sejarah perkembangan jaringan seluler


Pernahkan kita terpikirkan bagaimana jaringan seluler bisa seperti sekarang ini? Dengan berbagai fitur dan kelebihan, jaringan seluler memiliki perjalanan yang sangat panjang. Kita patut bersyukur dan berterimakasih kepada mereka yang telah mengabdikan hidupnya untuk sebuah kemajuan teknologi dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk peradaban umat Manusia.

Di setiap generasi ke generasi, jaringan seluler memiliki kelebihan tesendiri. Hingga sampai saat ini jaringan seluler sudah sampai ke 4,5G, dan kabarnya jaringan seluler akan ada generasi yang ke lima atau 5G.

Untuk lebih jelasnya berikut ini sejarah perkembangan jaringan seluler dari masa ke masa yang saya kutip dari berbagai sumber.

Jaringan seluler 1G pertama kali di temukan di Amerika serikat pada tahun 1980.  Saat itu AMPS di Amerika Serikat bekerja sama dengan TACS dan NMT di Eropa untuk membuat sesuatu terobosan di teknologi jaringan seluler. Teknoligi 1G ini hanya bisa mengirim suara dan pesan singkat saja. Artinya ponsel yang menggunakan jaringan 1G ini masih sangat sederhana sekali.

Setelah era 1G sudah berlalu, pada awal tahun 90'an muncul jaringan baru, yaitu jaringan seluler digital atau jaringan seluler 2G. Jaringan seluler digital ini memiliki kelebihan tersendiri. Seperti kualitas suara lebih jernih, memiliki keamanan, dan tentunya lebih maju di bandingkan generasi pertamanya. contoh handphone jaringan 2G ini adalah Nokia 3310.

Kemudian pada tahun 1997, tercipta terobosan atau inovasi baru dari teknologi 2G, yaitu 2,5G atau lebih di kenal dengan istilah GPRS (General packet Radio Service). GPRS ini kemudian menggantikan CSD. Jika CSD di kenakan biaya per menit, GPRS di kenakan biaya perkilobyte. Jaringan GPRS ini menjadi cikal bakal kemunculan jaringan 4G seperti sekarang ini. Biasanya handphone yang sudah mengadopsi jaringan GPRS di dalamnya sudah ada fasilitas yang di gunakan untuk browser ke internet, meskipun handphone itu masih sederhana. Seperti Motorola L6, SE K300i, dan masih banyak yang lainnya.

Setelah kemunculan 2,5G, jaringan seluler muncul inovasi baru, yakni jaringan seluler 3G. Teknologi seluler 3G di bagi menjadi dua, yaitu GSM dan CDMA. Teknologi 3G ini sering di sebut dengan istilah mobile broadband. Salah satu keunggulan jaringan 3G ini adalah memiliki akses yang cepat ke internet dengan bandwidth mencapai 384 kbps. Dengan keunggulan kecepatan akses ini, menjadikan pengguna bisa menonton video langsung dari internet atau yang sering di sebut dengan istilah streaming. Selain fasilitas streaming, dengan jaringan 3G ini pengguna bisa mengirim email ataupun menerima email, mengakses kes situs internet dengan cepat, video calls dan lainnya.

High Speed Downlink Packet Acces atau sering di singkat dengan HSDPA merupakan generasi selanjutnya dari jaringan 3G. Generasi ini di sebut juga dengan 3,5G karena teknologi ini masih berjalan dengan platform 3G tapi tentunya HSDPA lebih cepat. Contoh handphone yang menggunakan jaringan HSDPA adalah Nokia 208, Sony Ericsson J105 Naite dan jaringan ini banyak juga digunakan untuk handphone masa kini atau yang sering di sebut Smart Phone.

Jika jaringan 3G memiliki kecepatan 384 kbps (kilobite per detik), generasi ke empat atau 4G ini lebih mangagumkam, 4G memiliki akses transfer data minimal mbps (megabit per detik). Jaringan 4G adalah generasi keempat nirkabel sebagai solusi jaringan komunikasi yang lebih luas dan aman dengan kecepatan data yang lebih cepat dari generasi 3,5G. Ada dua standar untuk jaringan 4G yaitu Wimax dan LTE (Long Term Evolution) tapi 4G LTE lebih populer ketimbang Wimax. Contoh Smart Phone yang menggunakan jaringan 4GLTE adalah Samsung J3, Moto E3 Power, dam masih banyak yang lainnya.

Tidak sampai di situ, jaringan 4G memberikan kapasitas tambahan dengan memunculkan 4,5G. Meskipun 4,5G bukan lompatan teknologi baru, tapi 4,5G ini memiliki keunggalan tersendiri. Seperti kecepatan akses data meningkat, menikmati streaming video kualitas HD (High Definition), dan yang lainnya. Teknologi 4,5G juga memberi layanan naru, seperti NarrowBand IOT dan LTE-intergrated Trunked Radio System.

Selain 4G, kabarnya jaringan teknolgi akan ada yang lebih mengagumkan lagi, yaitu 5G. Meskipun 5G masih wacana, di perdiksi jaringan 5G memiliki kecapatan 100 kali lipat dari generasi yang sebelumnya. Generasi kelima ini masih dalam pengembangan dan rencana baru akan di komersialkan pada tahun 2020.

Semoga informasi ini bermanfaat. CMIIW.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel