Cara Ping lewat Windowsphone


Mungkin bagi Anda yang sudah mempelajari dunia IT sudah tidak asing lagi dengan kata ping, tapi bagi yang masih awam mungkin tidak mengerti apa yang di maksud dengan ping. Meskipun di aplikasi seperti BBM juga ada fitur yang bisa di gunakan untuk melakukan ping. Lalu apa sebenarnya itu ping? Dari pada penasaran, saya akan memberikan sedikit pemahaman apa itu ping yang saya kutip dari salah satu buku tentang komputer.

Ping adalah singkatan dari Packet Internet Groper yang di gunakan untuk mengecek konektivitas jaringan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) atau berapa lama waktu untuk mengirimkan sejumlah data tertentu dari satu komputer ke komputer lainnya, sehingga bisa di ketahui seberapa baik kualitasnya. Ping bekerja dengan cara mengirimkan sebuah paket ICMP (Internet Control Message Protocol) ke komputer yang hendak di hubungi, kemudian menunggu respon dari komputer tujuan. Apabila komputer target memberikan respon, boleh di bilang adanya hubungan antara kedua komputer tersebut. Perintah dari ping ini akan menunjukan jumlah datagram yang hilang sewaktu berkomunikasi dan time to live (TTL).

"Lah itu kan harus pakai CMD Prompt !!!, emang bisa lewat Smartphone?"

"Bisa, tapi harus pakai aplikasi."

"343#$%$^%^&"

Ya sudah langsung aja ke intinya. Berikut ini aplikasi yang saya rekomendasikan untuk melakukan ping lewat Smartphone, salah satunya Windows Phone.

1. Pseudo Ping



Pseudo ping ini aplikasi yang sederhana, di dalamnya hanya ada satu fitur, yaitu untuk melakukan ping saja. Di aplikasi ini Anda juga bisa memilih di sertai suara atau tidak saat melakukan ping.

2. Ping Tester



Ini juga hampir sama dengan Pseudo Ping, aplikasinya sederhana. Yang membedakan dengan Pseudo Ping, di Ping Tester ini tidak bisa di sertai dengan suara saat melakukan ping, dan tampilan hasil data ping juga berbeda, tapi tujuannya sama yaitu untuk melakukan ping.

3.Arcadian Scan



Arcadian Scan ini bisa di katakan lengkap fiturnya, selain melakukan ping, Anda juga bisa mencoba berbagai fitur di dalamnya, seperti port scaning, socket scaning, converter, port info dan shell yang mirip CMD Prompt.

4. Admin Tools



Admin Tools ini juga komplit fiturnya. Selain melakukan ping, Anda juga bisa melakukan berbagai hal lewat aplikasi ini. Seperti My IP address, geo IP, reverse lookup, subnet calculator dan dns client.

5. NetScan Tools



Ini juga keren, selain bisa di gunakan untuk ping, aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk melakukan whois. Dengan whois Anda bisa mengetahui berbagai informasi tentang situs web. Seperti pemilik situs web, dan banyak lagi.

Gimana, keren, 'kan?

Itulah lima aplikasi yang saya rekomendasikan untuk melakukan ping, tapi saya berharap gunakanlah aplikasi ini dengan bijak, jangan sampai di salah gunakan. Jika tejadi sesuatu yang tidak di inginkan, saya tidak ikut bertanggung jawab, karena itu kesalahan Anda sendiri. Sekali lagi gunakanlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel