Pengertian Layar OLED, AMOLED, Super AMOLED

Kemajuan teknologi sepertinya setiap tahunnya semakin meningkat. Tak terkecuali teknologi di sektor layar pada smartphone. Jika dulu LCD sudah terlihat canggih , sepertinya sekarang OLED, AMOLED dan Super AMOLED lah yang akan mengalahkan kecanggihannya.

Tapi apakah kamu sudah tau apa itu layar OLED, AMOLED dan Super AMOLED? Kalau belum tau, berikut ini fiturmedia.com jelaskan secara singkat yang dikutip dari berbagai sumber.


Pengertian Layar OLED, AMOLED, Super AMOLED
Kelebihan layar OLED yakni memiliki ketajaman warna

OLED


Yang pertama, Organic Light Emitting Diode atau disingkat OLED, merupakan layar dengan teknologi lebih baru, yang digunakan pada telpon pintar dan monitor. Teknologi OLED memiliki lapisan bahan organik, berbasis karbon, berada diantara dua lapisan atas dan pelat kaca.

Keunggulan OLED yakni memiliki kecepatan respon lebih cepat, sudut pandang lebih luas, memiliki kecerahan warna yang tinggi dan berat yang sangat ringan.

AMOLED

AMOLED adalah kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, merupakan tipe dari jenis layar OLED yang digunakan pada Smartphone yang memiliki kualitas tinggi. Layar AMOLED memiliki semua fitur yang dimiliki layar OLED.

Kelebihan yang dimiliki AMOLED diantaranya adalah memiliki warna yang cemerlang, kecerahan lebih tinggi, kekuatan baterai lebih baik, ketajaman dan desain dengan berat yang ringan.

Super AMOLED

Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode adalah jenis layar versi lanjutan dari tipe AMOLED yang dikembangkan oleh vendor Samsung.

Keunggulan layar ini ialah memiliki sensor sentuh pada layar itu sendiri, sebagai lawan dari sentuhan luar untuk menciptakan lapisan sentuhan sensitif yang terpisah. Layar Super AMOLED dibuat lebih tipis dan juga lebih rensponsif daripada layar tipe AMOLED lainnya.

Itulah yang dimaksud dengan Layar OLED, AMOLED dan Super AMOLED.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel