Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Orang Kaya Berkat Teknologi Yang Super Dermawan

 
Mark Zuckerberg via flickr
1. Mark Zuckerberg ( Pendiri Facebook )

Meskipun memiliki harta yang melimpah ruah, sosok yang satu ini tetap terlihat bersahaja dan murah senyum. Tepatnya pada tahun 2010, setelah menyumbangkan sebagian hartanya, Mark Zuckerberg hanya memiliki kekayaan senilai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 81 Triliun. Tapi sekarang, kekayaan harta Mark Zuckerberg mencapai US$ 35,9 miliar ( Rp 485 Triliun).

Bersama istrinya, Priscilla, Mark memang aktif dalam dunia filantrofi. Beberapa waktu yang lalu, Mark dan Priscilla di kabarkan menyumbang US$ 75 juta atau sekitar 1 Triliun untuk San Fransisco General Hospital. Sumbangan tersebut di dialokasikan untuk menambah dua ruang trauma, tiga ruang operasi, dan menggandakan ukuran ruang gawat darurat. Tak hanya sampai di situ, Ia juga mendonasikan saraf Facebook-nya yang bernilai US$ 1 miliar (Rp 13, 5 Triliun) untuk Silicon Valley Foundation.

2. Bill Gates ( Microsoft )

Kekayaan pendiri Microsoft ini sudah tidak bisa di ragukan lagi. Sosoknya pernah menduduki sebagai orang paling kaya di dunia. Meskipun banyak uang, Bill Gates, tidak
lantas menjadi sosok yang pelit. Tepatnya pada tahun 1994, bersama istrinya, Bill Gates mendirikan sebuah yayasan badan amal yang di beri nama, Bill & Melinda Gates Foundation
yang kini memiliki aset senilai US$ 36 ata sekitar Rp 486 triliun. Bill Gates juga mengkapanyekan 'The  Giving Pledge' bersma kawan lamanya, Warren Buffet, untuk menyumbangkan hartanya untuk amal.

3. Larry Page ( Google )

Tepatnya bulan maret beberapa tahun yang lalu, Larry Page pernah berkata, dari pada memberikan hartanya yang bernilai miliaran dolar kepada kedua anaknya, dirinya memilih maenyumabangkan pada para enterpreneur, seperti yang di lakukan Elon Musk.

"Kami memiliki banyak karyawan di Google. Kami bekerja karena ingin mengubah dunia jadi lebih baik. Jika perusahaan tempatmu bekerja sepadan dengan waktutumu, mengapa tak sepadan dengan uangmu?" ucapnya.

4. Larry Ellison ( Oracle )

Meskipun bergelimpang harta, memiliki kehidupan yang mewah, pendiri Oracle, Larry Ellisson punya komitmen untuk mendonasikan 95 persen kekayaannya di sumbangkan ke yayasan medisnya.

"Warren Buffet secara personal meminta saya untuk menuliskan surat ini. Sebab ia berkata, saya akan menjadi contoh dan mengajak orang lain untuk amal. Saya harap ia benar," tulisnya dalam surat Giving Pledge pada Agustus 2010.

Selain menyumbangkan hartanya untuk yayasan, Ellisson juga memberikan saham kepada anak-anaknya yang masih muda. Kini bisnisnya menjadi berkembang pesat. Ia juga merencankan untuk mengajari anak-anaknya menjadi dermawan.


5. Irwin Jacobs ( Qualcomm )

Bersama sang istri, Joan, Jacobs mengglontorkan dananya senilai US$ 500 miliar atau setara Rp. 6.756 triliun untuk di sumbangkan kepada kampus Cornell Tech Roosvelt Island, penerima beasiswa MIT, dan San Diego Symphony.

Tidak sampai di situ, Ia juga menandatangani Giving Pledge, untuk berjanaji untuk memberikan setidaknya setengah dari hartanya yang berasal dari Qualcomm.

Tidak di sangka, putranya, Paul yang menjadi CEO Qualcomm memiliki saham sebanyak 1,5 juta. Sedangkan Irwin memiliki saham 26 juta di Qualcomm.

6. Gordon Moore ( Intel )

Gordon Moore telah menyumbangkan hartanya yang bernilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp. 13,5 triliun kepad Moore Foundation pada tahun 2001 silam. Yayasan tersebut fokus memberi bantuan di bidang konservasi lingkungan dari kesehatan di komunitas San Frsncisco. Kini, nilai kekayaannya lebih dari US$ 5 miliar atau setara Rp.67 triliun.

7. Elon Musk ( CEO Tesla )

Meskipu memiliki 5 anak laki-laki yang bisa siap di warisi hartanya, Elon Musk justru menyumbangkan sebagian hartanya yang bernilai US$ 12,9 miliar atau sekitar Rp. 174 triliun untuk kepentingan energi terbarukan , sains dan pendidikan engineering, serta ilmu kesehatan pediatrik.

Tepatnya pada tahun 2012 silam, Ia memnandatangani Giving Pledge yang berisi komitmennya untuk mendonasikan sebagian hartaya untuk amal.

8. Paul Allen ( Microsoft )
Selain Bill Gates, ada sosok lain yang juaga mengembangkan Microsoft. Namanya Paull Allen. Paul Allen juga memiliki hati dermawan seperti Bill Gates. Ia menandatangani Giving Pledge pada tahun 2010 dan berencana memberikan US$ 17,2 miliar hartanya untuk Paul G Allen Family Foundation.

"Saya memiliki rencana untuk beberapa tahun kedepan, bahwa mayoritas kekayaan saya akan di serahkan untuk keberlanjutan yayasan dan mendanai yayasan riset non-profit seperti Allen Institute for Brain Scince," kata Allen.

9. CEO Netflix Reed Hastings

Bersama istrinya, Patti Quillin, Ia menandatangani Giving Pledge pada tahun 2012 saat hartanya bernilai US$ 280 juta ( Rp 3,7 triliun ). Kini kekayaannya mencapai  US$ 1 miliar ( Rp 13, 5 triliun).
Harta Hasting di kabarkan di sumbangkan untuk yayasan filantropi di bidang pendidikan khusus.

10. Jan Koum ( WhatsApp )

Pendiri layanan pesan instan WhatsApp yang digunakan oleh  jutaan umat di dunia ini juga merupakan salah satu filantropi dunia. Sejak 2014, total uang yang telah didonasikan oleh Jan mencapai USD556 juta. Dana tersebut diberikan kepada yayasan Silicon Valley Community Foundation tahun lalu. Sementara total kekayaan yang dimiliki Jan sejak Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan nilai USD21,8 miliar adalah mencapai USD7,6 miliar.


Sumber Refrensi:

tekno.liputan6.com. http://tekno.liputan6.com/read/2523965/kaya-raya-9-bos-teknologi-ini-sumbangkan-sebagian-besar-hartanya
techno.okezone.com. https://techno.okezone.com/read/2015/04/03/207/1128775/lima-bos-perusahaan-teknologi-dunia-yang-dermawan

Posting Komentar untuk "10 Orang Kaya Berkat Teknologi Yang Super Dermawan"