Tuesday, October 3, 2017

Deretan Developer Game Ternama Di Dunia

Anda seorang gamer? Kenalin nih, deretan developer game ternama yang harus Anda ketahui. Developer ini telah mengembangkan game-game yang sangat keren dan tentunya sudah populer. Ya sudah, langsung saja ke intinya, berikut ini deretan developer game ternama di dunia yang harus Anda ketahui:

1. Gameloft

Logo gameloft via wikimedia.org

Siapa yang tak kenal dengan gameloft? Developer asal prancis ini telah menerbitkan banyak game yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para gamer. Salah satu game yang bisa di mainkan di smart phone yaitu Asphlat yang tentunya memiliki grafik yang memukau.

Gameloft di dirikan di Prancis tepatnya di kota Paris pada tahun 2000 oleh Guillemot bersaudara, yang juga para pendiri perusahaan video game terbesar, yaitu Ubisoft. Perusahaan ini mengeklaim sebagai pemain industri entertaintment mobile terbesar.

Gameloft sendiri memfokuskan untuk membuat video game telepon genggam, smart phone, brew, symbian OS, komputer tablet yang mempunyai sistem java, iOS, Android, windows phone, dan bada OS.

Game-game keluaran gameloft di antaranya sebagai berikut:

-N.O.V.A
-Gangstar
-Modern Combat
-Real Football
-Real Football Manager
-Asphalt
-Assasin's Creed
-GT Racing
-DLL

2. EA (Electronic Arts)

EA via wikimedia.org

Buat Anda pecinta game bola, pasti sudah tidak asing lagi dengan game bola yang satu ini, yaitu FIFA. Apakah Anda sudah tau kalau FIFA di kembangkan oleh EA Games?

EA adalah sebuah perusahaan multinasional yang telah melahirkan beragam macam produk multimedia. Perusahaan ini di dirikan pada tanggal 28 mei 1982. Sang pendiri perusahaan ini ialah William M. 'Trip Hawkins lll. Kantor pusat perusahaan ini di Redwood City, California, Amerika Serikat.

Selain FIFA, EA games juga sudah membuat banyak game populer lainnya, di antaranya sebagai berikut:

-Need For Speed: Hot Pir Suit
-Need For Speed: Most Wanted
-Plant VS Zombie
-Real Racing
-TheSims
-DLL

3. Ubisoft

Logo Ubisoft via wikimedia.org


Ubisoft adalah sebuah perusahaan video game, yang berpusat di Rennes, Prancis. Ubisoft sendiri telah membuka cabang dengan jumlah 25 studio dan tersebar di 17 Negara. Dan anak perusahaannya tersebar di 26 Negara. Ubisoft juga merupakan perusahaan video game terbesar ke-empat di dunia pada tahun 2009.

Ubisoft di dirikan pada tahun 1986 oleh lima bersaudara dari keluarga Guillemot di Prancis. Beberapa game yang di buat Ubisoft di antaranya sebagai berikut:

-Assasin's Creed
-Prince Of Persia
-Watch Dogs
-Driver
-Rappids
-DLL


4. RockStar Games

Logo Rockstar Game via wikimedia.org


Gamer mana yang tak kenal dengan game GTA (Grand Theft Auto), game jenis open-world ini adalah salah satu game populer yang di buat oleh RockStar.

RockStar pertama kali di dirikan di NewYork City pada tahun 1998 oleh produsen video game Britania Raya, Sam Houser, Dan Houser, Terry Donovon, Jamie King, Gary Foreman.

Salah satu game yang di kembangkan RockStar di antaranya sebagai berikut:

-GTA (Grand Theft Auto)
-Bully
-Red Dead
-Midnight Club
-Max Payne
-Manhunt Seri

5. Konami

Konami via wikimedia.org

Selain FIFA, ada lagi nih game bola sering di mainkan. Apa lagi kalau bukan PES (Pro Evolution Soccer). Lihat tuh pas nongkrong di rental game PS, pasti banyak yang mainkan game bola PES ini. Pasti Anda juga pernah kan main game ini?

PES  (Pro Evolution Soccer) sendiri di kembangkan oleh Konami, salah satu perusahaan yang telah membuat banyak game. Konami di dirikan pada tanggal 21 maret 1969 oleh Kagemaza Kozuki.

Perusahaan ini merupakan sebuah bisnis rental/perbaikan gramophon otomatis di Toyonaka, Osaka. Konami mengubah perusahaan mereka dari rental gramophon menjadi pembuat mesin arcade pada tanggal 19 maret 1973. Mereka baru bisa meraup kesuksesan pada tahun 1981 dengan permainan fogger, scramble dan super cobra.

Berikut daftar game yang sudah di buat Konami:

-PES (Pro Evolution Soccer)
-Winning Eleven
-Dance-Dance Revolution
-Cashvania
-Contra
-DLL


6. Namco Bandai

Logo NamcoBandai via wikimedia.org


Namco Bandai di dirikan pada tahun 1955 di Jepang. Tepatnya pada bulan Mei tahun 2005, di umumkan bahwa Namco dan pembuat mainan Bandai bergabung dan pada akhirnya membentuk erusahaan baru yang di sebut Namco Bandai Holdings Inc.

Beberapa game yang sudah di buat Namco Bandai di antaranya sebagai berikut:

-Pac-Man
-Tekken
-Time Crisis
-Ace Combat
-Ridger Racer
-Wangan Midnight
-DLL


7. Sega

Logo Sega via wikimedia.org


Sega adalah perusahaan software dan game yang berasal dari Jepang. Sega pernah membuat konsole game yang populer di era 90-an, namun berhenti karena kalah bersaing pada tahun 2001. Pada akhirnya mereka lebih fokus pada software game.

Salah satu game yang telah di buat di antaranya sebagi berikut:

-Sonic
-Virtual Fighter
-The House Of The dead
-Sakura Wars
-DLL

8. Nintendo

Logo Nintendo via wikimedia.org


Wah, kalau yang ini bisa di bilang dedengkotnya, karena Nintendo ini bisa di bilang sudah sangat berpengalaman di dunia game. Masih ingatkah Anda dengan Super Mario Bros? Ya, game Super Mario Bros adalah suatu permainan platform yang di kembangkan dan di terbitkan oleh Nintendo pada akhir tahun 1985 untuk konsol NES (Nintendo Entertainment System)

Nintendo sendiri adalah sebuah perusahaan multinasional yang di dirikan tanggal 23 september 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda, yang di gunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang sama.

Pada pertengahan abad kedua puluh, Nintendo mencoba beberapa bisnis khusus yang kecil, seperti sebuah penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah perusahaan video game dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini.

Beberapa game yang di kembangkan Nintendo di antaranya sebagai berikut:

-Super Mario
-Metroid
-Kirby's Dream Land
-Animal Crossing
-Match-3 Puzzle
-DLL

9. Capcom

Logo Capcom via wikimedia.org


Capcom di dirikan pada tahun 1979 oleh perusahaan pengembang dan distributor video game Japan Capsule Computer. Nama "Capcom" merupakan akronim  dari Capsule Computer.

Video game pertama yang di buat Capcom adalah Vulgus yang di rilis pada tahun 1984. Sejak itulah Capcom menerbitkan banyak video game yang pada waktu itu umumnya di tujukan untuk di mainkan mesin-mesin arcade.

Menariknya, Capcom membuat video game yang mengambil tokoh-tokoh dari serial komik populer yaitu Marvel's Comics. Hasil permainan yang bekerja sama dengan komik marvel umumnya jenis permainan pertarungan dan side-scrolling.

Berikut ini beberapa game yang sudah di kembangkan Capcom:

-Street Fighter
-Street Fighter ll
-Mortal Kombat
-MegaMan
-X-Men VS street Fighter
-Marvel VS Capcom
-Marvel vs Capcom 2
-DLL

10. Noughty Dog

Noughty Dog via wikimedia.com


Masih ingatkah dengan game serial Crash Bandi Coot? Ya, game serial Crash Bandi Coot sendiri di kembangkan oleh sebuah devoloper asal Santa Monica, California, Amerika serikat, yaitu Noughty Dog.

Pendiri Noughty Dog adalah Andy Gavin dan Jason Rubin pada tahun1986. Beberapa game yang di buat Noughty Dog di antaranya sebagai berikut:

-Crash Bandi Coot
-Uncharted: Drake's Fortune, Jak & Daxter
-DLL

11. Square Enix

Logo SquareEnix via wikimedia.org


Square Enix adalah sebuah produsen video game dan manga Jepang. Square Enix sangat di kenal untuk seri permainan role-playing gamenya, termasuk Final Fantasy dan seri Dragon Quest.

Square Enix sendiri adalah hasil dari gabungan perusahaan Square CO, Ltd dan Enix pada tanggal 1 April 2003.

Beberaa game yang sudah di buat di antaranya sebagai berikut:

-Final Fantasy
-Dragon Quest
-Kingdom Hearts
-DLL

Itulah beberapa deretan Devoloper Game teratas yang ada di dunia yang telah berkontribusi banyak untuk kemajuan teknologi game. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber refrensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gameloft
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Electronic_Arts
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ubisoft
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rockstar_Games
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Konami
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Namco
https://gamesetting.blogspot.in/2014/07/perusahaan-game-terbesar-dunia-html
http://m.kotakgame.com/detailspecial.php?id:1288&page2=#pg
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Capcom
https://id.m.wikipedia.org/wiki/square_enix

0 komentar

Post a Comment