Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Pendiri Tokopedia, Berawal dari Jaga Warnet

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia
Flickr/World Economic Forum

Tokopedia, aplikasi e-commerce yang satu ini telah mengambil banyak hati masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya aplikasi marketplace lain seperti Bukalapak dan Shopee, Tokopedia tetap eksis menjadi salah satu idaman masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya.

Tak jarang, kalimat “Tokopedia berasal dari negara apa?”, sering dipertanyakan. Padahal, Tokopedia merupakan aplikasi asli buatan anak dalam negeri. Tapi, banyak orang yang mengira bahwa aplikasi marketplace ini berasal dari luar negeri.

William Tanuwijaya adalah salah satu pendiri aplikasi Tokopedia. Beliau lahir pada tanggal 11 November 1981 dan besar di Siantar sebelum pergi merantau ke Jakarta untuk meneruskan jenjang sarjananya. 

Berasal dari keluarga sederhana, orang tua William melakukan perjuangan keras untuk dapat menyekolahkan anaknya pada tempat yang terbaik. Oleh karena itu, ia merantau ke Jakarta untuk meneruskan sekolahnya.

Awal Karir Founder Tokopedia

Pertanyaan seperti “Mengapa William Tanuwijaya Bisa Sukses?”, “William Tanuwijaya Sukses dalam Bidang Apa?” sering dipertanyakan orang yang melihat kesuksesannya sekarang. Padahal, ia tidak menggapai kesuksesan tersebut dengan mudah.

Mulai dari perjalanannya untuk meneruskan kuliah di Jakarta, ia harus menempuh perjalanan menggunakan kapal laut selama empat hari untuk sampai di Jakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Bina Nusantara untuk memupuk ilmu serta membangun kariernya.

Pemilik Tokopedia ini merupakan anak rantau, bekerja menjadi penjaga warnet sambil melanjutkan kuliahnya hingga lulus. Setelah lulus dari BINUS, ia melanjutkan kariernya dengan bekerja pada salah satu perusahaan, ia menjadi pengembang website. 

Dari saat itu mimpi William mulai muncul untuk bisa memiliki perusahaan sendiri yang bergerak dalam bidang teknologi. Salah satunya adalah ide untuk memiliki website jual beli online yang berkonsep layaknya marketplace yang sederhana, terpercaya, serta gratis.

Kisah Perjuangan Membangun dan Mengembangkan Tokopedia

Perjuangan CEO Tokopedia untuk membangun Tokopedia dimulai bersama kawannya yang bernama Leontinus Alpha Edison. Keduanya bermimpi untuk dapat membuat sebuah website yang bisa menghubungkan banyak penjual dan pembeli secara gratis.

Dimulai pada tahun 2007, akhirnya perjuangan William untuk membangun Tokopedia mulai terlihat hasilnya dengan diluncurkannya aplikasi tersebut pada tahun 2009. 

Perjuangan ini berlangsung cukup sulit, karena banyak orang yang tidak percaya dan menganggap remeh impian William. Namun, dengan tekad yang kuat William dapat menemukan investor dan dapat membangun mimpinya tersebut hingga sukses seperti sekarang ini.

Tidak lama dari peluncuran Tokopedia secara resmi kepada publik pada 17 Agustus 2009, Tokopedia mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia. Rating dari Tokopedia juga selalu bagus, tidak pernah jauh dari 4.7 pada Play Store mau pun App Store. 

Bahkan, kini Tokopedia bisa menggandeng boy group ternama seperti BTS dari Korea sebagai brand ambassador-nya. Adanya BTS ini membuat kepopuleran dan pendapatan Tokopedia menjadi sangat meningkat. 

Sekarang ini, Tokopedia telah menjadi startup unicorn kelas dunia bersama dengan Gojek, yang tentunya membanggakan bagi Indonesia. Tak hanya itu, biografi dari pendiri Tokopedia seperti William dan Leontinus juga menjadi inspirasi banyak anak muda untuk mewujudkan mimpinya.  

Itulah kisah inspiratif pendiri Tokopedia, Ingatlah jika semuanya membutuhkan perjuangan besar, mimpi dan kepercayaan yang kuat guna bisa mencapai tujuan. Oleh karena itu, Anda harus berusaha dengan keras untuk bisa menjadi sukses, karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Pendiri Tokopedia, Berawal dari Jaga Warnet"