Inilah 4 Smartphone Asli Buatan Indonesia

Seorang sedang mempromosikan produk Advan via flickr.com/Didit Putra
Anda pastinya sudah familiar dengan beberapa smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Motorola dan sebagainya. Kebanyakan smartphone keren seprti di atas bukanlah buatan dari Indonesia, melainkan produk impor. Kesannya, Indonesia hanyalah sebagai penikmat saja atau sebagai target pasar global.

Rekomendasi Untuk Anda: 7 Ponsel Ini Sekarang Menjadi Barang Antik Yang Bernilai Tinggi

Meskipun demikian, ternyata Indonesia juga mampu memproduksi smart phone sendiri lho, dan produknya juga tidak kalah keren dari produk impor. Merek smartphone asli Indonesia ini sebenarnya juga cukup populer. Daripada penasaran, berikut ini ulasannya:

1. Evercoss

Evercoss adalah salah satu merek smartphone yang cukup populer di Indonesia. Evercoss juga sudah banyak merilis smartphone keren yang tak kalah dari smartphone impor. Smartphone yang di rilis Evercoss kebanyakan dibandrol dengan harga yang cukup relatif murah, untuk menyasar kalangan menengah kebawah.

Perusahaan ini didirikan di Jakarta pada tahun 2008. Awalnya bernama Cross Mobile, dengan berjalannya waktu perusahaan ini berganti nama menjadi Evercoss.

2. Polytron

Sudah kita ketahui bersama, Polytron adalah salah satu pembuat barang elektronik ternama di Indonesia. Polytron sendiri didirikan pada 18 Mei 1975 di Kudus. Diantara banyaknya barang elektronika itu, Polytron juga menawarkan sebuah smartphone yang tak kalah keren dari smartphone impor.

Salah satu keunggulan samrtphone buatan Polytorn ialah harganya yang cukup tejangkau tapi tetaap memperdulikan spesifikasinya. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir smartphonenya akan kalah dari smartphone impor. Salah satu smartphone yang ditawarkan oleh Polytron yakni tipe P520 yang menyasar kalangan menengah kebawah.

3. Advan

Advan tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Perusahaan yang di bangun sejak 2007 di Jakarta ini, telah memproduksi banyak barang elektronika seperti smartphone, ponsel 2G dan juga Tablet.

Kelebihan smartphone yang ditawarkan oleh Advan masih sama dengan Evercoss dan Polytron, yakni harganya yang relatif terjangkau tapi tetap memperdulikan sisi spesifikasinya. Beberapa smartphone keluaran Advan yaitu Advan G1 dan Advan i5.

4. Mito Mobile

Mito bisa dibilang sebagai pabrik ponsel pertama dan tertua di Indonesia. Perusahaan ini mengawali karirnya pada tahun 2006. Produk-produk yang di jual kepasaran harganya cukup relatif murah karena menyasar kalangan menengah kebawah.

Smartphone yang populer buatan Advan yaitu Mito Fantasy Note A30 yang dibandrol dengan harga sekitar 1,5 jutaan. Menariknya, Mito Mobile pernah meraih Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia lho.

Nah, itulah smartphone yang cukup populer ternyata asli buatan Indonesia. Gak kalah keren, 'kan? Mulai sekarang, ayo cintai produk-produk buatan Indonesia.

2 Responses to "Inilah 4 Smartphone Asli Buatan Indonesia"

  1. Buatan indonesia ini dari segi material atau dari segi tenaga kerja? setau saya suatu benda dapat dikatakan buatan negara tertentu apabila nilai TKDN lebih dari 60% *CMIIW*

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel