5 Langkah Memaksimalkan Kinerja Tablet Android

Tablet yang memiliki performa baik akan nyaman
saat digunakan untuk aktifitas belajar maupun bekerja.
Gambar dari Flickr.

Ketika keadaan tablet masih baru, tentunya performa tablet masih baik, tidak lemot dan nyaman saat digunakan, tapi lambat laun, performa tablet itu akan semakin menurun. Itu terjadi karena beberapa faktor, seperti cache yang terus menumpuk, memori semakin terpenuhi, dan factor lainnya. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena menurunnya performa tablet bisa diatasi dan tablet akan memiliki performa yang lebih baik lagi.

Berikut 5 langkah memaksimalkan kinerja tablet android:

1. Hapus cache

Yang pertama adalah dengan menghapus cache. Bisa jadi cache yang sudah menumpuk di ruang data telah memperlambat kinerja tablet itu sendiri. Yang dimaksud cache disini yaitu berupa file ataupun data yang tersimpan didalam ruang data setelah membuka aplikasi seperti ketika melakukan jelejah internet lewat browser. Untuk itu hapuslah secara rutin cache itu agar kinerja tablet tetap baik.

Untuk menghapus cache pada tablet, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi seperti App Cache Cleaner dan Master Clean. Kedua aplikasi itu bisa diunduh di Play Store.

2. Hapus aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan

Sering kali pengguna menggunakan aplikasi atau game hanya untuk coba-coba saja. Setelahnya aplikasi atau game yang dirasa tidak penting lagi itu terbengkali begitu saja. Nah tanpa pengguna sadari, aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan itu bisa memenuhi memori pada tablet dan akhirnya hanya penggunaan memori menjadi mubazir. Untuk itu, lebih baik aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan itu di hapus saja dan bisa mempercepat kecepatan tablet.

3. Kurangi jumlah widget di layar

Memang kita akan dimudahkan ketika memasang widget dilayar utama, karena kita bisa dimudahkan ketika akan membuka aplikasi tertentu, tetapi tanpa disadari, terlalu banyak memasang widget bisa memperlambat kinerja tablet. Selain memperlambat kinerja tablet, penggunaan widget terlalu banyak bisa menguras energi baterai lebih cepat.
Untuk itu, lebih baik menggunakan widget yang penting-penting saja. Dengan begitu, kinerja tablet akan lebih baik.

4. Pantau sistem yang masih berjalan menggunakan Task Manager

Anda bisa memanfaatkan Task Manager untuk memantau sistem yang sedang berjalan. Aplikasi Task Manger biasanya sudah ada bawaan dari tablet. Jika di tablet itu tidak ada, pengguna tinggal download di Play Store. Dengan aplikasi ini pengguna bisa memonitor sistem yang sedang berjalan. Caranya buka Task Manager, lalu pilih Setting , pilih Application, dan pilih Running (tab).


5. Update Tablet Android (jika memungkinkan)

Jika ada pemberitahuan update pada perangkat lunak , sebaiknya ikuti langkahnya. Bisa jadi update perangkat lunak yang baru itu memiliki kinerja yang lebih baik dan menjaga kesetabilan tablet.

Jika tidak ada pemberitahuan update, pengguna bisa update secara manual. Caranya cukup mudah, masuk ke Pengaturan, klik Pembaruan Perangkat Lunak. Di beberapa versi, untuk melakukan pembaruan bisa masuk lewat Tentang Ponsel. Sebelum melakukan update pastikan baterai penuh dan koneksi internet tersedia.

Itulah lima langkah sederhana untuk memaksimalkan kinerja pada tablet android. Apabila pengguna tidak mengerti, sebaiknya pengguna bisa minta tolong pada orang yang sudah berpengalaman.


Disadur dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah Memaksimalkan Kinerja Tablet Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel