Fantastis, Domain Internet di Dunia Tembus 348 Juta, .com dan .net Masih Dominan

DOMAIN NAME
Ilustrasi via pixabay
Nama domain Internet di Dunia mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Terhitung sampai Kuartal IV 2018, setidaknya ada sekitar348,7 juta pendaftaran nama domaindi seluruh top-level domain atau yang sering disingkat TLD.

Baca Juga: Domain yang pernah terjual mahal di Dunia

VeriSign, sebagai penyedia layanan pendaftarannama  domain dan infrastruktur internet global mengungkapkan, pertumbuhan nama domain tersebut terlihat dari kenaikan kurang lebih 6,3 juta pendaftaran nama domain. Angka tersebut meningkat 1,8 % jika dibandingkan kuartal ketiga 2018.

Sedangkan pendaftaran nama domain telah tumbuh kurang lebih sebesar 16,3 juta atau 4,9 % dari tahun ke tahun. Jika dirinci , maka TLD .com dan .net masih tetap jadi yang paling dominan dibandingkan nama domain lainnya. Ada sekitar 153 juta pendaftaran nama domain pada kuartal IV 2018 merupakan gabungan keduanya. Kenaikan menyentuh angka 1,3 juta atau 0,8 % dibandingkan kuartal sebelumnaya.

VeriSign mengatakan bahwa TLD .com dan .net ini memiliki peningkatan gabungan sekitar 6,6 juta pendaftaran  nama domain atau 4,5 % dari tahun ke tahun. Pada 31 Desember 2018, basis nama domain .com berjumlah total sekitar 139 juta pendaftaran nama domain, sedangkan .net berjumlah 14 juta.

“Jumlah pendaftaran nama domain .com dan .net baru sekitar 9,5 juta pada akhir kuartal keempat 2018 dibandingkan Sembilan juta pendaftaran nama domain pada kuartal keempat tahun 2017,” kata VeriSign via detikNet dalam siaran persnya.

VeriSign menerbitkan Ikhtisari Industri Nama Domain yang berisikan data statistic dan analitik hasil riset mengenai industri nama domain untuk pengguna internet di seluruh dunia. Ikhtisar Nama Domain kuartal keempat 2018 dan kuartal sebelumnya juga tersedia dan dapat diperoleh di situs resminya.

Sumber refrensi:

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4491369/domain-internet-di-dunia-tembus-348-juta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel