5 Tanda WhatsApp Kena Sadap

Aplikasi WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi pesan insatan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Pengguna WhatsApp seluruh dunia jumlahnya sungguh fantastis, yakni mencapai 1 miliar lebih. Itu artinya banyak data yang terkirim lewat aplikasi pesan instan ini seperti gambar, dokumen, video dan masih banyak lagi.

5 Tanda WhasApp Kena Sadap
Ilustrasi via pixabay

Namun sayangnya, fenomena ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab untuk melakukan pembajakan terhadap aplikasi tersebut. Mereka ingin menggali informasi maupun mencuri data para pengguna aplikasi tersebut. Pembajakan terhadap aplikasi sebenarnya bisa terdeteksi jika kita lebih jeli memperhatikan apa yang terjadi terhadap aplikasi pesan instan ini.

Berikut ini tanda-tanda kemungkinan besar WhatsApp kita disadap oleh orang yang kurang bertanggung jawab yang kami lansir dari kompas.

1. Pesan terbaca padahal kamu tidak pernah membukannya

Apabila kamu merasa belum membaca pesan seseorang tapi pada notifikasi pesan sudah hilang, kamu patut curiga. Harus diperhatikan secara seksakma apakah itu terjadi satu kali atau berulang kali. Apabila setiap pesan kamu tiba-tiba sudah terbaca, bisa jadi itu karena pesan tersebut sudah dibaca oleh pembajak.

2. Adanya pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan kamu

Setiap kamu menggunakan WhatsApp Web pada sebuahweb  browser, riwayat aksesnya akan tampak pada halaman WhatsApp Web.

Cara memantau riwayat tersebut, klik pada titik tiga di pojok kanan atas aplikasi, lalu pilih WhatsApp Web. Setelah itu akan muncul halaman riwayat pengguna Whats App kamu. Apabila ada akses dari browser yang tidak dikenal, kemungkinan besar pembajak memanfaatkan fitur ini untuk menyadap percakapan kamu.

3. WhatsApp tiba-tiba logout

Jika akun WhatsApp kamu tiba-tiba logout sendiri, bisa jadi itu tandanya WhatsApp kamu kena bajak. Ini bisa terjadi karena kode One Time Pasword atu OTP diberikan kepada pihak lain yang tidak diketahui identitasnya.

Yang perlu kita pahami yaitu satu akun WhatsApp hanya bisa dapat digunakan pada satu perangkat mobile saja. Untuk berpindah perangkat, memerlukan OTP yang akandikirim ke nomor pemilik akun. Untuk itu kita jangan sembarangan memberikan kode OTP tersebut ke oeang.

4. Ada aplikasi mencurigakan yang terinstall pada perangkat smartphone

Jika kamu menemukan aplikasi asing atau mencurigakan, padah sebelumnya kamu tidak merasa menginstal aplikasi tersebut, kemungkinan besar aplikasi itu alat semacam backdoor untuk menyusup ke smartphone kamu. Dengan begitu, penyadap leluasa untuk mengintai akun WhatsApp.

5. Ada pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan kamu

Jika akun WhatsApp kamu mengirim pesan sendiri, kemungkinan besar akun WhasApp kamu sedang di sadap.

Sumber referensi: Kompas

Belum ada Komentar untuk "5 Tanda WhatsApp Kena Sadap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel