Penjelasan Singkat GPU (Grapihcs Processor Unit)

Pernah dengar istilah GPU pas membaca artikel tentang teknologi di internet maupun majalah? Jangan di kira Gosok Pijat Urut yang ada di iklan TV  itu ya hehheeh. GPU adalah singkatan dari Grapihcs Prceessor Unit atau dalam bahasa Indonesiannya adalah Unit Pengolah Grafis. Fungsi dari GPU ini yakni bertugas mengolah segala hal yang mengarah ke grafis, seprti game, multimedia, gambar 2D/3D, animasi 2D/3D dll.

example GPU (Graphics Processing Unit) via pixaby.com

GPU (Grapihcs Prceessor Unit) diciptakan sebagai pendamping dari CPU (Central Processing Unit) yang tidak lain adalah prosessor smart phone atau gadget itu sendiri. Cara kerja GPU hampir mirip dengan CPU. Namun yang mebedakan dari keduannya adalah CPU hanya memiliki  beberapa core saja, sedangkan GPU memiliki beberapa ribu core.

GPU lebih tepatnya untuk pengolahan grafis sebelum tampil di screen, sedangkan CPU sebgai pengolah data. GPU biasanya di dukung oleh adanay panel yng berfungsi sbagai antarmuka antara user dengan perangkat tersebut.

GPU ada beberpa macam, di antaranya sebagai berikut:

GPU Mali
GPU PowerVR
GPU Tegra
GPU Adreno

Sebenarnya penjelasan tentang GPU (Grapihcs Prceessor Unit) masih banyak dan setiap macam-macam GPU punya penjelasan sendiri-sendiri, tapi karena artikel ini berjudul 'Penjelasan Singkat GPU (Grapihcs Prcessor Unit)', ya admin nulisnya singkat aja hehehehe.

Refrensi:

http://oketekno.com/7867/yuk-mengenal-gpu-serta-fungsinya.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel