5 Perusahaan Besar Yang Di Bangun Oleh Alumni ' Apple '



Sudah di ketahui bersama, bahwa Apple adalah salah satu perusahaan terkemuka di dunia. Perusahaan yang telah mengeluarkan berbagai macam produk inovasi ini tentunya di huni oleh sumber daya manusia yang bertalenta tinggi untuk mengembangkan produk yang berkualitas.

Meskipun demikian, para ahli yang di pekerja-kan oleh Apple itu tidak selamanya bergabung dengan Apple. Mereka mencoba merintis perusahaan sendiri. Misalnya seperti Andy Rubin, dirinya adalah sosok penting di balik kesuksesan Android.

Tahukah Anda bahwa Andy Rubin adalah salah satu alumni Apple, dan kini Android malah menjadi salah satu pesaing iPhone dengan iOSnya? Andy Rubin adalah satu dari beberapa orang alumni Apple yang  sukses merintis usahanya sendiri.

Berikut ini kami rangkuman 10 orang jebolan Apple yang sukses merintis perusahaannya sendiri:

1. Andy Rubin (Android)

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa Andy Rubin adalah mantan engineer Apple di awal tahun 1990. Setelah keluar dari Apple, Andy Rubin merintis Android, perusahaan software mobile open source yang sekarang menjadi lawan berat iPhone dengan iOSnya.
Meskipun Android sekarang sudah di beli Google, tapi Andy Rubin kini masih berada di balik kesuksesan Android hingga sekarang.

Awal kemunculan Android tidaklah langsung sukses seperti sekarang. Android berjuang keras menawarkan ke beberapa operator, namun sebagian menolak, tapi setelah berjuang terus menerus, akhirnya ada operator yang mau menerima, dan sekarang Android menjadi salah satu OS terkemuka di Dunia.

2. Trip Hawkins (Electronic Arts)

Mantan direktur marketing di Apple ini merintis usahanya sendiri yang di bernama Electronic Arts (EA) pada tahun 1982.
Pendiri Apple, Steve Jobs, merasa kecewa dengan tindakan yang di lakukan Trip Hawkins, Steve Jobs menganggap keputusan Trip Hawkins adalah sebuah pengkhianatan.
Meskipun kurang mendapat simpatik dari Jobs, nyatanya sekarang Electronic Arts menjadi salah satu produsen game terbaik di dunia. Electronics Arts telah menerbitkan ribuan game yang laris manis di pasaran, seperti TheSims, FIFA, dan masih banyak lagi.

 3. Dave Morin (Path)

Dave Morin dulunya berguru di kampus 'Apple' bagian marketing. Tapi tak lama kemudian, dirinya bergabung dengan salah satu sosial media terkemuka, yakni Facebook.

Tidak sampai di situ, Morin pun berencana membantu kerajaan usahanya sendiri dengan meluncurkan Path, jejaring sosial yang lebih intim.

4. Reid Hoffman (LinkeDIn)

Sebelum meluncurkan LinkeDIn pada tahun 2003, ternyata Reid Hoffman pernah bekerja di Apple hampir satu dekade sebagai experience architec. Menurut akun LinkedIn miliknya, Hoffman pernah memegang sejumlah proyek penting saat masih bergabung dengan Apple. Di antaranya eWorld International Global Access Assistant.

5. Tony Fadell (Nest Labs)

Tony Fadell merupakan sosok penting di balik terciptanya iPod. Ketika dirinya masih bekerja di Apple, Fadell memiliki peran penting dalam mendefinisikan konsep pemutar musik digital.

Tapi pada akhirnya, Fadell meninggalkan posisi senior vice president and iPod designer pada tahun 2008, dan mendirikan perusahaan sendiri bernama Nest Labs pada tahun 2010.

Di Nest Labs, kiprah Fadell cukup cemerlang. Perusahaan ini pun berhasil mendorong kehadiran produk baru yang di sebut thermostat. Ini adalah sebuah gadget pintar yang dapat mengidentifikasi suhu ruangan sehingga dapat mengatur pengguna pendingin atau penghangat ruangan. Sehingga perangkat ini di harapkan dapat menghasil efisiensi pengguna energi. Menariknya, Apple juga tertarik dengan produk ini dan tutut menggandeng Nest untuk di jual di toko onlinya.

Sumber Refrensi: Serupedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel