Macam-macam Sistem Operasi Pada Komputer


Linux via flickr.com
Sistem operasi adalah salah satu bagian terpenting pada komputer. Tanpa adanya sistem operasi, secara teknis, komputer tidak akan pernah bisa berfungsi semestinya. Tugas sistem operasi pada komputer sendiri ialah untuk menghubungkan atau mengaktifkan seluruh komponen perangkat keras yang ada pada komputer itu sendiri sehingga dapat terhubung untuk bekerja sama dan melakukan tugasnya masing-masing. Atau dalam artian lain, sistem operasi pada komputer untuk mengontrol seluruh perangkat keras yang ada di dalam komputer.

Rekomendasi:

Macam Macam Papan Tombol-Keyboard

Istilah Istilah Dalam Komputer 

Salah satu sistem operasi yang cukup populer ialah Windows. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Windows, ya, Windows adalah salah satu sistem operasi Komputer yang cukup populer di Dunia. Tapi taukah Anda, sebenarnya sistem operasi komputer bukanlah Windows saja. Setidaknya ada 4 sistem operasi yang digunakan pada komputer, meskipun sistem operasi itu tidak sepopuler Windows, tapi sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekuranagnnya sendiri.

Daripada penasaran, kali ini fiturmedia akan membahas 4 macam sistem operasi komputer untuk menambah pengetahuan Anda. Berikut ini ulasannya:

Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah seistem operasi komputer berbasis grafik yang dibuat dan di kembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Microsoft Windows atau yang dikenal dengan Windows di luncurkan pertama kali sekitar tahun 1985, sampai saat ini, Microsoft Windows sudah mengembangkan dengan berbagai macam versi. Diantaranya:

Windows 1.0
Windows 2.x
Windows 3.0
Windows 3.1
Windows NT
Windows 95
Windows NT 4.0
Windows 98
Windows 8
Windows Millenium Edition (Me)
Windows XP
Windows Vista
Windows 7
Windows 8
Windows 10

LINUX

Awalnya,  Linux hanya dibuat dan digunakan oleh peminatnya saja. Saat ini, Linux telah menjadi sistem operasi yang mudah digunakan (User-Friendly), karena memiliki tampilan grafik yang mirip dengan sistem operasi lain.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi berbasis Windows, mungkin Linux akan terlihat lebih sulit. Tapi, Linuk memiliki kelebihan tersendiri, misalnya harganya yang lebih terjangkau dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

DOS

DOS (Disk Operating System), merupakan sistem operasi yang menggunakanyn tampilan berbasis teks. Sistem operasi ini hanya bisa menjalankan satu program pada satu waktu saja dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu.

Macintosh (MacOS)

Macintosh adalah salah satu jenis komputer yang di kembangkan oleh Apple, memiliki sistem operasi sendiri yakni, MacOS. Macintosh atau yang sering dengan Mac ini adalah komputer pertama yang mempopulerkan tampilan grafik.

Macintosh pertama kali diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada saat itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Sejarah MacOS

Pada awalnya MacOS dinamakan OS X oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan akhirnya populer di kalangan pengguna.

Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti MacOS 8 dan MacOS 9.

Itulah 4 sistem operasi pada komputer. Meskipun beberapa sistem operasinya tidak sepopuler Windows, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sumber:

Tim Edukom, mari mengenal komputer, cv.sinar cemerlang abadi dan sumber lain.

0 Response to "Macam-macam Sistem Operasi Pada Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel