Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

virus komputer
Ilustrasi virus komputer via pixabay.com
Virus komputer bisa dikatakan sebagai momok bagi kita semua, terutama bagi kita yang menggantungkan pekerjaan pada komputer. Dampak terbesar jika komputer kita terkena virus adalah tidak berfungsinya secara normal komputer kita. Karena biasanya, virus komputer akan menyerang sistem perangkat lunak komputer itu sendiri, sehingga komputer tidak akan bekerja dengan baik. Selain menyerang sistem perangkat lunak, virus komputer juga bisa membuat program tersendiri untuk tujuan tertentu.  Dan yang paling menakutkan jika komputer kita terkena virus ialah bisa terhapusnya data-data penting yang tersimpan didalam komputer.

Menurut beberapa sumber, virus komputer pada mulanya tercipta dari dua hacker muda yang sedang iseng-iseng dan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Kemudian mereka berdua membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data milik temannya. Tapi dengan berjalannya waktu, para hacker menjadikan virus sebagai sebuah pekerjaan professional. Bahkan ada hacker jahat yang berambisi untuk mengacaukan kehidupan dunia.

Virus komputer jumlahnya bermacam-macam, ada yang tidak terlalu berbahaya dan ada pula yang sangat berbahaya.  Seperti judul post ini, fiturmedia akan membahas tentang 10 virus komputer  yang paling berbahaya di dunia. Mari, langsung aja ke-ulasannya:

1. STORM WORM

Storm Worm adalah jenis virus yang bisa merusak dan mematikan. Virus ini pertama kali muncul pada tahun2006 dan mulai menyebar  melalui surat elektronik (e-mail) yang didalamnya disertakan sebuah link. Biasanya surat elektronik spam berisikan pesan :230 dead as storm batters Eropa. Tulisan tersbeut bisa dikatakan sebua link yang jika dibuka, maka virus akan mulai menginfeksi  komputer. Yang lebih berbahaya, kemungkinan besar komputer kita bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebabkan email spam di internet.

2. VIRUS ILOVEYOU

Kata-katanya sih cukup romantis, tapi, virus ini tidak kalah berbahaya dari storm worm.  Virus ini sulit untuk dibasmi. Virus yang bisa mereplikasi dirinya sendiri ini pertama kali ditemukan di sistem komputer dari Filipina pada 4 Mei 2000. Metode penyebaran virus ini ialah dengan cara memanfaatkan rasa penasaran publik dengan cara mengirimkan surat cinta lewat email dengan subjek “ILOVEYOU”. Virus ini dikenal juga dengan sebutan virus Lover Letter.

3. CODE RED

Code Red mulai menyebar pada bulan Juni 2001. Virus ini dapat merusak berbagai server jaringan dengan memanfaatkan celah yang ada pada Microsoft Internet Information Server. Selain itu, virus ini akan menyebabkan  buffer komputer penuh sehingga akan menguras memori. Virus ini menyeba bukan jebakan email attachment atau klik URL melainkan hanya dengan memanfaatkan koneksi internet , lalu men-deface halam web yang sedang dibuka.

4. MELISSA

Virus ini adalah salah satu virus komputer berbahaya yang pernah ada. Tepatnya tanggal 26 Maret 1999, virus ini pernah menjadi headline berita dipenjuru dunia. Pasalnya, virus MELISSA telah berhasil menginfeksi 20% komputer di dunia dalam waktu singkat. Virus ini mengkontaminasi sistem lewat email attchment bertajuk “Here I s the document you asked for ,don’t show it to anybody else.” Jika attachment itu dibuka atau klik, secara otomatis virus akan mereplikasi dirinya dan secara otomtis mengirimkan dirinya ke 50 alamat email lain yang ada kontak email korban. Anti virus ini telah dibuat untuk mengatasi masalah ini, tapi tidak bisa dihapus sepenuhnya.

5. VIRUS KOMPUTER MYDOOM

Virus MYDOOM (atau Novarg) adalh worm lain yang dapat menciptakan sebuah backdoor dalam sistem oeprasi komputer korban. Versi asli MYDOOM memilki dua pemicu. Salah satu pemicu menyebabkan virus ini memulai serangan denial of service (DoS) yang dimulai pada 1 Februari 2004. Kedua  memerintahkan pemicu virus untuk menghentikan distribusi  itu sendiri pada 12 Februaari 2004. Bahkan setelah virus ini dihentikan, backdoor yang diciptakan selama infeksi awal tetap aktif.

6. VIRUS CIH

Virus ini bisa dibilang masuk dalam kategori virus yang mematikan. Virus ini sulit untuk dideteksi. Virus akan menginfeksi setiap aplikasi  yang ada di komputer. Virus ini dapat menyebabkan kerugian secara finansial. CIH dinobatkan sebagai salah satu virus komputer yang sangat berbahaya.  CIH juga mampu mengutak-atik sistem BIOS komputer agar tidak bisa melakukan booting. Virus ini pertama kali ditemukan di Taiwan pada bulan Juni 1998.

7. NIMDA

Nimnda adalah sebuah virus berjeni muncul worm. Virus ini pertama kali muncul pada 18 September 2001 dan hanya butuh 22 menit untuk menjadi virus yang paling cepat menyebar di dunia. Cara kerja virus ini ialah dengan cara menyerang komputer klien yang menggunakan OS Windows 95, 98, Me, NT dan XP sedangkan virus server yang menngunakn windows NT dan 2000. Virus ini dapat menyebabkan kecepatan internet turun ketika NIMDA berkerja. Virus ini akan menyerang prosesor sehingga kerja komputer menurun. Seperti kebanyakn viru yang merusak, tapi virus NIMDA hanya menghilangkan waktu daripada merusak sistem komputer.

8. CONFICKER

Virus ini juaga dekenal dengan nama downup, domnnadup dan virus kido. Virus ini menyebar melalui sistem operasi Microsoft Windows . Laman The Guardian memprediksi Conficker telah menginfeksi  3,5 juta PC Pada 2009. Angaknya bertambah menjadi hamper 9 juta PC  selang seharuian kemudian.

9. LEAP-A/OOMPA-A

Seorang hacker yang menciptakan virus untuk Mac tidak akan memakan banyak korban sebanyak virus untuk PC. Pasalnya, Apple mempunyai reputasi untuk menjaga sistem operasi dan hardware dengan sistem tertutup karena Apple memproduksi hardwre dan software sekaligus.

10. THE KLEZ VIRUS

Virus ini menandai arah baru bagi virus komputer. Pada debut akkhir 2001, dan variasi virus melanda Internet selama beberapa bulan. Klez menginfeksi komputer korban lewat e-mail direplekasi kemudian dikirim sendiri kepada daftar alamat dalam kontak korban.  Virus KLEZ ini bisa bertindak seperti komputer biasa, worm dan Trojan Hourse. Yang mengerikan, virus ini bisa menonaktifkan scannet virus dan menyamar sebagi tool virus removobel. Beberapa waktu setelah virus itu mencuat kepublik, seorang hacker memodifikasi virus itu sehingga  dapat bekerja lebih efektif. Seperti virus yang lainnya, virus ini bisa menyisir melalui kontak korban dan otomatis mengirim.

Itulah 10 virus yang cukup berbahaya di dunia. Untuk meminimalisir terinfeksi virus komputer, kita bisa memasang anti virus yang update untuk komputer kita.

Di sadur dari: koneksia.com

Posting Komentar untuk "10 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia"