Ninetendo Switch, Konsol Game Yang Laris Manis

NINETENDO SWITCH
Ninetendo Switch via flickr.com/
Dibandingkan dengan PlayStation 4 dan Xbox One, bisa dibilang konsol ninetendo masih tetap berjaya di ranah gim. Dan yang menarik, konsol terbarunya, yakni Nietendo Switch diklaim telah menjadi salah satu yang paling sukses sepanjang masa. Ini adalah sebuah pencapain yang luar biasa.

Dilansir dari liputan6.com via geekwire, sabtu (27/4/2018), Nintendo telah membukukan penjualan sebesar US$ 9,7 miliar atau sekitar Rp 134 triliun di penghujung tahun fiskalnya pada akhir Maret 2018.

Angka tersebut mengindikasikan kenaikan penjualan sebesar 105 persen dari tahun lalu. Yang lebih keren, konsol ini telah terjual sebanyak 17 juta unit semenjak rilis pada 3 Maret 2017. Di negara Amerika Serikat, konsol keren ini terjual hampir lima juta unit pada 10 bulan pertama peluncurannya.

Pencapain besar itu mengalahkan saudaranya, yakni Ninetendo Wii yang hanya terjual empat juta unit pada jangka waktu yang sama. Untuk tahun yang akan datang, Ninetendo menargetkan penjualan NinetendoSwitch sebanyak 20 juta unit.

Kesuksesan penjualan Ninetendo Switch ini menjadi berkah tersendiri bagi Ninetendo, pasalnya penjualan Ninetendo Wii U tidak sesuai dengan ekspetasi. Salah satu gim yang mendongkrak kesuksesan Ninetendo Switch yakni Mario Odyssey, gim Mario 3D yang dirilis pada 27 Oktober 2017. Gim tersebut berhasil membukukan penjualan hingga 10 juta kopi.

Profit yang didapatkan oleh Ninetendo meningkat sampai 505 persen dari US$ 270 juta (sekitar Rp 3 triliun) pada tahun sebelumnya, dan sekarang berhasil meraup US$ 1,5 miliar (sekitar Rp 20 triliun).

Spesifikasi Nintendo Switch

Konsol Nintendo Switch hadir dengan layar resolusi 720p saat dilepas dari docking-nya dan akan naik ke 1080p saat terpasang di docking -nya. Di docking-nya, kamu akan menemukan output port untuk menampilkan gambar ke TV dan suara surround 5.1 via HDMI.

Konsol ini juga disediakan sebuah port USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai konsol dan kontroler Joy-Con. Soal baterai, daya baterai Switch tergantung dari jenis gim yang sedang dimainkan. Disebutkan, Switch akan memiliki daya baterai selama 2,5 jam hingga 6 jam. Ninetendo juga mengungkapkan, daya baterai Switch bisa bertahan selama 1 jam saat bermain The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Untuk urusan memori, Switch hanya disokong memori internal 32GB. Ini tidak berbeda jauh dari konsol sebelumnya, yakni Wii U. Tapi jika pengguna merasa kurang, memori bisa ditambah dengan microSDHC dan microSDXC.

Ninetendo Switch juga di bekali WiFi untuk menyambung ke internet. Selain melalui WiFi, pengguna juga bisa menggunkan adapter ethernet untuk menyambung ke internet. Yang lebih menarik, pengguna juga bisa bermain game bersamaan melalui LAN.

Sumber refrensi:

 https://www.liputan6.com/tekno/read/3492237/sukses-besar-nintendo-switch-terjual-17-juta-unit
https://www.liputan6.com/tekno/read/2826239/resmi-meluncur-berikut-spesifikasi-nintendo-switch 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel