Cara mengatasi Android Bootlop, tidak mau start, Dan hanya sampai logo

Smart phone Android bootlop, tidak bisa restart dan hanya sampai logo saja sering kali terjadi pada. Keadaan seperti ini kadang-kadang membuat pemilik Android itu panik. Seperti yang pernah saya alami. Dulu Android Galaxy y 1 saya tiba-tiba bootlop, hanya sampai logo saja. Setelah saya telusuri lebih jauh, Android Galaxy Y 1 saya bootlop.

Menu Recovery Mode

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya menurut saya pribadi relatif, artinya mungkin bagi Anda yang hobi otak-atik Android akan terasa mudah, tapi yang tidak biasa otak-atik Android akan terasa sulit dan membingungkan.

Cara mengatasi Android yang paling mudah yaitu dengan cara mengembalikan ke 'Setelan Pabrik atau Factory Reset' melalui Recovery Mode. Tapi ketika melakukan Factory Reset, semua data yang ada di memori internal akan terhapus.

Sedikit penjelasan, Factory Reset adalah mengembalikan setelan Android seperti awal pertama kali beli atau setelan pabrik.

Ada beberapa jenis Bootlop pada Android

1. Android Light Bootloop

Light Bootloop biasanya bisa terjadi karena pada saat di pakai normal, install aplikasi, main game dll, tiba-tiba Android itu tiba-tiba reboot atau restart otomatis, namun saat di hidupkan, Android itu hanya sampai logo saja.

2. Android Medium Bootloop

Bisa terjadi karena pengguna mengutak-atik Android untuk masuk ke sistem recovery yang biasa di gunakan untuk membuka system atau Rooting. Ini bisa di katakan kategori kerusakan menengah.

3. Android Hard Bootloop

Ini bisa terjadi karena pengguna Android mengedit-edit script dalam Android. Misalnya, Anda meng-Upgrade OS. Biasanya sebelum mengedit scriptnya, pengguna Android akan melakukan rooting Android agar bisa dapat akses ke system admin Android.

Bootloop Android seperti ini biasannya memiliki ciri 'sampai logo saja' dan tak bergerak lagi.

Dari mempelajari kejadian yang sudah di jelaskan di atas, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya melakukan Factory Reset. Seperti yang sudah di sebutkan di atas, melakukan Factory Reset bisa menghapus data-data yang sudah ter-instal.

Sebaiknya, melakukan Factory Reset sebagai opsi terakhir, jika semua alternatif solusi sudah di lakukan tapi belum berhasil.

Berikut ini cara mengatasi Android Bootloop

Masuk ke menu Setting>> Privacy>> Factory Data Reset


Cara memperbaiki Jika smart phone Android mati total, tidak mau restart.

Lakukan Factory Reset melalui prosedur Recovery Mode.

Recovery Mode yaitu, pilihan solusi melalui menu pilihan yang bisa di gunakan untuk memperbaiki kerusakan software pada Android.

Tidak semua Android tersedia menu tersebut, maka bisa menggunakan buatan pihak lain, misal ClockwordMod Recovery atau xRecovery.

Fungsi Recovery Mode jika Android mengalami masalah sebagai berikut:

1. Jika Android bisa restart, hanya sampai logo saja. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti aplikasi error, atau instal aplikasi yang tidak cocok denga Android.

2. Android dapat di hidupkan, tapi tidak merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak bisa di sentuh dan tidak bisa masuk ke menu.

3. Bila Anda lupa PIN, pasword atau Pengguna terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan pengguna tidak dapat masuk ke menu.

4. Dan kerusakan-kerusakan sofware Android lainnya.

Cara Memperbaiki Android Bootloop, tidak mau start

Cara melakukan Factory Reset via recovery mode secara ringkas dapat di lakukan dengan dua langkah berikut:

* Tahap pertama: Masuk ke Recovery Mode

Matikan dulu Android>> Tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan tombol volume Up+ Volume Down + Power secara bersamaan >> selanjutnya akan masuk ke menu recovery mode.

Catatan: Cara masuk recovery mode, tombol yang harus di tekan bisa berbeda setiap Android.

Tampilan Recovery modehanya berupa tulisan saja. Ketika dalm menu recovery, Anda tidak bisa menggunakan touchscreen. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Anda bisa menggunakan tombol volume di samping.

* Tahap kedua: Lakukan Wipe Data atau Factory Reset

Setelah berada menu recovery mode, pilihlah fitur 'Wipe Data/Factory Reset'. Selanjutnya restart Android Anda. Untuk memudahkan Anda, berikut ini contoh cara melakukan Factory Reset pada Android Samsung Galaxy Young:

Sebaiknya sebelum melakukan Factory Reset, minimal batrai masih 70%.

> Matikan Android

> Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol Home + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android

> Gunakan tombol volume , arahkan kursor hingga berada di tulisan Factory Reset/Wipe data.

> Tekan tombol Home untuk memulai proses> tunggu proses berlangsung

> Rebboot Handphone

Jika Anda mengalam lupa pasword ataupun pola, yang perlu di lakukan hanyalah:

Masuk ke recovery mode>> lakukan Factory Reset/Wipe data.

Untuk masuk ke menu recovery mode, hanya dapat di lakukan pada kondisi Android mati.

Jika langkah-langkah di atas tidak bisa mengatasi ketika Android Bootloop, atau Android tidak bisa masuk ke menu, maka solusinya yang bisa di lakukan adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone.

Seperti yang pernah saya alami ketika Samsung Galaxy Y 1 tidak berhasil dengan Factory Reset, langkah selanjutnya saya melakukan install ulang firmware, dan alhamdulillah berhasil.

Tapi bagi Anda yang ragu melakukan install firmware sendiri, sebaiknya minta bantuan yang sudah ahli. Karena untuk melakukan sendiri, Anda harus benar-benar teliti, setidaknya bisa mengoprasikan komputer, karena melakukan install firmeware harus menggunakan komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber refrensi: http://masnazar.com/cara-mengatasi-android-bootloop-mati-total-dan-tidak-mau-start/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel