Domain Yang Pernah Terjual Mahal Di Dunia

Sebelum ke pokok pembahasan utama, akan lebih baik jika di jelaskan sedikit apa itu domain name. Menurut Wikipedia.org, domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau e-mail server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga di pakai untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang di kenal sebagai alamat IP. Contoh nama domain: facebook.com, google.com, bukalapak.com dan fiturmedia.com xixixi

domain name
Picture via pixaby.com

Gimana? Mudeng atau malah mubeng?

Ya sudah, langsung saja ke intinya. Berikut ini daftar nama domain yang pernah terjual mahal di dunia menurut beritateknologi.com yang melansir dari Business Insider, Jumat (29/4/2016)

1. MI.com

MI.com awalnya di buat pada tahun 1998, tapi pada tahun 2014 lalu, tepatnya April, domain ini di beli oleh produsen smart phone yang sedang naik daun asal Tiongkok, apalagi kalau bukan Xiaomi. Xiaomi membeli dengan harga 3.600.000 USD atau senilai 47, 6 miliar rupiah.

2. IG.com

IG.com dulunya situs pencarian mirip Google. Domain ini di beli oleh perusahaan asal Britania Raya IG Group. Jumlah nominal yang di gelontorkan perusahaan tersebut dalam membeli domain IG.com ini adalah 4.700.00 USD atau setara dengan 62, 1 miliar rupiah.

3. Mediacare.com

Sudah bisa di tebak dari nama domain ini, bahwa mediacare.com berfokus pada dunia kesehatan. Dan mediacare ini laku senilai 4.800.000 USD atau berkisar 63, 5 miliar rupiah pada Mei 2014 lalu.

4. Clothes.com

Domain clothes.com telah di beli oleh salah satu e-comerce dunia fashion, yaitu Zapos. Clothes di beli pada tahun 2008 lalu dengan nilai 4.900.000 USD atau setara dengan 64, 8 miliar rupiah. Meskipun kedua domain ini sekarang berada di bawah naungan Amazon, domain clothes masih aktif dan bakal mengarahkan langsung ke situs Zapos.

5. Z.com

Perusahaan penyedia jasa internet di Jepang, GMO, kabarnya membeli domain Z.com dari perusahaan otomotif ternama, Nissan Motors pada November 2014 lalu. GMO mengglontorkan dana senilai 800 juta yen atau berkisar 98, 5 miliar rupiah. Yang menarik, Z.com ini merupakan salah satu domain satu huruf terkenal di jagat .com.

6. Diamond.com
Domain name diamond.com ini merupakan situs yang berisikan tentang perhiasan permata. Toko online mewah odimo.com menjual domain diamond ke toko perhiasan ritel, Ice.com. Transaksi yang di lakukan sekitar sepuluh tahun yang lalu secara pribadi, dan berhasil menjual domain diamond.com dengan nominal 7.500.000 USD atau senilai 99, 1 miliar rupiah.

7. WE.com

Alf Temme dulunya adalah pemilik dari domain we.com, yang di daftarkan sejak tahun 1992. Akhirnya domain we.com ini di beli oleh perusahaan bank ternama asal tiongkok, Wealth Evolution, sekitar sembilan tahun kemudian. Perusahaan ini mengglontorkan dana untuk membeli we.com dengan nominal 8000.0000 USD atau sekitar 105, 7miliar rupiah.

8. Fund.com

Dengan nilai yang fantastis, Clek Media membeli domain Fund dengan harga 9.999.950 USD atau sekitar 132, 1 miliar rupiah. Sayangnya, satu tahun setelah pembelian itu, atau tepatnya pada tahun 2009, situs dari domain Fund.com ini mengalami banyak masalah.

9. Toys.com

Domain Toys adalah nama domain tentang mainan anak-anak. Pada mulanya di jual dengan harga 1, 25 juta USD karena karena perusahaan mengalami kebangkrutan.

Lalu beberapa hari kemudian, nama domain Fund masuk dalam bursa lelang, dan akhirnya di beli oleh salah satu situs mainan ternama di Amerika Serikat Toys R Us. Akhirnya pada tahun 2009 domain ini laku terjual dengan harga 5000.000 USD atau jika di rupiahkan sekitar 67, 4 miliar rupiah.

10. Sex .com
Domain ini pernah memecahkan Guines Book of World Records sebagai penjualan domain termahal sepanjang sejarah. Escom LLC, selaku pemilik pertama domain ini mengalami masalah keuangan, pada akhirnya menjuah domain ini ke Clover Holdings Ltd di tahun 2010 lalu.

Perusahaan tersebut mengglontorkan dana dengan jumlah yang fantastis, yakni 13000.000 USD atau sekitar 171, 7 miliar rupiah.

Itulah beberapa nama domain yang pernah terjual mahal di Dunia.

Sumber refrensi:

https://Wikipedia.org

https://www.beritateknologi.com/Inilah-beberapa-nama-domain-termahal-di-dunia/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel