Inilah 16 Smartphone Yang Memiliki Tingkat Radiasi Tinggi

smartphone
Ilustrasi Smartphone/pixabay.com
Hidup di era digital seperti sekarang ini, kita tak akan mungkin bisa lepas dari yang namanya gadget. Kehadiran gadget seperti telpon pintar menjadi mobilitas kita lebih tinggi. Apapun bisa dilakukan dengan telpon pintar ini, seperti mencari informasi di internet, belanja, berinteraksi lewat sosial media dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan telpon pintar.

Meskipun memiliki dampak positif, kehadiran telpon pintar ternyata juga memiliki dampak negatif. Salah satunya adalah adanya Radiasi yang terlalu tinggi pada telpon pintar itu sendiri. Lembaga federal asal Jerman telah melakukan penelitian untuk mengukur kadar radiasi telpon pintar.

Telpon pintar yang memiliki radiasi dapat diukur dengan menggunakan unit pengukuran yang dikenal sebagai Angka Absorpsi Spesifik atau SAR. Komisi Internasional memiliki pedoman tersendiri tentang perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Mengutip dari laman Kompas Tekno via Gizmochina, Senin (11/2/2019), berikut ini daftar smartphone yang memiliki SAR paling tinggi.

» Xiomi Mi A1 angka SAR 1,75 W/kg
» OnePlus 5T angka SAR 1,68 W/kg
» Xiaomi Mi Max 3 angka SAR 1,55 W/kg
» OnePlus 6T angka SAR 1,55 W/kg
» HTC U12 Life angka SAR 1,48 W/kg
» Xiaomi Mi Mix 3 angka SAR 1,48 W/kg
» Google Pixel 3 XL angka SAR 1, 39 W/kg
» OnePlus 5 angka SAR 1,39 W/kg
» iPhone 7 angka SAR 1,38 W/kg
» Sony Xperia XZ1 Compact angka SAR 1,36 W/kg
» HTC Desire 12/12+ angka SAR 1,34 W/kg
» Google Pixel 3 angka SAR 1,33 W/kg
» OnePlus 6 angka SAR 1,33 W/kg
» iPhone 8 angka SAR 1,32 W/kg
» Xiaomi Redmi Note 5 angka SAR 1,29 W/kg
» ZTE AXON 7 Mini angka SAR 1,29 W/kg

Dari daftar telpon pintar diatas, bisa kita lihat bahwa ada dua vendor asal China, yakni Xiaomi dan OnePlus, masing-masing vendor itu punya empat jenis telpon pintar dengan radiasi tertinggi.

Mi A1 diurutan pertama sebagai telpon pintar yang memiliki radiasi tertinggi. Disusul OnePlus 5T, lalu Mi Max 3, OnePlus 6T, dan ada HTC U12 Life di lima besar teratas.

Selain vendor asal China, ada pula vendor ternama asal Amerika Serikat yang memiliki telpon pintar dengan radiasi tinggi, yakni Google dengan Pixel 3 XL dan Pixel 3 reguler, dan ada Apple dengan iPhone 7 dan iPhone 8.

Menurut peneliti dari Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi (BFS), pengujian ini dilakukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan BFS. Perangkat tersebut bisa dikatakan aman jika angka SAR yang dihasilkan berada dibawah 0, 60 W/kg.

Sedangkan telpon pintar yang disebutkan diatas memancarkan radiasi sebanyak dua kali lipat dari batas aman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel