Sekilas Tentang Game HD (High Definition)


SS Real  Speed Car
Era sembilan-puluhan sampai duaribuan, mungkin para gamer tidak pernah terbayangkan sebuah game grafik tinggi akan hadir di telephone genggam seperti sekarang ini. Kehadiran smartphone yang semakin banyak dan canggih, di tambah layar HD, membuat para pecinta game merasakan sebuah sensansi yang berbeda. Bukan hanya layar yang berosulusi tinggi, tapi smartphone kini juga di lengkapi dapur pacu yang mumpuni seperti CPU Quad Core, Octa Core, dan di tanamkan pula GPU Mali, Adreno yang membuat setiap gerakan di dalam game menjadi lebih halus. Untuk menjalankan game HD paling tidak smartphone atau tablet harus memiliki resolusi HD (720 x 1280 piksel) atau memiliki ukuran layar 4inci ke atas, jika tidak memiliki layar seperti itu tentunya kurang memuaskan untuk main game HD.

Di bandingkan duduk di depan layar TV atau PC, kini para gamer bisa menikmati game berosulusi tinggi hanya dengan menggunakan sebuah smartphone yang high quality. Meskipun pendahulunya telah hadir konsol game yang canggih seperti PSP, tapi kehadiran smartphone tidak bisa di anggap remeh. Android saja mengeklaim telah berhasil menjual jutaan smartphone yang tersebar ke seluruh penjuru dunia. Di susul os yang lainnya seperti iOS milik Perusahaan ternama Apple dan Windows Phone milik Microsoft. Meskipun tidak semua smartphone bisa memainkan game HD dengan sempurna, tapi permintaan smartphone hight quality terus meningkat. Apalagi sekarang banyak vendor lokal yang berlomba-lomba menawarkan smartphone high quality dengan harga yang terjangkau, tapi tetap tidak mengesampingkan kualitas. Bahkan banyak vendor lokal sengaja mendesain smartphone kusus untuk para pecinta game.

Salah satu keunggulan game HD adalah memiliki grafik yang berosulosi tinggi. Setiap detil gambar di layar akan terlihat jelas. Bukan hanya gambar yang jelas, tapi setiap gerakan akan terasa halus. Yang lebih menarik, kini banyak sekali game HD yang bisa multiplayer melalui jaringan Internet. Game online tidak hanya bisa di mainkan di PC, tapi bisa di mainkan di smartphone. Para gamer bisa bermain dengan gamer lain di penjuru Dunia hanya menggunakan smartphone. Di dukung pula kehadiran jaringan 3G dan 4G membuat game online di smartphone tetap lancar sekalipun itu game HD. Contoh keunggulan game HD adalah saat kita memainan game balapan, semua elemen yang ada di dalam game itu seperti nyata. Jalan, kota-kota dan mobilnya itu sendiri terlihat detil seperti nyata. Bukan hanya game balapan saja, game seperti Football juga tidak kalah menarik. Semua elemen yang ada di dalam game benar-benar mengagumkan.

Meskipun game HD memiliki kelebihan tersendiri, tapi tetap mempunyai kelemahan, seperti memakan RAM yang terlalu besar dan batrai akan terkuras lebih cepat. Bahkan jika smartphone itu tidak di lengkapi dapur pacu yang mumpuni, bisa jadi smartphone itu cepat panas dan yang paling tidak di inginkan adalah smartphone itu bisa bootlop. Dan kelemahan yang lainnya adalah saat kita main game HD multiplayer melalui jaringan internet, kita harus benar-benar berada di jangkuan jaringan yang stabil agar game yang kita jalankan tetap lancar. Tapi sepertinya kelemahan itu tidak menyurutkan banyak kalangan untuk mencoba memainkan game High Definition.

Terlepas dari semua keunggulan dan kekurangan dari game HD, seolah itu semua membuka mata kita, bahwa kemajuan teknologi begitu cepat. Mungkin beberapa tahun yang lalu pecinta game sudah di manjakan kehadiran game 3D lewat Symbian, tapi sekarang para gamer sudah di perlihatkan sesuatu yang lebih mengagumkan seperti game HD lewat smartphone. Para devoloper berlomba-lomba menciptakan sebuah karya game yang keren. Seolah-olah mereka tidak ada habis-habisnya untuk menciptakan sebuah karya yang membuat semua orang terpana. Lihat di Play Store, banyak sekali jenis game HD yang siap di mainkan. Seperti game berjenis Racing, FPS dan masih banyak lagi. Semua game itu ada yang gratis ataupun yang berbayar. Tapi seperti yang telah kita ketahui, bahwa kemajuan teknologi begitu cepat berkembang. Bukan sesuatu ironi jika para pengembang menciptakan sebuah karya game seperti game HD. Mungkin sekarang kita semua di manjakan kehadiran game HD, tapi kita tidak tau apa yang akan terjadi selanjutnya di dunia game yang semakin maju. Yah, mungkin para penikmat game hanya bisa mengagumi kemajuan teknologi yang begitu cepat, tidak bisa memprediksi apa yang akan segera terjadi melalui kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, baiknya saya memberikan sedikit tips-tips untuk Anda yang sedang mencari refrensi Smartphone untuk gaming.

1. Ukuran Layar
Ukuran layar sangatlah penting untuk gaming. Paling tidak smartphone untuk main game harus memiliki resolusi HD (720 x 1280 piksel) atau memiliki ukuran layar 4inci ke atas.

2. RAM (Random Access Memory)
Kapasitas RAM sangatlah penting bagi kinerja smartphon itu sendiri. Semakin besar kapasitas RAM semakin baik pula smartphone itu untuk menjalankan sebuah game HD.

3. Prosessor atau CPU
Ibarat manusia, prossesor adalah otaknya. Tanpa adanya prosessor yang mumpuni, kinerja smartphone kurang maksimal. CPU berfungsi untuk mengolah semua data. Salah satu CPU yang mumpuni adalah Quad Core. Pilihlah smartphone yang minimal sudah memiliki prosessor Quad Core.

4. GPU (Graphics Processing Unit)
Fungsinya untuk memprosses sebuah grafis atau penyempurnaan grafis sebelum menampilkannya ke layar. GPU Mali 400MP, atau Adreno 225 sudah cukup baik untuk smartphone gaming.

5. Kapasitas Batrai
Untuk memainkan game HD di butuhkan daya yang besar, maka dari itu, jika ingin memilih smartphone untuk gaming, usahakan memilih batrai yang berkapasitas besar. Paling tidak minimal 2000mah.

Itulah sedikit tips untuk di jadikan refrensi memilih smartphone yang cocok untuk gaming. Good Luck.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel