Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Perjalanan Bill Gates, Pendiri Microsoft

Apa yang Anda pikirkan tentang seorang Bill Gates? Mungkin Anda akan mengingatnya sebagai pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia. Perannya yang besar dalam perkembangan teknologi mampu mengubah dunia menjadi lebih mudah dan baik. Berkat Microsoft, banyak pekerjaan yang mudah dilakukan sehingga waktu bisa digunakan dengan lebih efisien.

Microsoft adalah perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates

Bill Gates lahir 65 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Nama lengkapnya adalah William Henry Gates III. Ayahnya merupakan seorang pengacara terkenal di kotanya, sedangkan ibunya merupakan seorang dewan regensi di Universitas Washington dan sekaligus presiden wanita pertama di United Way King Country. 

Awal Ketertarikan pada Komputer

Gates pertama kali mengenal komputer pada umur 13 tahun ketika berada di sekolahnya, Lakeside. Komputer yang dikenalnya pertama kali itu adalah jenis General Electric dan beberapa perangkat terminal Teletype Model 33 ASR. Di sekolahnya inilah dia mulai belajar bahasa pemrograman. Berkat hal ini, Gates berhasil menuliskan program komputernya yang pertama menggunakan bahasa pemrograman basic.

Kecerdasan Bill Gates makin terlihat pada saat dia telah mampu menguasai semua pelajaran komputer hanya dalam waktu seminggu, padahal normalnya dipelajari dalam 1 tahun. Tidak hanya itu, kemampuan yang hebat ini juga diakui di sekolahnya. Di usianya yang masih terbilang muda waktu itu, dia sudah mampu membajak komputer sekolah dan mengubah penempatan siswa hingga mengubah jadwal. 

Ditemani oleh seorang teman yang nantinya ikut mengembangkan Microsoft, Paul Allen, Bill Gates mempelajari komputer bersama dan “nakal” bersama. Namun, sejak kemampuannya ini diketahui, mereka disewa oleh sebuah perusahaan swasta, Computer Center Corp., untuk mencoba sistem keamanan perusahaan. Imbalan yang didapatkan adalah akses penggunaan komputer perusahaan secara bebas.

Awal Bekerja

Mencintai dunia pemrograman membuat Gates mulai mencoba dunia bisnis. Bisnis pertama yang ditekuninya adalah pembuatan program sistem pembayaran dari sebuah perusahaan, yaitu Information Science Inc. Tidak sampai di situ, bersama dengan sahabat sekolahnya, Paul Allen, ia mendirikan perusahaan sendiri yang bernama Traf-O-Data.

Perusahaan ini membuat komputer kecil yang digunakan untuk mengukur aliran lalu lintas kendaraan. Pekerjaan sebagai debugger di sebuah perusahaan kontraktor dan penanggung jawab komputerisasi jadwal sekolah pernah dilakoninya. Gates juga pernah menempuh kuliah. Dia mengambil jurusan hukum di Harvard, bidang yang sama sekali berbeda dengan bidang yang dicintainya. 

Gates diakui oleh dosennya sebagai seorang programmer yang luar biasa jenius. Namun, karena apa yang dipelajarinya di Harvard tidak sesuai dengan hal yang disukainya, akhirnya dia memutuskan untuk drop out dan mulai bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan komputer di Honey-well.

Berdirinya Microsoft

Ketika bekerja di Honey-well, Gates mengajak serta Paul Allen untuk melamar di tempat yang sama guna mewujudkan impian mereka membangun sebuah perusahaan perangkat lunak. Bak gayung bersambut, perusahaan yang mereka bangun ternyata mengalami perkembangan yang signifikan. Karena hal inilah, mereka kemudian mulai menawarkan konsep yang mereka miliki kepada investor.

Sebuah perusahaan, Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS), tertarik dengan konsep sistem operasi yang diajukan Gates tersebut. Berkat konsep tersebut, perusahaan berkembang makin besar. Sistem operasi yang diciptakan pertama kali yaitu dinamai BASIC Microsoft.

Pada awalnya, Gates menggunakan nama Micro-soft untuk perusahaannya. Kemudian, seiring berjalannya waktu, nama tersebut berubah sedikit menjadi Microsoft seperti yang kita kenal hingga saat ini. Pada tanggal 26 November 1976, nama ini resmi digunakan dan sejak itu tidak pernah berubah lagi.

Microsoft Windows lahir pada tahun 1985. Berkat sistem operasi inilah, nama Microsoft melambung dan merajai dunia. Hingga saat ini, sistem operasi Microsoft Windows masih terus dikembangkan. 

Dari perjalanan Bill Gates ini, banyak hal positif yang dapat dijadikan panutan, seperti mau bekerja keras, banyak membaca, berkomitmen terhadap pekerjaan, dan mau belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Perjalanan Bill Gates, Pendiri Microsoft"