Cara Mengamankan HP Android


cara mengamankan hp android
(foto: flickr.com by Theken Thomas)




Smart phone Android sepertinya sudah mencakup banyak kalangan. Mulai dari yang muda sampai menjalar ke orang Tua yang tadinya gaptek. Smart phone sudah seperti kebutuhan sehari-hari yang harus ada, meskipun itu hanya untuk sekedar menyimpan data pribadi. Dengan smart phone yang multifungsi ini, kita bisa melakukan berbagai macam hal, seperti memotret, mengirim e-mail dan masih bainyak lainnya.

Tapi di balik semua keunggulan yang di miliki smart phone Android, ada kalanya kita selalu mengkhawatirkan tentang keamanan smart phone itu sendiri jika smart phone itu jatuh ke tangan orang yang tak bertanggung jawab. Apalagi jika smart phone kita di dalamnya menyimpan data-data yang sifatnya rahasia seperti catatan pin kartu kredit dan file penting lainnya.

Ada baiknya sebelum itu terjadi, kita melakukan antisipasi agar data-data yang ada di smart phone kita tetap aman jika harus jatuh ke tangan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini sedikit tips mengamankan smart phone yang saya kutip dari berbagai sumber.

1. Aktifkan screenlock


Kadang kita malas mengaktifkan screenlock ini karena berbagai macam alasan, seperti tidak mau repot memasukan sandi atau pola saat membuka screen. Tapi screenlock ini bisa menjaga tetap aman data-data yang ada di dalam smart phone kita dari orang-orang terdekat ataupun saat smart phone kita hilang. Biasanya jika kita salah memasukan polanya hingga beberapa kali, smart phone itu akan terkunci sepenuhnya, salah satu cara mengatasinya kita harus meresaet ulang. Jadi Anda harus di ingat-ingat sandi atau polanya. Anda bisa menggunakannya screenlock ini dengan cara masuk ke settings-> Lock Setting-> screen lock dan pilih metode mana yang Anda inginkan.

2.Aktifkan Android Device Manager

Android Device Manager merupakan layanan dari Google yang memungkinkan pengguna menemukan lokasi perangkat Android yang hilang menggunakan PC ataupun piranti lainnya. Dengan Android Device Manager ini, Anda bisa menghapus data perangkat yang hilang dari jarak jauh serta menonaktifkannya. Anda juga bisa memberitahukan siapapun yang menemukan perangkat yang hilang supaya menghubungi nomor tertentu. Cara mengaktifkannya, Anda masuk ke settings -> personal-> Google-> Security. Berikutnya Anda akan menemui tulisan remotely locate this device dan Allow remote lock dan erase. Geser tombol ke samping kanan untuk mengaktifkan keduannya. Selanjutnya akses Setting -> Security -> Device Adminstrators dan berilah centang Android  Device Managers.

3. Mengaktifkan two-step verification

Mengaktifkan fitur ini merupakan salah satu langkah antisipasi yang perlu di lakukan demi keamanan beberapa akun penting seperti email ataupun sosial media. Ini penting untung di lakukan terutama jika akun Google Anda berhasil di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Saat peretas itu akan memasukan pasword yang di minta, peretas yang mencoba masuka ke akun Google Anda tetap di minta untuk mengetikkan kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS sebelum masuk ke akun Google Anda. Cara mengaktifkan fitur ini, Anda masuk ke tautan: https://myaccount.google.com/security/signinoptions/two-steps-verification melalui PC dan silakan lanjutkan dwngan mengikuti pentunjuk yang di berikan.

Itulah sedikit tips cara mengamankan smart phone Android  untuk antisiasi kejadian yang tidak di inginkan yang saya kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel