10 Developer Game Asal Indonesia Ini, Karyanya Mendunia

Mobile game via pixabay.com
Sebelumnya fiturmedia.com telah mengulas tentang 11 deretan developer game ternama di dunia, kali ini fiturmedia akan membahas tentang '10 Developer Game Asal Indonesia Yang Karyanya Mendunia'. Nah, dari pada penasaran berikut ini ulasannya:

1. Touchten Game

Developer  game ini berbasis di Jakarta. Didirikan oleh tiga bersaudara yaitu Anton Soeharyo, Roki Soeharyo dan Dede Indapurn. Salah satu game yang terkenal besutan startup inia adalah Infinite Sky yang sukses masuk kedalam deretan Top 10 Rank Ios App Store di 43 negara.

Tepatnya pada tahun 2015 yang lalu, Touchten Game pernah berkolaborasi dengan situs 9GAG untuk membuat game Redhead Redemtion. Selain itu, Touchten Game juga pernah bekerja sama dengan Bravewave dan Manami Matsumae, seorang komposer legendaris untuk membuat game bertajuk Target Acquired.

2. Kidalang

Ada yang membuat ungkapan bahwa Bandung adalah akan menjadi Silicon Valleynya Indonesia. Krena di Bnadung banyak bisnis berbasis  digital yang sedang berkembang maupun yang sudah menjadi startup yang sukses. Salah satu startup yang sukses adalah Kidalang. Kidalang sendiri startup yang bergerangk dalam bidang game developer.

Salah satu game besutan dari startup ini yaitu Sage Fusion dan Sage Fusion 2. Kedua game tersebut bergenre RPG-Scine Fiction.Menariknya, game Sage Fusion 2 berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan dengan memenangkan kategori game RPG terbaik dalam ajang Tizen App Challenge.


3. Own Games

Own Games sendiri berfokus dalam pengembangan game untuk platform Windows Phone dan Nokia Asha. Salah satu andalan game buatan developer ini yaitu Eyes on Dragon, yang memiliki maskot berupa naga berwarna kuning.

Awalnya satartup ini hanya terdiri dua orang bersaudara yakni Edwin Viraya dan Jevin Viraya. Dulu mereka mengkuti sebuah lomba yang diselengarakan oleh Nokia untuk mengembangkan sebuah game untuk dibawa majau ke ajang tersebut. Dengan berjalannya waktu, Own Game menjadi salah startup yang cukup membanggakan untuk Indonesia.

4. Menara Games

Bisa dikatan developer ini menjadi salah satu develoer game mobile pertama di Indonsia. Pertama kali didirikan tahun 2005, startup initelah  menerbitkan banyak game untuk PC dan smartphone. Salah satu game yang cukup populer adalah Ninja Fishing.

5. Alegrium

Pertama kali didirikan pada tahun 2015 lalu, startup ini patut untuk diperhitungkan. Pasalnya, satartup yang berbasis di Jakarta ini telah merilis game yang laris manis dipasaran. Salah satu game yang populer di dunia adalah ser Icon Pop yang telah menyedot 15 juta pengguna. Suatu pencapain yang luar biasa.

6. Digital Happines

Digital Happines membuat gebrakan dengan meluncurkan game  yang diberi nama DreadOut, pasalnya, game horor ini menjadi booming di luar negeri ketika game ini dimainkan oleh seoarang Youtuber ternama yaitu PewDiePie.

Dibalik kesuksesan satartup ini ialah Rachmad Imron. Melalui tangan dinginyalah Digital Happines menjadi salah satu satrtup yang membanggakan untuk Indonesia. Startup yang berbasis di Bandung ini mulai berdiri sejak tahun 2011 tapi mulai mensahkan pada tahun 2013 silam.

7. Toge Productions

Startup ini didirikan pertama kali pada tauh 2009 oleh Kris Antoni (CEO-Co-Founder) dan Sudarman, yang keduanya memiliki minat yang sama dalam pengemabangan game.  Salah satu yang membanggak untuk Indonesia adalah developer ini pernah mendapatkan penghargaan berupa “Game of The Year’ dari sebuah portal game di Amerika Serikat yang bernama Armor Games.

Game yang menghantarkan Toge Productions mendapatkan penghargaan yaitu ‘Infector’. Infector sendiri memiliki gameplay yang cukup unik, yakni gamer harus menginfeksi manusia menjadi zombie. Menariknya, Developer game asal Indonesia ini tidak hanya menyediakan game dengan game berbahasa Indonesia saja, tapi beberapa bahasa lainnya, seperti Inggris, Arab dan Mandarin. Dengan begitu, game-game buatan Toge Productions semakain mendunia.

8. Solite Studio

Lagi-laagi salah satu developer game Indonesia mengharumkan nama bangsa melalui karyanya. Melalui game bertajuk  Save The Hamster, Solite Studio mendapatkan penghargaan dari ajang Microsoft Imagine Cup 2013 yang diselenggarakan di Rusia.

Tim dibalik kesuksesan startup asal Madura ini adalah 5 mahasiswa Universitas Trunojoyo yaitu Asadullohi Ghalib Kubat sebagai Project Leader, Miftah Alfiansyah sebagai Programmer, Tony Wijaya sebagai Level Designer, M. Bagus Muslim sebagai Game Artist, dan Fahrur Rosi sebagai Composer.

9. Tingker Games

Seperti yang sudah disinggung diatas, kalau Bandung akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia, mungkin itu benar adanya.  Selain Kidalang, developer game yang  mendunia berasal dari Bandung ialah Tingker Games. Tingker Game sendiri berfokus pengembangan game untuk platform Android , iOs, Windows Phone dan Nokia Asaha.

Salah satu game terkenal besutan startup asal Bandung ini adalah game petualangan berkonsep shooter yang diberi nama Ingheritage. Menariknya, didalam game ini memperkenalakan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia melalui alur ceritanya.

10. Maximize Games

Maximize Game bekerja sama dengan Big Fish Games sebagai publisher. Startup ini lebih sering mengembangkan game PC bergenre edukasi dan Puzzle. Salah satu game yang cukup populer yang dikembangkan oleh Startup adalah Sve The Prince.

Itulah daftar 10 developer game asal Indonesia. Semoga karya-karya mereka terus berkembang dan bisa menginspirasi kita semua untuk terus berkarya.

*Disadur dari berbagai sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel