Teknologi AI, Era Baru Tren Smartphone

Ilustrasi via pixabay.com
Teknologi AI (Artificial Intelligence) atau dalam artian bahasa Indonesia 'Kecerdasan Buatan' sepertinya akan menjadi era baru dalam teknologi smartphone. Sebuah riset yang dilakukan Gartner menyimpulkan bahwa pada tahun 2022, 80 persen smartphone akan menyematkan kemampuan AI didalamnya.

Tahun ini persaingan antar vendor sudah dimulai. Vendor-vendor ternama bersaing ketat untuk menarik konsumen dengan menyematkan teknologi AI di smartphone buatannya. Salah satu smartphone yang sudah menggunakan teknologi AI ini adalah Pixel 3 dan Pixel 3 XL besutan Google. Google menambahkan teknologi AI pada Pixel 3 dan Pixel 3 XL di sektor fotografi.

Vendor lain juga tidak mau kalah, mereka juga melengkapi teknologi terbaru ini pada smartphone buatannya, seperti yang dilakukan Huawei. Huawei mengembangkan sebuah 'chip mobile' terbaru yang di beri nama HiSilicon Kirin 970. Huawei mengklaim chip buatannya sebagai chip pertama yang memiliki Dedicated Neural Processing Unit (NPU). Menariknya, Chip AI yang ada di kirin 970 sudah menggunakan teknologi 'pemprosesan saraf.'

AI (Artificial Intelligence) Terdiri Dari Hardware Dan Software

Kemunculan teknologi AI sebenarnya masih baru. Tepatnya pada tahun 2017 yang lalu teknologi ini mulai disematkan pada smartphone.

AI bukanlah software semata melainkan gabungan dari software dan hardware. Bagaimanapun juga AI pada perangkat tetap membutuhkan hardware untuk menjalankan tugas yang diperintah. Contohnya seperti facial recognition biometrics, augmented reality, machine learning, dan masih banyak yang lainnya. Semua contoh diatas membutuhkan software pendukung untuk menjalankan tugasnya.

Fitur Teknologi AI Mengerti Kemauan Penggunanya
Ilustrasi via pixabay.com
Salah satu kelebihan yang dimiliki teknologi AI ini ialah mampu mengidentifikasi kejiwaan penggunaannya dan lebih efektif dalam mengolah perintah suara. Yang lebih keren, dimasa yang akan datang teknologi super canggih AI pada smartphone bisa meningkatkan kemampuan evolusi. Dikutip dari eweek.com via majalah pulsa, teknologi AI pada smartphone memiliki beberapa kegunaan. Berikut ini ulasannya:

1. Lebih Personal

Teknologi AI memungkinkan mengerti 'siapa pengguna, apa yang dibutuhkan pengguna, kapan pengguna ingin, dan bagaimana pengguna ingin melakukannya'.

2. Mengevaluasi Tingkah Laku Pengguna

Teknologi AI mampu membuat perangkat smartphone mengevaluasi tingkah laku pengguna hingga mengetahui kapan pengguna tersebut benar-benar pantas mengakses handsetnya. Lebih tepatnya teknologi AI memungkinkan perangkat smartphone lebih aman.

3. Memahami Tingkat Kecerdasan Emosi Pengguna

Smartphone yang sudah dibekali teknologi AI bisa lebih mengerti tingkat kecerdasan emosi penggunanya. Keberadaan AI mampu memahami kondisi mental penggunanya dan merubah fitur dan fungsi sesuai dengan mental tersebut.

4. Memahami Bahasa

Teknologi AI memungkinkan memahami 'bahasa alam' (berbagai macam bahasa) dan memungkinkan penggunanya untuk memberikan perintah seperti yang mereka inginkan. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu dalam menerjemahkan bahasa 'terkini' atau dari satu bahasa ke bahasa lainnya dengan lebih sempurna.

5. Smartphone Yang Mampu Mengerti

Teknologi AI bisa dimanfaatkan smartphone dalm meningkatkan fitur augmented reality. Fitur  augmented reality dapat digunakan dalam mengatur pemeliharaan kesehatan dimana ponsel mengumpulkan informasi tentang seorang pasien dan AI digunakan untuk membantu dokter mendiagnosa dan memberikan terapi penyakit.

6. Meningkatkan Performa dan Stabilitas

 Keberadaan teknologi AI pada smartphone juga akan meningkatkan performa smartphone tanpa interaksi dengan pwnggunanya. Smartphone akan secara otomatis mampu menganalisa performa dan menganalisa aplikasi apa yang terlalu mengambil sumber daya perangkat dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan program didalamnya.

7. Teknologi AI Mampu Mengumpulkan Data Lebih dari Sebelumnya

Dimasa depan, AI memungkinkan mampu mengumpulkan data terkait kebiasaan dan profil personal penggunanya. Seperti dimana orang itu berada, apa yang dia lakukan dan smartphone mampu merespon dengan menampilkan aplikasi yang berbeda atau menampilkan informasi yang tepat sesuai keadaan.

Contohnya, fitur ini dapat membantu perusahaan asuransi dalam menampilkan atau menganalisa bagaimana kebiasaan orang tersebut dalam mengemudi dan menghitung premi asuransi sesuai dengan kondisi orang tersebut.

8. Memungkinkan Mendeteksi Konten dan Melakukan Sensor

Dengan adanya teknologi AI, nantinya smartphone mampu mendeteksi sebuah konten dan melakukan swnsor. Teknologi ini juga memungkinkan seseorang dapat terbantu untuk mengetahui apa yang sebenarnya ia cari atau inginkan dan mengatur perangkat atau jaringan untuk membolehkan apa yang harus diakses.

9. Teknologi AI Dapat Meningkatkan Kualitas Kamera

Kehadiran teknologi AI pada smartphone memungkinkan kualitas kamera depan lebih berkualitas. Teknologi AI akan melakukan pemrosesan gambar menggunakan algoritma menggantikan peran optik. Selain itu, AI juga akan meningkatkan kualitas gambar dengan menggunakan visi mesin untuk mengidentifikasi isi dari suatu gambar.

Dengan begitu, pengguna tak perlu repot-repot melakukan pengaturan manual karena AI mampu mengenali objek apakah itu manusia, binatang, pemandangan alam, bahkan yang lebih spesifik sekalipun.

10. Dapat Mendengarkan Lingkungan

Teknologi AI dimasa depan dapat mengamati penggunanya. Dengan teknologi AI, mikrophone pada smartphone bisa berfungsi untuk mendengarkan suara lingkungan atau sekitarnya dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Misalnya, bila smartphone mendengarkan suara dengkuran, fitur AI yang terhubung ke smartwatch dapat menentukan posisi tidur yang terbaik.

Itulah rangkain ulasan tentang tren teknologi AI pada smartphone yang akan menjadi tren dimasa depan.

Sumber Refrensi: Majalah Pulsa Edisi 398 Th XV / 2018 / 17- 30 Oktober.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel