Smartphone Samsung Masih Mendominasi Pasar Global





Smartphone Samsung
Salah satu smartphone besutan Samsung.
Untuk saat ini, Xiaomi bisa dikatakan sebagai salah satu vendor smartphone yang masih naik daun di penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Xiaomi selalu mengeluarkan produk-produk baru dengan harga yang relatif.
Beberapa waktu yang lalu, Xiaomi menggebrak pasar dengan mengeluarkan produk inovatif yang menyasar kalangan gamer. Produk itu yang tidak lain adalah Xiaomi Black Sharks. Untuk mengetahui spesifikasi lengkap Xiaomi Black Sharks, Anda bisa baca postingan ini.

Dengan demikian, mungkin Anda akan berkesimpulan bahwa Xiaomi adalah mendominasi pasar global, jika Ia, itu salah besar. Faktanya pasar smartphone global masih dikuasai oleh vendor raksasa dunia asal Korea Selatan, yakni Samsung.

Lembaga riset pasar Gartner merilis laporan pasaran smartphone dunia untuk kuartal pertama tahun 2018. Yakni Samsung masih mendominasi pasar global seperti tahun-tahun sebelumnya. Samsung masih bertengger diurutan pertama.

Namun pangsa pasar tahun ini lebih kecil dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yakni hanya sebesar 20, 5 persen sedangkan tahun lalu Samsung mengukuhkan pangsa pasar sebesar 20, 8 persen.

Sebaliknya, Xiaomi yang bisa dibilang lebih muda dibandingkan Samsung, mengalami pertumbuhan penjualan 124 persen secara year-over-year sehingga pangsa pasar globalnya pada kuartal pertama 2018 mencapai 7,4 persen.

Seperti yang kami rangkum dari KompasTekno via GadgetsNow, Sabtu (02/6/2018) Gartner mengatakan bahwa rahasia di balik melesatnya ponsel Xiaomi di pasaran dunia adalah meluncurnya aneka model baru dengan harga bersaing.

"Strategi ini membuat Xiaomi bisa meraih pertumbuhan hingga 330 persen di pasar wilayah Asia dan Pasifik yang tengah berkembang," ujar Research Director Gartner Anshul Gupta.

Xiaomi menduduki urutan keempat dalam daftar lima besar pabrikan smartphone dunia. Diurutan kedua ada Apple dengan market share 14,1 persen, disusul oleh Huawei dengan pangsa pasar 10,5 persen. Dan ditutup oleh Oppo yang menempati urutan kelima dengan pangsa pasar 7, 3 persen berselisih tipis 01 persen dari Xiaomi. Bisa ditarik kesimpulan, bahwa tiga dari lima pabrikan smartphone teratas saat ini merupakan perusahaan asal Tiongkok.

Menurut Gartner, pabrikan-pabrikan asal Tiongkok tersebut perlahan menguasai pangsa pasar Samsung. Berbeda dengan Samsung, justru Apple masih mencatat kenaikan penjualan sebesar empat persen pada kuartal-I 2018.

Menurut catatan Gartner, jumlah penjualan smartphone secara global pada tiga bulan pertama 2018 ini hampir menembus angka 384 juta unit.

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2018/06/02/08470067/samsung-masih-rajai-pasaran-smartphone-dunia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel