Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus Tau: Inilah Dampak Positif dan Negatif Bermain Game

Game merupakan salah satu hiburan yang paling diminati saat ini. Baik kalangan anak-anak hingga dewasa menyukainya. Terlebih lagi, aksesnya saat ini sudah semakin mudah dengan aneka macam pilihan jenisnya. Namun, ibarat pisau bermata dua, game juga memiliki dampak positif dan negatif. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

Ilustrasi bermain game

Dampak Positif Bermain Game

Banyak orang berpikir bahwa bermain game adalah hal yang membuang-buang waktu. Namun, dilihat dari sudut pandang lain, ada sejumlah dampak positif yang bisa dihasilkan dari bermain game. Ini dia ulasannya.

1. Mengurangi Stres

Penatnya aktivitas sehari-hari memerlukan penyegaran pikiran. Selain berlibur, bermain game adalah pilihan yang sering dilakukan. Karena aktivitas satu ini menyenangkan, tentu saja beban stres yang ada di pikiran seolah menghilang. Beberapa jenis permainan bahkan ada yang dikhususkan untuk merelaksasi pikiran. 

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Sejumlah permainan biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Bagi orang Indonesia, menguasai bahasa tersebut tentu bisa dilakukan dengan seringnya bermain game. Beberapa istilah asing pun akan terasa familiar karena ditampilkan di permainan. 

3. Menambah Teman

Game yang bisa dimainkan secara online biasanya harus menyertakan lebih dari satu pemain. Anda bisa mengajak rekan lain untuk bermain bersama-sama. Tak jarang, melalui permainan tersebut, seseorang bisa mendapatkan teman baru, baik dari satu kota hingga luar negeri.

Bahkan, karena solidnya pertemanan, ada komunitas-komunitas khusus gamers. Komunitas tersebut bertujuan untuk menjaga solidaritas antar pemain serta menambah relasi yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan sosial. Jika banyak yang menyebut bermain game membuat orang menjadi antisosial, nyatanya hal tersebut tidak berlaku dengan adanya komunitas tersebut. 

Dampak Negatif Bermain Game

Mengulas dampak positif belum lengkap tanpa tahu apa saja dampak negatif dari bermain game. Berikut ini beberapa hal yang merupakan dampak buruk jika terlalu sering bermain game. 

1. Kecanduan

Apabila terlalu sering bermain game dan bahkan seolah tidak mau lepas dari gawai hanya untuk bermain, bisa dikatakan seseorang sudah berada dalam tahap kecanduan. Game memang bisa menjadi candu layaknya obat-obatan terlarang dan segala hal berbau nikotin. Efek adiktifnya tidak boleh diremehkan karena bisa berpengaruh pada perilaku serta kesehatan fisik dan mental. 

2. Malas

Seseorang yang sudah kecanduan ngegame akan menjadi lebih malas. Seolah pikirannya sehari-hari hanya berkutat pada semua hal tentang permainan sehingga aktivitas lain hanya dikerjakan sekenanya saja. Jika rasa malas sudah menghinggapi karena dampak game, kehidupan pun akan terasa berantakan. 

3. Kurang Produktif

Karena membuat seseorang malas, game nyatanya juga menjadikan seseorang kurang produktif. Misalnya saja, waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan untuk bermain. Hal ini juga bisa dialami oleh pekerja yang kecanduan game. Bisa jadi, saat jam kerja, Anda bukannya menjalankan kewajiban, tetapi justru sibuk dengan gawai. 

Setiap hal memang memiliki dampak positif maupun negatif, tinggal bagaimana menerapkannya secara bijak dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk jika hendak bermain game, lebih baik atur waktunya agar tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Harus Tau: Inilah Dampak Positif dan Negatif Bermain Game"