Co-Founder Android Khawatir Dengan Dunia Yang di Ciptakannya

Ilustrasi android via flickr
Android bisa dikatakan sebagai salah satu OS (operating system) paling populer dan banyak digunakan pada smartphone. Namun salah satu pendirinya, yakni Rich Miner takut dengan dunia yang diciptakannnya.
"Saya khawatir bagaimana dunia didorong dan terpusat pada smartphone yang didalamnya ada andil saya menciptakannya. Dan bagaimana ini akan berdampak pada orang-orang yang berpikir bahwa memang seperti ini keadaannya," kata Miner, seperti dikutip dari Telegraph via detikInet.

Miner membuat pernyataan ini sebagai respon terhadap sebuah postingan di Twitter, memperlihatkan bagaimana anak-anak sekolah menerima ratusan notifikasi smartphone selama jam pelajaran.

Rich Miner adalah salah sosok orang yang penting dalam mengembangkan Android selain Andy Rubin. Miner membantu Andy sebelum pada akhirnya Android dibeli Google di 2007. Namun setelah Android menjadi milik Google, Miner meninggalkan Android dan menjadi seorang investor startup di 2009.

Sebenarnya bukan hanya Miner saja yang merasakan hal yang sama, sebelumnya desainer Google Tristan Harris juga mengkritik keras sejumlah perusahaan Silicon Valley yang menurutnya bertanggung jawab melakukan manipulasi agar pengguna smartphone tidak bisa lepas dari gadget mereka dan selalu terkoneksi dengan aplikasi mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel