Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Pendiri Gojek, Startup Decacorn Indonesia

Nadiem Makarim, Founder Gojek
Flickr/World Economic Forum

Aplikasi jasa transportasi roda dua, Gojek, telah berkembang menjadi perusahaan startup decacorn. Bagaimana ya kisah inspiratif pendiri Gojek untuk bisa menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini? Berikut ini kisah perjalanan Gojek sampai menjadi perusahaan besar.

Biografi Nadiem Makarim

Nadiem Makarim memang berasal dari keluarga yang berkecukupan, ia lahir pada 4 Juli 1984. Nadiem Makarim memulai sekolah dasarnya di Jakarta dan meneruskan ke Singapura.

Makarim akhirnya menyelesaikan pendidikannya di Brown University, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar MBA (Master of Business Administration) dari Harvard Business School, Harvard University.

Sebelum memulai bisnis sendiri, Nadiem Makarim pernah bekerja pada sebuah konsultan ternama yang bernama Mckinsey & Company di Jakarta. Kemudian, setelah bekerja selama 3 tahun di perusahaan tersebut, ia pindah ke Zalora Indonesia.

Nadiem menjabat sebagai Co-founder, sebelum akhirnya berlabuh ke Kartuku dan bekerja menjadi Chief Innovation Officer. Baru setelah itu, kisah inspiratif pendiri Gojek ini pun mulai dikenal masyarakat dan banyak memberikan inspirasi.

Awal Mula Sejarah Berdirinya Gojek

Dengan pengalaman bekerjanya yang cukup banyak, suatu waktu akhirnya ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan yang selama ini ia lakukan setiap hari. Hal ini tidak terlepas dari ide yang sangat berlian yang muncul pada pikirannya setiap melihat kemacetan yang terjadi di Jakarta.

Nadiem Makarim yang seorang pengguna ojek pangkalan merasa adanya peluang dari transportasi tersebut. Setelah melakukan obrolan dengan beberapa ojek yang menyatakan bahwa waktu mereka lebih banyak habis untuk menunggu penumpang dan giliran dari ojek lainnya, ia mendapatkan sebuah ide.

Ide brilian dari Nadiem tersebut adalah untuk membuat jasa transportasi roda dua yang aman, nyaman dan tentunya mudah untuk ditemukan dan diakses oleh siapa saja yang membutuhkan. Ia merasa peluang tersebut sangat besar.

Sehingga, ia ingin membuat sistem yang bisa mengakomodasi hal tersebut. Dengan adanya jasa transportasi roda dua ini, Nadiem berencana ingin membantu para calon penumpang untuk mendapatkan kebutuhan dan keamanan selama perjalanan.

Perkembangan Gojek

Peluncuran Gojek pertama kali pada tahun 2011 mendapatkan antusias yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Karena, aplikasi ini dianggap sebagai terobosan yang bisa memecahkan masalah transportasi di Indonesia.

Perkembangan Gojek pun semakin hari semakin meningkat hingga pada tahun 2014, Gojek mendapatkan suntikan dana dari Northstar Group Singapura untuk mengembangkan sistem buatan Nadiem Makarim tersebut.

Gojek mengalami popularitas yang sangat tinggi, memulai dengan 20 driver, kini driver Gojek telah memiliki puluhan juta driver yang terbagi dalam dua kategori yaitu Go-Jek dan Go-Car. Gojek pun melebarkan sayapnya dengan memiliki banyak fitur.

Misalnya seperti Go-Food, Go-Send, Go-Mart dan masih banyak lagi. Semua fitur tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat Indonesia, karena dapat memudahkan aktivitas mereka sehari-hari.

Kisah inspiratif pendiri Gojek tak hanya sebatas memberikan layanan jasa transportasi saja. Pada tahun 2016, Gojek resmi meluncurkan sistem pembayarannya sendiri yang bernama Go-Pay dan sukses menjadi salah satu pelopor dompet digital Indonesia.

Aplikasi gojek sudah hampir bisa digunakan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta orang dengan pengguna mencapai 38 juta yang membuatnya menjadi aplikasi jasa roda dua nomor satu Indonesia, dan Grab pada posisi kedua.

Kini, Nadiem Makarim telah melepaskan Gojek dan mempercayakan kepada Kevin Aluwi sebagai Co-CEO. Karena, Nadiem ingin mengabdi kepada negeri Indonesia dengan menjadi Menteri Pendidikan periode 2019-2024

Setelah mendengar kisah inspiratif pendiri Gojek ini, Anda harus lebih percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Karena semua yang Anda usahakan dengan sepenuh hati akan membuat Anda mendapatkan hasil yang selalu Anda harapkan.

Posting Komentar untuk " Kisah Inspiratif Pendiri Gojek, Startup Decacorn Indonesia"