Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa UMKM Harus Memanfaatkan Digital Marketing?

Digital marketing kian populer di kalangan para pengusaha, khususnya para pejuang UMKM. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa UMKM perlu menerapkan digital marketing Nyatanya, ada banyak sekali alasan kenapa UMKM harus memanfaatkan digital marketing. Berikut pembahasannya.

Pemasaran digital
Memanfaatkan digital marketing, kita bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.
Gambar dari Pixabay

Kenapa Harus Pakai Digital Marketing?

Saat ini, ada banyak strategi dan contoh pemasaran digital yang bisa Anda lihat di internet. Digital marketing sendiri sangat penting bagi para pengusaha yang baru merintis bisnis, apalagi di era pandemi. Untungnya saja, sudah banyak pengusaha yang sadar akan pentingnya digital marketing.

1. Membangun Relasi

Alasan pertama adalah karena digital marketing mampu membangun interaksi langsung antara penjual dengan pembeli. Anda bisa menggunakan teknik social media marketing atau website marketing. Lewat kedua sarana ini, perusahaan bisa memberikan informasi dan update terbaru kepada pelanggan secara real time.

Dengan adanya digital marketing, masyarakat akan mengetahui berbagai produk yang ditawarkan, sehingga tercipta suatu loyalitas pasar. Alhasil, peluang pasar yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar.

2. Meningkatkan Peluang Usaha

Seiring berjalannya waktu, pengguna internet semakin bertambah. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar.

Kombinasi digital marketing lewat website, media sosial, iklan, dan penerapan teknik SEO kerap digunakan untuk mendapat peluang pasar yang lebih luas.

Teknik SEO sendiri merupakan cara yang digunakan pengusaha untuk menulis konten menarik agar berada di halaman satu pencarian Google. Pada tahun 2020 lalu, statistik menyebut sekitar 64% praktisi digital marketing menginvestasikan strateginya untuk SEO.

3. Memperluas Target Pasar

Mengapa aplikasi sosial media penting untuk pelaku UMKM? Tentu saja jawabannya adalah karena media sosial dapat memperluas jaringan dan target pasar. Pasalnya, sosial media digunakan oleh berbagai usia, kalangan, agama, ras, dan budaya yang berbeda.

Kemudian, mengapa digital marketing melalui sosial media berperan penting pada pengembangan bisnis UKM? Hal ini dikarenakan media sosial dapat memfokuskan potensi pembeli

yang memiliki ketertarikan dengan produk yang ditawarkan. Dengan terbentuknya forum sesama penyuka suatu produk, orang yang tidak suka pun bisa ikut terpengaruh.

4. Menghemat Biaya

Alasan kenapa UMKM harus memanfaatkan digital marketing selanjutnya adalah karena lebih

menghemat biaya. Meskipun jauh lebih efektif, nyatanya biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran digital jauh lebih kecil daripada biaya pemasaran konvensional.

Dari digital marketing, Anda bisa memasarkan berbagai produk lewat media sosial atau email. Jadi, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih untuk menyewa billboard, mencetak brosur, dan lain sebagainya.

Berdasarkan hasil survey Gartner Digital, 40% responden merasa bahwa digital marketing sangat menghemat biaya.

5. Meningkatkan Pendapatan

Selanjutnya, digital marketing dapat membantu pertumbuhan bisnis UMKM, sehingga potensi Anda untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak semakin tinggi. Hal ini sudah disampaikan sendiri oleh pihak Google.

Menurut pendapat Google, perusahaan yang mampu mengaplikasikan strategi digital marketing dengan baik memiliki pertumbuhan pendapatan mencapai 2,8 kali. Sementara itu, perusahaan

UMKM cenderung mengalami pertumbuhan pendapatan yang lebih besar, yakni sekitar 3,3 kali.

6. Dapat Melacak Perilaku Konsumen

Terakhir, digital marketing memiliki kemampuan untuk melacak perilaku konsumen. Jadi, bisnis Anda bisa mengikuti trend yang sedang viral ditengah masyarakat. Untuk melacak perilaku konsumen, Anda bisa memakai fitur kecerdasan buatan.

Selain itu, Anda juga bisa memasukan dua teknik promosi, yakni secara digital dan konvensional. Gabungan dari dua cara ini dapat meningkatkan engagement konsumen mencapai 89%.

Sekarang, Anda sudah tahu kenapa UMKM harus memanfaatkan digital marketing.

Setelah ini, coba cari berbagai strategi digital marketing, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan memanfaatkan digital marketing secara optimal, bukan hal yang mustahil untuk meraup keuntungan fantastis.

Posting Komentar untuk "Kenapa UMKM Harus Memanfaatkan Digital Marketing?"