Tren Smart Phone Masa Kini


(Foto: www.flickr.com)
Seperti jaman sekarang ini, smart phone sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok. Setiap waktu tidak bisa lepas dari yang namanya smart phone. Benda elektronis cerdas ini membuat mobilitas kita menjadi lebih tinggi. Dulu mungkin smart phone hanya di miliki oleh golongan orang tertentu, tapi sekarang benda elektronis pintar ini sudah mencakup banyak kalangan. Tak hayal jika sekarang smart phone sudah seperti kebutah sehari-hari. Perkembangan smart phone yang semakin pesat membuat smart phone  semakin canggih dan multifungsi.

Handphone tidak lagi hanya untuk menerima Panggilan atau SMS saja, tapi juga bisa menerima E-mail. Bukan hanya itu, sekarang Ponsel juga di lengkapi fitur-fitur yang lebih canggih dari sebelumnya. Apalagi Ponsel masa kini sudah menggunakan OS yang lebih terbaru dari sebelumnya, yaitu Android. Jika dulu Symbian rajanya OS Ponsel, sepertinya masa kini sudah di gantikan oleh OS Android. Apalagi sekarang Symbian sudah menghentikan produksinya karena sudah tidak sanggup bersaing lagi di pasaran.

Dulu Ponsel hanya di tanamkan sebuah kamera berkualitas VGA, tapi sekarang Ponsel sudah di tanamkan kamera berkualitas MP (Mega Piksel) membuat kamera ini menjadi lebih jernih saat mengambil gambar atau merekam video. Bukan hanya kamera saja yang canggih, Ponsel masa kini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE (Long Term Evolution).  Dengan kehadiran 4G, kita jadi lebih cepat saat mengakses ke Internet di bandingkan pendahulunya 2,5G GPRS (General Packet Radio Service) dan 3G.

Tren smart phone sebenarnya sudah di mulai beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu dunia masih terpesona dengan Black  Berry dan Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian, dan masih banyak merek ternama lainnya seperti Sony Ericsson, Motorola dan yang lainnya. Perlahan tapi pasti, ketika Google secara resmi mengakuisisi Android di tahun 2005, membuat Symbian yang notabennya sebagai raja OS Ponsel itu seolah menurun perfomanya di pasaran. Tapi Nokia sebagai kontributor utama sistem oprasi Syimbian tidak tinggal diam. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen. Nokiapun mengeluarkan ponsel bertajuk Symbian Belle. Dengan Symbian Belle, banyak fitur-fitur yang di perbarui. Tapi semua itu sepertinya sia-sia, Symbian sudah tidak lagi sanggup bersaing dengan OS Android.

Tepat pada tanggal 13 juni 2013, pihak nokia secara resmi menghentikan distribusi ponsel symbiannya, dan ini berarti symbian Belle adalah versi terakhir dari sistem operasi yang pernah merajai dunia ponsel ini. Nokia pun mengeluarkan Ponsel Symbian terakhir melalui Nokia 808 perview. Nokia 808 perview bisa dikatakan Nokia paling canggih yang menggunakan OS Symbian. Salah satu keunggulan Nokia 808 perview ini memiliki fitur kamera 20 MP wit Led Flash. Suatau kenangan yang mengagumkan bagi para pecinta OS Symbian.

OS Android sebagai tren smart phone masa kini sepertinya sudah tidak bisa di bantahkan. Pada awal 2011 banyak vendor-vendor lokal bermunculan yang mengusung sistem operasi Android. Dengan harga yang relatif murah tapi tetap tidak mengesampingkan kualitas membuat smart phone ini bisa mencakup hampir seluruh kalangan. Dengan berjalannya waktu, smart phone seolah-olah sudah tidak bisa di pisahkan.

Banyak hal yang bisa di lakukan dengan benda pintar ini. Smart Phone masa kini sudah di lengkapi berbagai fitur. Kita bisa bisa menggunakannya untuk mengambil gambar ataupun merekam dengan kualitas HD, bersosialmedia, menonton video dengan kualitas baik, main game HD dan melakukan sesuatu dengan instan, seperti belanja online. Yang lebih baru di tren smart phone masa kini adalah VR (Virtual Reality). Sebenarnya VR sudah mulai mencuat ke publik beberapa tahun yang lalu, tapi sepertinya VR  belum bisa di nikmati seluruh lapisan pengguna smart phone, karena VR hanya bisa di lakukan di smart phone tertentu yang tentunya harganya lebih mahal.
Tapi terlepas dari apa yang ada di tren smart phone, tak sedikit smart phone itu di jadikan life style.

Lalu bagaimana kita memilih tren smart phone agar tetap bisa eksis meskipun tidak harus gonta-ganti smart phone dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu tinggi.

Berikut ini sedikit tips-tips memilih smart phone agar tidak cepat ketinggalan zaman yang saya kutip dari berbagai sumber.

1. Sistem OS

Kemajuan teknologi sangatlah cepat. Maka dari itu, jika Anda ingin memilih smart phone, pertimbangkanlah sistem operasinya. Saat ini di dunia ponsel smart phone masih di dominasi menggunakan OS Android. Android bisa di bilang masih merajai sistem operasi untuk ponsel. Sejauh ini Android sudah sampai ke seri yang lebih baru yaitu Android Oreo.

2. Kamera

Kamera juga sangat penting bagi Anda yang suka mengabadikan momen. Sekarang banyak juga smart phone yang mengutamakan kualitas kamera. Pilihlah kamera yang berkualitas tinggi meskipun. Dengan kamera yang berkualitas tinggi, smart phone Anda tidak akan mudah ketinggalan jaman.

3. Penyimpanan

Buat Anda yang suka hobi merekam momen penting, pertimbangkan juga kapasitas penyimpanan, tapi biasanya smart phone masa kini sudah bisa menggunakan memori eksternal sampai 32GB. Selain penyimpanan, pertimbangkan juga RAM (Random Acces Memori). Dengan kapasitas RAM yang mumpuni membuat smart phone Anda menjadi lebih baik performanya, apalagi bagi Anda yang suka instal aplikasi ataupun game.

5. Kapsitas Batrai

Buat Anda yang hobi main game, pertimbangkan kapasitas baterai. Dengan kapasitas baterai yang baik, Anda tidak akan repot-repot pergi bawa powerbank.

6. Desain

Jangan anggap remeh soal desain. Dengan  desain yang apik akan membuat smart phone Anda terlihat mempesona. Pilihlah smart phone yang berdesain menarik agar tetap eksis untuk di jadikan gaya hidup.

Itulah sedikit referensi bagi Anda yang sedang mencari smart phone yang saya kutip dari berbagai sumber. Tapi akan lebih baik jika memilih smart phone sesuai dengan kebutuhan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel