Cara Mengatur Only 3G Ataupun 2G Pada Windows Phone

Sebelum ke inti pembahasan, kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman pada kalian terutama yang menggunakan Windows phone. Mungkin Anda merasakan gak, kenapa saat berada di tempat yang jauh dari BTS ( Tower Sinyal) merasa kesulitan mengakses ke internet? Itu  ternyata, Windows phone ini mugkin memiliki teknologi tertentu untuk memilih jaringan internet yang tepat.

Begini penjelasannya, Windows phone kita akan merasa lancar mengkakses ke internet menggunakan jaringan 2G jika kita berada di tempat yang jauh dari BTS, misal di perdesaan. Karena jaringan yang tersedia di perdesaan itu hanya 2G. Tetapi, jika kita memaksakan menggunakan 3G, kita akan merasa lemot untuk mengakses ke internet.

Jadi intinya, lebih baik kita menggunakan jaringan 2G saat jauh dari BTS, karena itu akan lebih stabil, di bandingkan memaksakan menggunakan jaringan 3G yang tidak bisa di jangkau oleh operator kita.

Selain itu, jika kita memaksakan menggunakan jaringan 3G saat jauh dari jangkauan sinyal 3G, akan membuat Windows phone kita akan cepat panas, karena Windows phone kita akan bekerja keras mencari jaringan 3G. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita berada jauh dari jangkaun jaringan 3G, lebih mengutamakan jaringan 2G saja, karena itu lebih stabil.

Berikut ini cara mengatur jaringan only 2G maupun only 3G

Pertama, buka Pengaturan.



Setelah masuk ke pengaturan, pilihlah Seluler+SIM.


Setelah masuk ke Seluler+SIM, ketuk pilihan 'kecepatan koneksi tertinggi'.


Seperti gambar di atas, Anda akan di beri pilihan, 2G dan 3G. Pilihlah seperti yang Anda inginkan.

Menurut saya pribadi yang juga menggunakan windows phone dan tinggal jauh dari BTS, lebih memilih 2G karena sudah cukup baik kalau hanya untuk sekedar browsing, facebookan menggunakan UC Browser. Tapi kalau menggunakan Browser bawaan, akan terasa berat saat mengakses ke jaringan internet.

Anda bisa menggantinya ke jaringan 3G saat berada di jangkaun 3G.

Itulah tips cara mengatur only 2G ataupun 3G pada Windows phone. Semoga membantu. Good Luck.



Baca juga  : Game FPS windows phone yang ringan
                  : Fitur yang jarang di gunakan di windows phone
                  : Tips trick windows phone
                  : Aplikasi untuk bermain musik untuk windows phone

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel