Kamis, 25 Mei 2017

Mengenang Symbian


mengenang symbian
(sumber foto: flickr.com)
Siapa yang tak kenal dengan symbian? Salah satu OS yang pernah merajai system operasi untuk ponsel. Dengan berbagai macam fitur yang di miliki Symbian, membuat OS ini menjadi salah satu smart phone yang laris di jamannya. Salah satu generasi awal dari Symbian ini adalah Symbian S60v1 dan di akhiri dengan Symbian Belle.

Symbian pertama di kembangkan pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. (Di kutip dari wikipedia.com)

Symbian adalah salah satu OS yang sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pengguna bisa bebas mengunduh berbagai macam aplikasi maupun game dengan kualiats 3D dari pihak ketiga.

Symbian memang sangat mengesankan pada masa itu. Begitu banyak yang sudah di produksi untuk di pasarkan keseluruh dunia. Dengan  desainnya yang khas dari Nokia, yang gemar membuat ponsel unik, membuat Syimbian menjadi primadona di masa itu. Salah satu Symbian yang terkenal adalah Symbian E series. Symbian E Series ini memiliki banyak fitur unggulan, salah satunya adalah peningkatan konektivitas. Tak hayal jika Symbian E Series ini menjadi salah satu smart phone yang di gandrungi masa itu terutama para pembisnis yang membutuhkan konektivitas.

Bukan Nokia E series saja, tapi symbian juga di sematkan ke salah satu ponsel yang unik lainnya, yaitu Nokia N-Gage. Nokia N-Gage di rilis pada tanggal 7 Oktober 2003. Nokia N-Gage ini sebenarnya di peruntukan untuk para pecinta game. Bentuknya sengaja di desain sedemikian rupa agar nyaman di gunakan untuk bermain game. Tapi Nokia N-Gage ini tidak langsung sukses begitu saja di pasaran. Banyak yang di keluhkan dari konsumen, salah satunya saat melakukan panggilan ataupun menerima panggilan, rasanya agak aneh jika tidak menggunakan headset, karena mikrofon dan earphone untuk nelpon terletak di samping untuk menghindari minyak di wajah menempel di LCD.

Meskipun banyak kritikan, Nokia tidak patah semangat. Dan akhirnya Nokia mengeluarkan Nokia bertajuk Nokia N-Gage QD pada tanggal 14 April 2004. Nokia N-Gage QD ini penyempurnaan dari Nokia N-Gage yang sebelumnya. Desainnya lebih mungil dan nyaman di genggam. Misalnya tombol ok yang dipisahkan, tidak lagi di tengah-tengah tombol arah, tidak lagi sidetalking, fitur mp3 player dan radio dihilangkan untuk meningkatkan performa gaming secara signifikan. Tapi masih saja Nokia N-Gage QD tetap kena kritik. Akhirnya Nokia mengeluarkan lagi N-Gage QD Silver Edition pada Agustus 2005 untuk memperpanjang masa N Gage. Tapi pada akhirnya setelah enam tahun berjalan, perusahaan asal Finlandia ini memutuskan untuk mengakhiri semua platform game untuk N-Gage.

Dengan segala keunggulan yang di miliki ponsel Syimbian, akhirnya Symbian memutuskan untuk menghentikan produksinya. Sebagian sumber menyebutkan, bahwa Symbian sudah tidak memproduksi lagi karena kurangnya dukungan dari berbagai pihak dan sudah tidak bisa bersaing dengan OS lain seperti Android.

Tepat pada tanggal 13 juni 2013, pihak Nokia secara resmi menghentikan distribusi ponsel symbiannya. Sebagai produksi terakhir untuk Symbian, Nokia mengeluarkan Nokia 808 Perview yang menggunakan Symbian Belle. Nokia 808 Perview ini menjadi salah satu smart phone yang canggih yang menggunakan OS Symbian. Dengan kamera 20 MP, membuat Nokia 808 Perview ini menjadi kenangan yang manis bagi penggemar Symbian.

Meskipun Symbian kini sudah menjadi salah satu legenda di dunia teknologi, tapi nyatanya tetap saja masih banyak yang setia menggunakan OS Symbian. Kita bisa lihat di grub-grub sosial media yang masih membahas tentang Symbian, meskipun sekedar bertanya-tanya ataupun  berbagi tips dan trick. Di toko-toko online juga masih banyak yang menawarkan smart phone OS Symbian dengan harga yang relatif. Sepertinya smart phone ini menjadi salah satu yang di buru para kolektor maupun penggemar Symbian. CMIIW.

Di kutip dari berbagai sumber.

0 komentar

Posting Komentar