Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Tidak Kecanduan, Begini Batasi Waktu Main Instagram

instagram
Instagram via pixabay.com
Seperti halnya bermain game, bermain sosial media juga bisa bikin penggunanya kecanduan. Kalau sudah seperti itu tentunya telah banyak waktu yang terbuang sia-sia. Meskipun main game ataupun sosial media sudah menjadi hal yang lumprah di era digital seperti sekarang, tapi jangan sampai keasyikan jadi malah melupakan hal penting lainnya.

Melihat fenomena seperti ini, Instagram tidak ingin penggunanya menjadi melupakan hal penting lainnya karena terlalu asyik memainkan sosial media besutannya.

Oleh karena itu, Instagram meluncurkan sebuah tool yang bisa digunakan pengguna untuk membatasi waktu bermain sosial media tersebut.

Berikut ini kami paparkan bagaiman caranya pengguna untuk membatasi waktu bermain di Instagram berdasrkan keterangan tertulis dari Instagram via Tekno Liputan6.com, Rabu (8/5/2019).

Pertama-tama pengguna harus membuka opsi Setting di aplikasi Instagram. Kemudian, pilih opsi "Your Activity", kemudian, pilih "Your Time on Facebook".

Di bagian paling atas, pengguna akan melihat dashboard yang berisi waktu rata-rata yang mereka habiskan untuk menggunakan Instagram. Di bawah dashboard, pengguna bisa mengatur pengingat harian untuk mengingat jika sudah mencapai waktu maksimal menggunakan Instagram di hari tersebut.

Menariknya, pengguna Instagram bisa merubah atau mengganti pengingat ini kapan saja. Selain itu, pengguna juga bisa mengetuk "Notification Settings" untuk mengakses pilihan "Mute Push Notifications" guna membatasi notifikasi dari Instagram pada waktu tertentu di mana pengguna tidak ingin diganggu.

Sbelumnya Instagrm juga prnah mengumumkan sebuah tool baru yang membantu pengguna mengatur seberapa lama waktu yang mereka habiskan di Instagram.

Tool yang dimaksud adalah activity dashboard. Instagram menyebut, mereka kini mmiliki sebuh peengingat hrian (reminder) an cara baru untuk membatasi notifikasi.

"Perangkat ini kami kembangkan lwat kolaborasi dengan pakar dn organisasi kesehatan mental dan para akademisi, didukung dengan riset mendalam dan saran langsung dari para pengguna Instagram menjadi waktu yang positif dan menginspirasi," kata Product Management Director Instagram Ameet Ranadive.

Ameet Ranadive juga mngatakan, dengan perangkat ini juga bisa digunakan untuk mendukung percakapan orngtua dan anak-anak tentang kebiasaan bermedia sosial yang tepat untuk mereka.

"Fitur ini bukan hanya menampilkan jumlah waktu yang Anda habiskan di Instagram, namun juga apa yang Anda nikmati di platform kami," kata Ameet Ranadive.

Dengan adanya tool ini dia berharap bisa membantu para pengguna Instagram lebih bijak untuk memnfaatkan waktu. Menurut Ameet Ranadive, kehadiran tool ini menjdi lngkah awal yang penting bagi Instagram.

"Kami akan terus melanjutkan usaha kami dalam membangun komunita yang aman, positif dan mendukung bagi semua pengguna kami," katanya.