Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Digital Marketing dan Penjelasannya

Digital marketing sudah semakin familiar di telinga Anda. Teknik pemasaran yang satu ini terus berkembang seiring bertambahnya waktu dan kemajuan teknologi.

Ada macam-macam digital marketing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut informasi selengkapnya.


(Gambar dari Pixabay)

Apa Itu Digital Marketing dan Contohnya?

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, tentu saja digital marketing jauh lebih efektif dan efisien. Lantas, apa itu digital marketing dan jenisnya? Digital marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang menggunakan alat digital dan kemajuan teknologi.

Contoh digital marketing juga cukup beraneka ragam. Misalnya saja, iklan di televisi, poster media sosial, banner website, dan lain sebagainya. Pembahasan mengenai jenis digital marketing akan dijelaskan pada poin setelah ini.

Mengenal Macam-macam Digital Marketing

Sudah disebutkan sebelumnya, digital marketing memiliki banyak jenis atau teknik seiring berjalannya waktu. Dalam teknik pemasaran ini, Anda juga akan mengenal istilah campaign.

Apa itu campaign dalam digital marketing? Campaign merupakan teknik atau strategi promosi yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Berapa total macam-macam teknik dalam digital marketing? Totalnya, ada 7 teknik digital marketing, yakni:

1. Email Marketing

Umumnya, email marketing digunakan untuk promosi yang bersifat langsung, seperti menyampaikan update atau informasi tertentu. Selain itu, email marketing juga dapat digunakan sebagai media interaksi antara Anda dengan pelanggan.

2. Instant Messaging Marketing

Kini, hampir seluruh populasi dunia menggunakan aplikasi instant messaging, seperti LINE, WhatsApp, maupun Facebook Messenger. Berdasarkan data dari Kominfo, jumlah pengguna WhatsApp di Tanah Air per 2019 saja suda mencapai 171 juta jiwa.

Bila Anda ingin mencapai target yang lebih personal, maka instant messaging dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Dibandingkan lewat email dan SMS, orang akan lebih mempercayai informasi dari aplikasi chatting.

3. Pay Per Click

Teknik promosi selanjutnya merupakan model periklanan dari mesin pencari layaknya Google. Model ini digunakan supaya website jualan Anda bisa muncul di halaman pertama pencarian Google dengan cara berbayar.

Jadi, setiap toko online Anda di klik, Anda akan mendapat tagihan. Biayanya sendiri sangat bergantung pada kualitas dan kata kunci yang dipilih. Strategi ini terbukti sangat efektif untuk menawarkan suatu promo.

4. Search Engine Optimization

SEO sebenarnya hampir mirip dengan pay per click, hanya saja cara ini dilakukan secara gratis. Tujuannya juga sama, yakni untuk mengoptimasi agar website berada di ranking 1 pencarian Google. 

Dengan menerapkan teknik SEO, website Anda berkesempatan untuk mendapat traffic yang tinggi. Selain itu, efek SEO juga dapat Anda rasakan untuk jangka panjang.

5. Social Media Marketing

Selanjutnya adalah social media marketing. Lewat sosial media, Anda bisa menarik perhatian pembeli, meningkatkan brand awareness, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

6. Affiliate Marketing

Keenam, ada affiliate marketing. Cara ini sangat efektif untuk menjadikan bisnis dikenal lebih banyak orang. Dalam affiliate marketing, Anda akan memiliki partner, seperti influencer.

Kolaborasi antara Anda dan partner tersebut bisa banyak bentuknya, mulai dari konten blog, mediasosial, kode diskon, dan masih banyak lagi. Sayangnya, model marketing yang satu ini membutuhkan budget yang tidak sedikit.

7. Content Marketing

Terakhir, ada content marketing. Fokus dari digital marketing ini adalah pembuatan dan

pendistribusian konten dari bisnis kepada target customer. Tipe marketing ini sangat menekankan

nilai, konsistensi, relevansi, dan engaging bagi audiens.

Anda bisa menarik pelanggan dengan mudah jika membuat konten yang dibutuhkan para audiens.

Untuk sekarang, rata-rata bisnis membuat konten lewat video, blog, e-book, dan podcast.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam digital marketing. Jika Anda mampu menerapkan teknik digital marketing yang baik dan benar, maka tujuan Anda akan tercapai. Bahkan, Anda bisa meraup keuntungan yang jauh lebih besar berkali kali lipat.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Digital Marketing dan Penjelasannya"