirikan forum KASKUS sendiri bermula saat dirinya berkuliah di Amerika Serikat. Saat itu, dirinya mendapatkan tugas dari tempat kuliahnya. Saat yang lain membuat semacam situs web pribadi dan di isi kegiatan sehari-hari, Andrew Darwis justru memiliki ide yang brilian, Andre justru menciptakan sebuah situs forum yang sekarang menjadi salah satu forum terbesar di Indonesia.

Andre Darwis  lahir pada tanggal 20 Juli 1979, anak dari seorang Ayah pakar elektronika yang bekerja di sebuah perusahaan pipa. Saat masih kecil, Andre gemar mengotak-atik barang  elektronika seperti radio dan barang-barang elektro lainnya. Mulanya dirinya adalah anak yang kreatif, banyak teman dan agak nakal. Tapi semenjak tidak naik kelas 6, dirinya sering mengurung diri, minderan, dan hanya berteman dengan segelintir orang saja, tapi cukup akrab, dua diantaranya adalah Ronald Sthephanus  dan Budy Dharmawan. Ronald dan Dharmawan sendiri nantinya akan menjadi bagian yang mendirikan Kaskus.

Saat usia remja, Andre sudah mulai mengenal internet, dan dia-pun sudah mendirikan sebuah situs web pribadi pada tahun 1997. Saat itu, Andre masih menggunakan jaringan telepon untuk mengakses internet, alhasil Andre sempat  di marahi Ibunya karena tagihan teleponnya menjadi membengkak.

Sesuai dengan minatnya, Andre Darwis kuliah di Universitas Bina Nusantara atau BINUS jurusan Teknik Informatika. Singkat cerita, Andre Darwis mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan di menteng, dan tawaran lain ialah, saat dirinya di mintai Pamannya yang memiliki perusahaan mebel meminta untuk di buatkan situs web kepada Andre untuk mempromosikan produk-produknya. Lalu Andre segera mengolah data dan foto-foto mebel produksi  pamannya dan segera merancang situs web yang menarik. Saat itu Andre mendapatkan pesangon uang sejumlah sepuluh juta rupiah.

Sejarah Singkat  Kaskus

KASKUS sendiri berasal dari kata Kasak Kusuk, didirikan oleh 3 sekawan, Andre Darwis,Ronald dan Budi  pada tanggal 6 November 1999 dengan modal awal $3 atau sekitar Rp.35.000.

Awalnya KASKUS  di isi dengan konten hal-hal yang terjadi di Indonesia untuk mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang ada di luar negri. Berhubung tidak memiliki basik jurnalistik, Andre dan kawan-kawan merasa kesulitan untuk membuat sebuah konten untuk di publikasikan. Akhirnya mereka mengisi konten dari sumber lain berbahas inggris dan di terjemahkan ke Bahasa Indonesia. Kegiatan ini berjalan selama kurang lebih tiga tahun, dan tidak menghasilkan apa-apa.

Saat masa-masa yang sulit, teman Andre, yaitu, Ronald dan Budi memutuskan untuk keluar dari Kaskus, tapi, mereka berdua menyarankan agar Andre Darwis terus berjuang mengembangkan Kaskus.  Setelah melewati masa-masa sulit, Kaskus bisa bangkit, tawaran iklan-pun bermunculan.

Dan Kaskus berkembang menjadi salah satu situs forum terbesar di Indonesia. Saat ini jumlah member Kaskus mencapai 4 juta lebih. Puncaknya, Kaskus sempat di tawar oleh perusahaan besar Dunia, yaitu Google. Google pernah menawar KASKUS senilai 475 Milyar. Sebuah angka yang fantastis.

MARK ZUCKERBERG (FACEBOOK)

Mark Zuckerber founder Facebook via wikimedia.org

Untuk saat ini, FACEBOOK adalah salah satu media sosial paling popular di Dunia. Saking besarnya, pengguna Facebook di Dunia mencapai jutaan di seluruh Dunia. Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbanyak di Dunia.

 Baca: Indonesia Peringkat 4 Sebagai Pengguna Facebook Terbanyak Di Dunia

Facebook sendiri di dirikan oleh sosok yang bernama  lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Mark Zuckerberg sendiri lahir pada tahun 1984 di White Plains, NewYork. Ayahnya  adalah seorang dokter gigi dan Ibunya adalah seorang Psikiater. Bersama tiga saudara perempuannya, di Dobbs Ferry, NewYork. Semasa kecil, Mark sudah hobi otak-atik komputer,  mencoba berbagai program, dan membuatnya. Saat masih kuliah di Harvard, Mark Zuckerberg memilih DO dari kampusnya, dia memilih berfokus untuk mengembangkan Facebook lebih serius.

Sosok Mark Zuckerberg Yang Introvert

Mengutip laman idntimes.com, sosok Mark adalah tipe orang introvert, hal itu di buktiakan dengan salah satu pernyataan COO Facebook, Sheryl Sandberg yang mengatakan bahwa kepribadian Mark akan terlihat  dingin dan seolah-olah sombong . Namun, hal itu tidaklah benar jika kita benar-benar mengenal sosoknya.

Sejarah Singkat Facebook

Facebook pertama kali di luncurkan pada bulan Februari tahun 2004. Berkantor di Menlo Park, California, Amerika Serikat.  Facebook sendiri di dirikan oleh Mark Zuckerberg dan kawan sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Anggota situs ini awalnya hanya sebatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian di perluas ke kampus lain, Boston, Ivy League dan Universitas Stanford. Setelah berjalannya waktu, Facebook membuka diri ke kampus lain,  ke sekolah menenga atas, dan di buka ke publik luas dengan minimal harus berusia 13 tahun. Pada tahun 2012, Facebook mencatatkan pengguna aktif mencapai lebih dari satu miliar.


 BILL GATES (MICROSOFT
 
Bill Gates bersama istrinya, Melinda Gates


“Be nice to nerds. Chanches are you’ll end working for one.” Itu adalah salah satu quote dari sosok Bill Gates. Seperti yang di kabarkan beberapa media, sosok pendiri Microsoft ini adalah seorang introvert. Sosok Bill Gate sendiri juga seorang kutu buku. Dirinya pernah menjadi salah satu orang paling kaya di Dunia berkat perusahaannya, yakni Microsoft.

William Henry “Bill” Gates III, lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober  1955. Ayahnya bernama William H. Gates, sr dan Ibunya bernama Mary Maxwell Gates. Ia memili darah Inggris, Jerman, S    kotlandia, dan Irlandia. Keluarganya termasuk golongan masyarakat menengah ke atas. Ayahnya adalah seorang ternama dan ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur  First Interstate BancSystem dan United Way.

Bill Gates tertarik pada computer sejak saat ia masih kecil, Awal mula perkenalanya dengan computer yaitu saat berumur 13 tahun. Ketika itu Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype  Model 33 ASR dan beberapa Komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer tersebut, Bill Gates tertarik dan memulai mempelajarinya.

Gates tertarik dengan kemampuan mesin komputer itu mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna, dan Bill Gates memulai menulis program komputer pertamanya  di sini menggunakan Bahasa pemrograman BASIC. Gates pun mulai mempelajari sistem lain, seperti system mini komputer  DEC PDP, khusus PDP-10 yang di miliki oleh Computer Center Corporation (CCC).

 Baca: 20 Hal Yang Harus And Ketahui Tentang Bill Gates Dan Microsoft

Sejarah Singkat Microsoft

Microsoft Corporation  (NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengmbangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini di dirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pad tanggal 4 April 1975.

Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di Dunia menurut pendapatnya. Microsoft juga  merupakan salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Microsoft  di dirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah  BASIC  untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer  pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, dan di ikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows.  Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.

Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkain perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperrti pencarian internet (Bing), industry video game (konsol Xb0x dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan smart phone (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012 lalu, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface

Itulah tiga orang founder yang memiliki kepribadian introvert. Sebenarnya banyak lagi orang yang memiliki kepribadian inntrovert tapi sudah menjadi orang yang sukses di bidangnya. Itu membuktikan bahwa kepribadian apapun yang ada dalam diri kita bukan suatu halangan untuk meraih sebuah mimpi. Yang penting kerja keras dan tekun.

Sumber Refrensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Andrew_Darwis
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
https://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel