Perbedaan Sony Xperia Docomo dengan Sony Xperia Global

Jika kamu hendak membeli smartphone Sony seri Xperia yang beredar di Indonesia, pasti kamu akan menemukan istilah Sony Docomo dan Sony Global.  Kadang-kadang orang yang tidak mengerti hal ini, tentu akan dibuat pusing tujuh keliling. Nah untuk itu, biar gak pusing tujuh keliling, berikut ini perbedaan antara Sony Docomo dengan Sony Global.

Sony Docomo/Wikimedia

Perbedaan Sony Docomo dengan Sony Global

Sony Docomo

Docomo adalah nama operator telekomunikasi yang bermarkas di Jepang. Perusahaan ini memiliki nama lengkap NTT Docomo yaitu anak perusahaan dari Nippon Telegraph dan Telephone (NTT). Sebenarnya Docomo adalah nama operator seperti yang ada di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat dan lain sebagainya. Docomo merupakan kependekan dari  Do Communications Over The Mobile Network.

Di Jepang sendiri, Docomo menjadi salah satu operator terbesar. Jadi yang pasti Docomo bukan perusahaan yang berfokus membuat smartphone melainkan label ulang. Jika kamu membeli Sony Xperia yang berlabel Docomo, sudah dipastikan smartphone itu berkerja sama dengan operator terbesar dari Jepang tersebut.

Selain itu, Sony Xperia yang memiliki label Docomo bukanlah smartphone Replika maupun smartphone KW, tetapi smarthone itu berasal dari Jepang.

Apa fungsi label Docomo pada Smartphone?

Pada dasarnya label Docomo yang melekat pada Sony Xperia tidak jauh berbeda dengan label operator yang ada di Indonesia. Ketika kita membeli smartphone dengan bundling operator, biasanya pembuat smartphone akan memberi label operator tersebut. Seperti halnya vendor Sony yang memberi label Docomo karena vendor tersebut berkerjasama dengan Docomo.

Bukan hanya Sony yang memiliki label Docomo

Sebenarnya label Docomo bukan hanya disematkan padasmartphone  Sony Xperia saja, tetapi smartphone lain juga ada seperti Samsung, tetapi kebanyakan yang beredar di Indonesia smartphone Sony seri Xperia.

Perbedaan Sony Docomo dengan Sony Global

Dilihat dari sisi spesifikasi, Sony Docomo dengan Global tidak jauh berbeda.  Hanya saja yang versi Docomo tidak memakai NFC, sedangkan yang versi Global memakai NFC.

Kelebihan yang dimiliki Sony versi Docomo


  1.  Harganya lebih terjangkau
  2. Docomo memiliki Spesifikasi yang lebih unggul diabndingkan dengan Global


Kekurangan yang dimiliki Sony versi Docomo


  1.  Jaringan 4G yang tidak bisa dipakai. Versi Docomo sudah disetting khusus untuk jaringan yang berada di Jepang. Itu artinya, ada beberapa device yang tidak mendukung untuk operator 4G di Indonesia. Meskipun demikian, ada beberapa versi Docomo yang bisa menggunakan jaringan 4G.
  2.  Tidak mudah untuk di root. Buat pengguna yang hobi otak-atik, Sony versi Docomo bisa menjadi tantangan tersendiri, pasalnya Docomo ini digadang-gadang sulit untuk di root.


Berikut ini cara cek versi Docomo atau Global

Biasanya Sony yang berlabel Docomo aka nada tulisan Docomo di smartphone itu sendiri, tapi tidak ada salahnya jika pengguna akan melakukan cek and ricek.

Melalui Dial

Ketik *#*#7378423#*#*

Silahkan pilih Service info

Cari configuration

Perhatikan tulisan yang berawal LTE, misalnya LTE_BC1, LTE_BC3 dan seterusnya. Jika jaringan LTEnya berurutan missal LTE_BC1, LTE_BC2, LTE_BC3, itu bisa dipastikan versi Global, tapi apabila loncat seperti LTE_BC18, LTE_BC21, LTE_BC23 itu bisa dipastikan versi Docomo.

Disadur dari berbagai sumber.

0 Response to "Perbedaan Sony Xperia Docomo dengan Sony Xperia Global"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel