Inilah Situs Web Pertama di Dunia

Ilustrasi via pixabay.com
Pernahkah kamu berpikir, siapakah penemu website pertama di Dunia ? Dia adalah Tim Berners-Lee. Dia menemukan WWW ( World Wide Web ) pada tahun 1989. Pada perkembangannya, WWW menjadi bagian terpenting untuk kemajuan teknologi internet.

Sedangkan Website pertama di Dunia adalah webpage dari CERN ( Organisasi Penelitian Nuklir Eropa ) dengan alamat 'http://info.cern.ch'. Pada saat pertama kali diluncurkan, website tersebut tidaklah dibuka untuk umum, melainkan hanya bisa diakses oeleh beberapa universitas dan mahasiswa saja.

Dengan berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 1991, website itu online dan dibuka secara umum. Semua orang bisa membuka website tersebut. Pada saat itu, website dikelola atau dijalankan oleh ilmuwan asal Inggris lewat komputer 'NeXT'.

Pada tahun itu juga, CERN juga mengunggah software untuk WWW di webpage mereka agar bisa mudah untuk diunduh dan tentunya bisa dimanfaatkan oleh publik.

Didalam website tersebut tidak ada yang spesial. Tampilannya-pun cukup sederhana. Menariknya, sampai saat ini kita semua masih bisa mengunjungi website pertama di Dunia itu di alamat 'http://info.cern.ch'.

Sebelumnya CERN pernah mengubah alamat website tersebut, namun pada tahun 2013, CERN mengembalikan ke alamat website seperti semula.

Sosok Tim Berners-Lee Yang Rendah Hati

Bernama lengkap Timothy John Berners-Lee, dia adalah seorang ahli komputer yang berkebangsaan Britania. Sosoknya sangat berjasa dalam kemajuan teknologi internet dengan menemukan WWW ( WorldWideWeb ).

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John People's Image Computer System Ltd, Tim Berners-Lee kembali pada 1984 sebagi seorang rekan peneliti. Beliau menggunakan ide yang mirip yang telah digunakan pad Engquire untuk menciptakan World Wide Web dan dikembangkan dalam NeXTSTEP dan server web yang bernama http.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, alamat web pertama adalah 'http://info.cern.ch' dan online pertama kalinya pad 6 Agustus 1991.

Pada tahun 1994, Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium ( W3C ) di Massachusetts Institute of Technology.

Menariknya hingga kini, Tim Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Dan salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Pada 16 Juni 2004, Tim Berners-Lee diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Dikutip dari wikipedia dan berbagai sumber.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel