Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Gunakan Teknologi AI

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
Picture via flickr.com
Google akhirnya resmi meluncurkan smartphone generasi ketiganya, yakni Google Pixel 3 dan Pixel XL. Smartphone yang diumumkan pada even tanggal 9/10 lalu ini menyematkan teknologi terbaru, yaitu Teknologi AI. Sudah diketahui bersama bahwa Teknologi AI pada smartphone menjadi tren terbaru. Memiliki keunggulan tersendiri menjadikan smartphone yang memiliki teknologi AI menjadi andalan untuk para vendor smartphone untuk menarik konsumen.

Begitu juga dengan Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan menjadi pesaing berat para vendor kompetitor karena juga menggunakan teknologi AI. Berbeda dengan vendor kompetitor, Google lebih menonjolkan teknologi AI di sektor kamera yang juga sudah terintegrasi dengan Google Image.

Fitur yang cukup menonjol adalah fitur Top Shot. Dengan fitur ini kecerdasan buatan alias teknologi AI memungkinkan untuk menentukan momen terbaik ketika memotret. Selain fitur Top Shot, smartphone besutan Google ini juga membekali fitur lainnya seperti Night Sight yang bisa digunakan memotret ketika cahaya redup, dan Tes Zoom yang memungkinkan memperbesar gambar tanpa kehilangan kualitas gambar.

Masih soal fotografi, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL memiliki kamera belakang beresolusi 12,2 MP dengan flash LED, ukuran piksel 1,4μm, aperture f/1,8 76˚FOV, autofokus PD ganda, OIS, EIS, perekaman video 4K hingga 30 dos, 720p hingga 240 fps, sensor spectral + flicker.

Google Pixel 3 dan Pixel 3 juga dibekali kamera ganda untuk selfi atau kamera depan dengan resolusi 8MP + 8MP yang dilengkapi dengan autofocus dengan aperture f/1.8, 75˚ FOV, aperture f/2.2, 97˚ FOV, perekaman video 1080p hingga 30 fps. 

Memiliki Dapur Pacu Yang Sama

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL memiliki prosesor yang sama. Sama-sama menggunakan prosesor Octa-Core Qualcomm Snapdragon 845 Mobile Platform yang di tandemkan dengan pengolah grafis GPU Adreno 630.

Untuk soal penyimpanan, smartphone besutan dari Google ini menyematkan memori internal 64 GB/128GB dan memiliki RAM DDR4X 4GB. Yang lebih menarik, smartphone ini juga sudah menjalankan OS Android generasi terbaru, yaitu Android v9.0 (Pie). 

Desain Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Mempertahankan Konsep "Two Tone"

Seperti pendahulunya, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL tetap mempertahankan konsep "two tone" yang menggambarkan dua bagian dengan aksentuasi warna yang berbeda di bagian casing. Perbedaan Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan pendahulunya hanyalah ukuran yang lebih lebar.

Smartphone ini hadir dengan berbagai macam varian warna. Menariknya, pemberian warna smartphone ini cukup unik, yaitu Just Black, Clearly White, dan Not Pink.

Perbedaan Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL Ada Bagian Layar

Google Pixel 3 menampilkan layar OLED 5,5 inci (resolusi 1,080 x 2, 160 piksel ) FHD+ dengan aspek rasio 18:9, 443 ppi, dukungan HDR, dan disematkan pula Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi layar dari goresan. Sedangkan kembarannya, Google Pixel 3 XL  menampilkan layar yang lebih besar, yakni layar OLED berukuran 6.3 inci (resolusi 2,880 x 1, 440 piksel) Quad HD+ dengan aspek rasio layar 19:9, 523 PPi, dengan dukungan HDR, dan juga dilengkapi Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi layar.

Fitur Yang Tidak Kalah Menarik

Selain memiliki fitur keren yang sudah dijelaskan diatas, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL juga dibekali fitur yang tidak kalah keren, misalnya smartphone besutan Google ini juga dibekali fitur pemindai sidik jari, Active Edge, Sertifikasi IP68 untuk ketahanan debu dan air, speaker stereo, dan 3 mikrofon.

Sedangkan fitur konektivitas, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL dibekali jaringan 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac 2x2MIMO (2,4/5GHz), Bluetooth 5 LE, GPS, USB Type-C Gen 1, dan dukungan NFC.

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Memiliki Harga  Yang Berbeda

Meskipun Google Pixel 3 dan Pixe 3 XL perbedaannya sedikit, tapi harga dari smartphone ini memiliki harga yang berbeda. Google Pixel 3 dibandrol dengan harga sekitar USD 800 (Rp12 jutaan) sedangkan Google Pixel 3 XL dibandrol dengan harga sekitar USD 900 (Rp13,6 jutaan)

Kedua smartphone itu resmi dijual di toko-toko retail resmi Google di AS mulai dari tanggal 19 Oktober dan Eropa mulai 2 November 2018 lalu.

Bagaimana dengan Indonesia ?

Sumber referensi: Majalah Pulsa Edisi 398 Th XV / 2018 / 17- 30 Oktober.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel