Mengenal Lebih Dekat Dengan Kawasan Silicon Valley

Silicon Valley
Silicon Valley from above via flickr.com/Pattrick Nouhailler
Bayangkan saja jika suatu kawasan tertentu dihuni oleh perusahaan teknologi terkemuka. Itu bukan dongeng belaka, kawasan itu memang ada, namanya 'Silicon Valley'. Perusahaan teknologi terkemuka ada disana, seperti Google, Facebook, hingga Apple.

Nama Silicon Valley pertama kali dicetuskan oleh seorang yang bernama Ralph Vaerst. Ia adalah seorang pengusaha sukses di California. Sedangkan yang pertamakali mempublikasikan di media massa adalah Don Hoefler, yang tidak lain adalah teman Ralph Vaerst. Artikel ini berbentuk seri dengan judul 'Silicon Valley In The USA' yang pertama kali diterbitkan pada 11 Januari 1971. Tapi nama Silicon Valley baru terkenal pada era delapan puluhan.

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa Silicon Valley bukan negri antah berantah. Silicon Valley sebutan bagi daerah selatannya San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat. Ada yang menyebutkan bahwa Silicon Valley adalah ibukotanya teknologi dunia, dikarenakan kawasan itu bernaungnya para raksasa teknologi dunia. Mulai dari startup maupun yang sudah lama berdiri. Silicon Valley mencakup berbagai macam area, diantaranya Mountain View, Palo Alto, Menlo Park dan Sunyvale.

Mungkin kita bertanya-tanya, kenapa kawasan itu diberi nama Silicon Valley?

Silikon adalah bahan yang digunakan untuk membuat produk semikonduktor komersial. Karena kawasan tersebut ada banyak perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor dan komputer maka terjadilah nama Silicon Valley.

Kawasan Silicon Valley Tempat Berkumpulnya Perusahaan IT

silicon valley
Perusahaan besar berada diSilicon Valley via wikimedia
Dikawasan ini kita akan menemukan banyak kantor-kantor perusahaan terkemuka, seperti Google, Facebook, dan Apple. Selain dihuni oleh perusahaan yang sudah tenar, kawasan Silicon Valley juga banyak perusahaan rintisan/Startup. Bisa dibilang, kawasan ini benar-benar surganya  bagi orang yang memiliki hasrat untuk mendirikan startup. Sudah banyak orang dari berbagai negara telah mewujudkan mimpinya di Silicon Valley.

"Energi yang akan Anda rasakan ketika datang ke Silicon Valley, sungguh luar biasa. Berapapun usiamu , entah 16 tahun, 35 tahun 70 tahun sekalipun, kalau kamu bisa melakukannya, orang akan mendengarkan idemu". Kata Charli Taibi, program director Draper University.

Maka dari itu, jika Anda punya semnagat mendirikan starup, Anda bisa pergi ke Silicon Valley, siapa tau mimpi Anda bisa  terwujud. (Penulis juga mau kesana heheh)

Banyak Perusahaan Yang Memulainya Di Garasi Rumah

Mungkin Anda tidak akan percaya, perusahaan sekelas Apple memulai usahanya di gararasi. Waktu itu Steve Jobs di garasi rumah masa kecilnya bersama dengan rekannya, Steve Wozniak (CO-Founder Apple), berhasil menyelesaikan 50 komputer pertama mereka. Bukan hanya Aplle saja, HP juga merintis usahanya di garaasi, setelah mulai berkembang, barulah mereka membangun perkantorannya. Selain Apple dan HP, masih ada yang lain loh, perusahaan besar yang mengawalinya di garasi rumah. Jika Anda penasaran, Anda bisa membaca postingan di bawah ini.

Baca: 4 Perusahaan Teknologi Yang Mengawali Kantornya Di Garasi Rumah

Banyak Negara Ingin Menciptakan Silicon Valley-nya Masing-masing

Selain Amerika Serikat, ternyata negara-negara di dunia juga ingin mendirikan pusat industri teknologi mirip Silicon Valley. Misalkan saja, Banglore yang disebut-sebut sebagai Silicon Valley-nya India. Sedangkan Tiongkok juga punya tech yang terletak di Kota Shenzen.

"Lalu bagaimana dengan Indonesia?"

Ternyata Indonesia juag punya loh, yaitu Bandung dan Yogyakarta. Dua nama kota itu disebut-sebut yang pantas menjadi Silicon Valleynya Indonesia, dikarenakan, kedua kota itu memiliki potensi yang luar biasa. Kedua kota tersebut salah salah satu kota yang kreatif dan banyak startupnya. Semoga bisa menjadi kenyataan untuk memajukan industri IT di Indonesia.

Sumber Refrensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Silicon_Valley
https://www.hipwee.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel