3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop atau Komputer


Apakah kamu pernah menghapus suatu file di laptop maupun komputer, lalu kamu ingin mengembalikannya lagi? Rasanya mustahil dan tidak mungkinkan kalau file yang sudah di hapus bisa dikembalikan lagi?

Ilustrasi via pixabay


Tenang teman-teman, file yang sudah kamu hapus sebenarnya masih bisa dikembalikan melalui RecycleBin, tapi bagaimana jika kamua sudah mengosongkan Recycle Bin atau membersihkan laptop maupun komputer menggunkan cleaner, tentunya file-file itu akan terhapus secara peramanen kan?

Tetap tenang, kamu tetap bisa mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen tersebut asalkan kamu tau caranya. Caranya tidak terlalu sulit, asalkan kamu memahami dengan seksama.

Berikut ini 3 cara mudah mengembalikan file yang terhapus di laptop atau komputer

1 Dengan Metode Backup dan Restore

Dengan metode ini kamu bisa mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop maupun komputer tanpa harus menggunakan software dan bisa digunakan untuk Windows 7, 8 dan 10. Tapi cara ini hanya bisa digunakan jika kalian memiliki data backup terbaru di Windows backup.

Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus dengan metode backup dan restore begini caranya. Klik menu Start atau lambang windows di pojok kiri bawah layar laptop maupun komputer,  kemudian Control Panel. Selanjutnya pilih opsi System and Maintenance dan pilih Backup and Restore.

Selanjutnya Klik Restore my files dan pilih Browse for files atau Browse for folder utuk memilih backup yang telah dibuat sebelumnya. Selanjutnya pilih lokasi atau folder tujuan untuk menyimpan file kamu.

2. Dengan Metode Restore Previous Versions

Kalau kamu menggunakan laptop maupun komputer Windows 7, 8 dan 10, kamu bisa mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan mengembalikan versi sebelumnya. Untuk melakukan metode pastikan File History kamu sudah aktif sebelumnya.

Caranya, cari folder tempat file atau folder yang telah terhapus secara permanen, lalu Klik kanan di folder tersebut dan pilih opsi Restore previous versions.

Kamu akan mendapati daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen.

3. Menggunakan Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Untuk yang ketiga ini kamu harus menggunakan bantuan aplikasi, yaitu EaseUS Data Recovery Wizard. Pertama-tama kamu harus unduh aplikasi dan install aplikasi tersebut. Lalu jalankan aplikasi tersebut seperti menjalankan aplikasi lainnya, pilih lokasi tempat file kamu yang sudah terhapus.

Klik lokasi tersebut dan pilih opsi Scan. Aplikasi ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih, nanti akan muncul hasil pemindaian akan ditampilkan di bagian Deleted files.

Selanjutnya pilih file yang ingin dikembalikan dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau perangkat baru. Langkah selanjutnya, klik OK untuk menyelesaikan proses ini.

Itulah tiga metode mengembalikan file yang sudah dihapus secara permanen. Semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop atau Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel