Tokoh-tokoh Yang Berpengaruh Dalam Kemajuan Teknologi Komputer

Komputer adalah sebuah perangkat yang terdiri dari berbagai macam komponen didalamnya. Dengan kehaidran komputer, pekerjaan manusia bisa lebih mudah dijalankan. Menghitung, mengetik, mengolah database, presentasi dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan komputer.

Dari waktu-kewaktu, teknologi komputer semakin berkembang dengan pesat. Dari mulanya berukuran besar, sekarang ukuran komputer semakin fleksibel. Salah satu kecanggihan dari perkembangan komputer ialah komputer jinjing atau seiring disebut dengan notebook (laptop). Dengan kehadiran notebook, pengguna bisa melakukan pekerjaanya kapanpun dan dimanapun.

Di balik kemajuan teknologi komputer hingga seperti sekarang, pastinya tidak terlepas dari orang-orang ber-otak brilian. Mereka telah mengabdi sepanjang hidupnya demi kemajuan teknologi untuk kepentingan umat manusia.

Seperti judul postingan kali ini, fiturmedia akan membahas  para tokoh-tokoh  yang berpengaruh dalam kemajuan teknologi komputer.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini ulasannya untuk Anda:

Bill Gates

bill gates
Bill Gates via wikimedia
Sosok Bill Gates pastinya sudah tidak asing bagi kita semua. Ia adalah salah satu orang yang mendirikan sebuah perusahaan ternama, yakni 'Microsoft'.  Microsoft adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perangkat lunak untuk komputer dan beberapa perangkat lainnya.

Bill Gates lahir di Seattle , Washington, 28 Oktober 1955. Dirinya termasuk salah satu seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkemuka di dunia. Gates lahir di Seattle, Washington, dari pasangan William H. Gates, Sr. dan Mary Maxwell Gates. Bill Gates memiliki darah campuran, Inggris, Jerman, Skotlandia l, dan Irlandia. Keluarganya bisa dibilang sebagai golongan menengah keatas. Ayahnya adalah seorang pengacara ternama sedangkan Ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur First Interstate BancySystem dan United Way.

Bakat Gates dalam bidang komputer sudah ada sejak Ia masih berusia belia. Pada saat usia 13 tahun, Bill Gates sudah mengenal komputer. Saat itu, Mothers Club di sekolahnya , Lakside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer Herbal Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer itu, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya.

Bill Gates cukup tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak deng semangat dan menulis program Basic. Dari sana, Gates mempelajari sistem lain termasuk sistem mini komputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC).

Dengan berjalannya waktu, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan kawan-kawan menjadi salah satu perusahaan ternama di dunia dan Bill Gates menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh untuk kemajuan dalam bidang teknologi komputer.

Charles Babbage

Charles Bbbage via wikimedia
Meskipun tak setenar Bill Gates, Charles Babbage adalah salah satu orang yang paling berpengaruh untuk kemajuan teknologi komputer. Bisa dibilang, Ia adalah orang yang mengemukakan gagasan tentang komputer yang bisa diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya namun tidak selesai. Mesin itu sekarang bisa dilihat di Museum Sains London.

Tepatnya pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Charles Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, dan membuktikan gagasan dari sosok Charles Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.

Charles Babbage adalah seorang ahli matematika yang lahir di Inggris. Ada beberapa pendapat tentang kelahiran Charles Babbage. Obituari yang dimuat dalam harian The Times menyebutkan kelahirannya pada tanggal 26 Desember 1792. Namun beberapa hari kemudian seorang keponakan Charles Babbage menulis bahwa Charles Babang sebenarnya lahir setahun sebelumnya, pada 1791.

Perancangan Mesin Komputer Oleh Charles Babbage

Pada masa itu, kesalahan sering terjadi saat menghitung menggunakan tabel matematika. Charles Babbage akhirnya mengembangkan sebuah mesin menghitung secara mekanik, sehingga bisa mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia.

Pada saat itu, Charles Babbage mendapatkan inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickkard, Blaise Pascal, dan Holyfield Leibnz. Gagasan awal tentang mesin Charles Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("Catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronmis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.

Alan Turing

Alan Turing via wikimedia
Alan Mathison Turing atau lebih dikenal dengan nama Alan Turing dilahirkan pada tanggal 23 Juni 1912 di London. Beliau adalah seorang peneliti matematika dan komputer moderen digital. Selain itu, dia adalah orang yang pertama kali berpikir menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Ia juga mengatakan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai macam program. Ia juga memberikan ide tentang mesin Turing yang dapat menjalankan sekumpulan perintah.

Howard Hathaway Aiken

Howard Hathaway Aiken lahir pada tanggal  9 Maret 1900 di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat. Ia adalah penemu komputer digital pertama kali. Tapi, komputer itu ukurannya sangat jauh berbeda dengan komputer sekarang. Komputer digital pertama mempunyai ukuran tinggi 2,4 meter, panjang 15, 3 meter, dan berat 35 ton.

Tim Berners Lee

Tim Berners Lee via wikimedia
Tim Berners Lee lahir di London, Inggris, pada tanggal 8 Juni 1955. Ia adalah penemu WWW (World Wide Web). WWW sendiri adalah salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan di internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengakses beragqm, seperti file video, file suara, gambar, teks dan multimedia.

Hebatnya, sampai saat ini, Tim Bernegara Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer dengan cara tidak mematenkan penemuannya itu, sehingga bisa digunakan oleh siapapun secara bebas.

John W. Mauchly

Dilahirkan pada tanggal 30 Agustus 1907. Ia bersama temannya John Presper Eckert merancang komputer serbaguna pertama yang disebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).

Blaise Pascal

Blaise Pascal dilahirkan pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Perancis. Pada awalnya minat riset Blaise Pascal lebih banyak pada bidang ilmu pengetahuan terapan, dimana pada tahun 1642 dia telah berhasil menciptakan mesin penghitung pertama kali yang dikenal dengan Pascaline.

Itulah para tokoh-tokoh hebat yang telah mengabdikan pengetahuannya untuk kemajuan teknologi komputer.

Sumber refrensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

https://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage

Tim Edukom, mari mengenal komputer, cv.sinar cemerlang abadi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel